Wajib Baca! Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Layak Berkarir di Industri Film - IDS | International Design School

Wajib Baca! Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Layak Berkarir di Industri Film

Kadang kala orang tua masih suka menganggap remeh tentang dunia seni, bahkan tak jarang mereka suka kurang ikhlas apabila anaknya terjun ke industri seni khususnya perfilman. Hal ini tentunya didasari stereotip jika bekerja di industri perfilman tidak dapat membuat kamu memiliki penghasilan yang cukup dan jenjang karir yang menjanjikan.

 

pexels-photo-275977

Hal inilah yang sering melemahkan kreativitas anak yang ingin menekuni passion mereka di bidang perfilman. Padahal nggak selalu loh stereotip ini benar adanya. Justru sederet alasan inilah yang bisa jadi alasan kuat bagi kamu untuk tetap menjemput mimpi bekerja di industri film.

 

  1. Industri perfilman yang terus berkembang

Saat ini industri perfilman sedang berkembang pesat di seluruh negara. Jika dulunya Industri film berpusat di Hollywood, kini banyak sekali film-film berkualitas yang dihasilkan bukan oleh Hollywood. Sebut saja film Korea Selatan, film latin, hingga film India. Berkembangnya industri perfilman ini diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan sineas sehingga kamu memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang ini.

 

  1. Industri film menjanjikan gaji tinggi

Industri perfilman adalah sebuah industri yang menjanjikan gaji tinggi. Menurut Motion Picture Association Industri film dan televisi bertanggung jawab atas hampir 23.000 pekerjaan langsung dengan bayaran tinggi di Georgia mencapai $ 1,3 miliar. Tentu saja ini adalah pekerjaan berkualitas tinggi dengan gaji rata-rata $ 84.000. Selain itu ada banyak sekali bidang yang bisa kamu pilih untuk karir kamu di dunia perfilman.

 

  1. Peluang untuk jadi crew dan casting berlimpah

Pesatnya industri film sekarang membuat peluang kamu untuk menjadi crew dibalik layar sangat berlimpah atau bahkan sebagai aktor atau aktris untuk sebuah proyek film. Menjadi crew film sekaligus bisa jadi awal mula karir kamu di industri ini. Kamu bisa belajar sekaligus bekerja dari tokoh-tokoh yang sudah berpengalaman sebelumnya. Kamu juga bisa menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah film.

 

  1. Pasar film indie atau web series juga meningkat

Industri film itu bukan hanya tentang film-film layar lebar. Saat ini Youtube sebagai salah satu platform  untuk unjuk gigi dalam hal sinematografi banyak melahirkan beragam web series dan juga film Indie yang nggak kalah keren. Kamu bisa mendapatkan banyak proyek di bidang ini yang bisa digunakan sebagai kesempatan mendapatkan pendapatan lebih sambil membangun karir. Industri hiburan kini juga melahirkan banyak sekali festival film yang mendorong para filmmaker menghasilkan karya-karya baru.

 

  1. Industri perfilman dapat meningkatkan industri pariwisata

Saat ini industri film berkaitan erat dengan industri pariwisata yang membuat para filmmaker menyajikan film-film berkualitas dengan latar menarik. Sehingga ketika salah sebuah film itu terkenal maka latar tempat shooting film tersebut juga ikut terkenal. Adanya hal ini membuat permintaan film semakin besar namun SDM (Sumber Daya Masyarakat) di bidang ini masih relatif kurang sehingga peluang kamu untuk memiliki karir perfilman makin besar dan bayaran yang akan diterima juga jauh relatif tinggi.

 

  1. Industri film bekerja sama dengan sekolah film

Tingginya permintaan dalam industri film membuat terciptanya sebuah kerjasama antara industri film dan sekolah film yang ada. Apalagi saat ini di luar negeri sudah diterapkan sistem pendidikan dimana siswa sekolah menengah dapat memilih jalur karir dalam produksi film dan video sehingga setelah lulus mereka dapat segera memasuki pasar kerja. Sementara di Indonesia sendiri sudah banyak sekolah film yang tersedia jika kamu berniat terjun di industri ini, salah satunya IDS | International Design Shool. Kamu bisa mengikuti program short course atau program college digital film.

 

 

 

Posted in: Articles