Wajib Punya! 5 Rekomendasi Buku Terbaik Untuk Belajar Desain Grafis - IDS | International Design School

Wajib Punya! 5 Rekomendasi Buku Terbaik Untuk Belajar Desain Grafis

 

Belajar desain grafis di zaman modern ini tak lagi sulit, dengan banyaknya literatur serta tutorial yang bisa dengan mudah dijumpai di Internet. Yang terpenting adalah konsisten, tak mudah menyerah serta rajin mencari informasi, seperti membaca buku desain grafis.

Untuk membantu agar kamu mengenal desain mulai dari fundamental hingga aplikasinya, banyak bertebaran buku berkualitas baik dari luar maupun dalam negeri yang membantu memberikan pemahaman. Yuk simak buku yang dimaksut, siapa tahu bisa menambah ilmu dan wawasan kamu tentang desain grafis.

  1. The Laws of Simplicity – John Maeda

Kalau ngaku anak desain tentunya sudah familiar dengan sosok John Maeda. Pria ini adalah pendiri Simplicity Consortium di MIT Media Lab yang sudah menerima banyak penghargaan.

Maeda sendiri dikenal memiliki otak cerdas saat menelurkan sebuah karya, seperti buku yang ia tulis, The Laws of Simplicity. Dalam bukunya, Maeda memaparkan kompleksitas bisnis, teknologi dan pedoman desain dalam sebuah kesederhanaan. Ada sekitar 10 hukum kesederhanaan yang ia tulis dalam bukunya untuk mengajak pembaca mengerti akan arti dari sebuah desain itu sendiri.

Kurang lebih ada 10 hukum kesederhanaan yang dipaparkan dalam bukunya. John ingin para pembaca dapat mengerti keseimbangan dari kompleksitas dalam bisnis dan teknologi. Semua ia paparkan dalam kesederhanaan.

  1. Tipografi dalam Desain Grafis – Danton Sihombing

Beralih ke dalam negeri, muncul nama Danton Sihombing dengan bukunya yang berjudul Tipografi dalam Desain Grafis yang mengupas segala hal tentang tipografi. Kamu bisa menemukan sejarah tipografi, teknik terminologi, tata cara penulisan dan penyampaian pesan dalam desain grafis.

Buku karya anak bangsa ini tak kalah keren dari buku desain penulis mancanegara. Buku ini menekankan tipografi sebagai materi yang wajib dipelajari oleh desainer sebagai salah satu unsur terpenting dalam desain grafis. Yang jelas, segala hal tentang tipografi bisa kamu baca dan mengerti di dalam buku ini.

  1. Color Basic – Anne Dameira

Warna, salah satu materi dasar desain yang wajib dikuasai oleh seorang desainer. Anne Dameira memaparkannya dalam buku yang ia tulis, Color Basic. Sesuai dengan namanya, Anne menjelaskan teknik pemilihan warna yang tepat, agar desainmu bisa lebih optimal dan mengagumkan.

Sebelum belajar desain grafis lebih jauh, ada baiknya kamu mengerti pemahaman mendasar seperti filosofi warna. Pemilihan warna yang baik akan menghasilkan desain yang baik pula, karena beda warna bisa memancing emosi yang berbeda pula ketika dilihat orang. Perbedaan warna aditif dan subtraktif juga dijelaskan Anne Dameira. Buku ini membantu kamu belajar melihat sebuah desain dari filosofi pemilihan warna.

  1. Universal Principles of Design – William Lidwell

Ini adalah salah satu buku best seller tentang desain grafis. Buku yang membahas mengenai konsep desain yang diaplikasikan ke contoh visual ini sudah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa.

Total lebih dari 100 konsep disuguhkan penulis untuk membantu membentuk banyak sudut pandang ide untuk menciptakan karya yang menarik. William Lidwell seakan menjelaskan cara belajar desain grafis dengan cara yang lebih mudah.

Lewat buku ini pula, kamu akan diajak bereksplorasi dengan berbagai macam ilustrasi yang William sajikan. Ini adalah salah satu rekomendasi buku terbaik untuk belajar tentang desain grafis.

  1. 100 Things Every Designer Needs to Know About People – Susan Weinschenk

Susan Weinschenk memahami proses penciptaan desain grafis layaknya sebuah alur di dalam peta dengan banyak persimpangan jalan. Bagi Susan yang sudah bergelut di desain teknologi selama 30 tahun, proses penciptaan karya seni harus dilihat dari berbagai sisi.

Mendesain tanpa paham akan seluk beluknya menurut Susan bagaikan menjelajahi kota baru tanpa peta. Hasilnya tidak efektif dan optimal serta terkesan serampangan. Buku ini menggabungkan teori dan penelitian dengan contoh aplikasi praktis yang bisa jadi panduan bagi setiap desainer. Jika kamu ingin memperkaya ilmu desain, jangan sampai melewatkan membaca buku karya Susan ini ya.

Tak ada salahnya jika kamu belajar desain dengan membaca. Banyak yang sudah terinspirasi dari daftar buku yang ada di atas. Kamu juga bisa menjadi salah satunya, dengan terus membuka wawasan dan perlebar ilmu dengan membaca untuk membangun jalan sukses menjadi desainer handal.

 

Posted in: Articles