Yuk, Hargai Jasa Desain Grafismu di Internet - IDS | International Design School Jakarta

Yuk, Hargai Jasa Desain Grafismu di Internet

Sharing is caring!

Kamu tentu sudah tahu dong ya bahwa perkembangan internet yang serba cepat mengantarkan seseorang mendapatkan keberuntungan, begitu pun jasa dari hasil desain grafismu.

Internet tidak hanya dimanfaatkan oleh para pelaku online shop untuk menjajakan produknya, seorang desainer pun bisa menjajakan jasa atau karya mereka di internet. Apalagi “pengintip” dunia maya ini bisa dibilang banyak. Bisa dibayangkan berapa pasang mata yang akan melihat karya yang kamu buat untuk personal atau jasa yang kamu bikin untuk sebuah lembaga?

Yang menyenangkan lagi nih, para desainer grafis bisa mendapatkan penghasilan melalui internet, bahkan lebih besar dari gaji yang didapatkan setiap bulannya. Namun, ya memang harus bersaing dengan jasa desain grafis lainnya.

Nah, kira-kira website apa saja sih yang bisa kamu manfaatkan untuk
menghasilkan uang dari jasa desain grafismu?

1. Portfolio Online

Bagi pelaku online shop, tentu di internet kamu harus memiliki “toko” sebagai tempat transaksi. Namun, di internet, biasanya yang menjadi “toko” adalah social media atau website. Nah, bagaimana dengan karya desainer grafis? Kamu sebagai desainer sebenarnya bisa membuat “toko” untuk menampilkan karya desain grafismu. Kamu bisa membuatnya di blog atau website pribadimu. Namun, ada juga kok alternatif untuk kamu agar bisa numpang di situs besar agar portfoliomu bisa dilihat, di antaranya:

a.  Behance.net

b.  Devianart.com

c.  Shadowness.com

Dengan menampilkan karya di sana, tak menutup kemungkinan jika kamu bisa mendapatkan uang dari jasa desain grafis yang kamu buat.

2. Microstock

Mau kan jasa desain yang sudah kamu buat dibayar berkali-kali oleh orang lain? Tentu! Nah, Microstock menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin menjual karya, bisa berupa ikon, karakter, ilustrasi, template, background, atau karya fotografi. Di sini, kamu akan bersaing dengan ribuan desainer lainnya. Makanya kualitas karyamu sangat berpengaruh di situs ini. Namun, jika kamu bisa bersaing, tentu jasa kamu bisa dibayar mahal di sini.

Berikut adalah daftar situs-situs microstock terbesar di Internet saat ini:

a.  www.shutterstock.com

b.  www.istockphoto.com

c.  www.fotolia.com

d.  www.dreamstime.com

3. Envato Marketplace

Envato Marketplaces adalah sebuah pasar digital online yang menyediakan wadah untuk jual-beli karya digital, seperti karya grafis, template WordPress, music, video, fotografi, dll. Berbeda dengan microstock, Envato Marketplaces hadir dengan ruang lingkup yang cukup luas dengan kualifikasi dan persaingan yang lebih ketat. Sebagai desainer grafis, ada beberapa katagori di Envato Marketplaces yang mungkin sesuai dengan kualifikasi kita. Berikut beberapa di antaranya:

a.  themeforest.net (template mobile, web, dan wordpress)

b.  graphicriver.net (template desain, brushes photoshop, dan vector)

c.  3docean.net (stok gambar dan model 3D)

d.  photodune.net (stok fotografi)

4. Kontes Desain

Nah, cara yang keempat untuk seorang desainer grafis adalah mengikuti kontes. Kamu mungkin sudah menemukan banyak kontes yang diadakan oleh komunitas atau lembaga, bahkan pemerintah. Nah kontes bisa menjadi ladang penghasilan tambahan untukmu sekaligus untuk mengukur sejauh mana kemampuan desain yang kamu miliki. Meskipun hasilnya untung-untungan (spekulasi), ternyata banyak juga desainer yang berhasil mendapat penghasilan tetap dari sini.

Kontes Desain Logo : Konsepnya sederhana, sebuah perusahaan yang membutuhkan logo akan menggelar kontes di situs ini, selanjutnya para desainer yang berminat langsung mensubmit karya mereka dengan brief yang disediakan dan waktu yang telah ditentukan. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan kontes
desain logo :

a.  www.99designs.com

b.  www.logotournament.com

c.  www.logomyway.com

Kontes Desain T-shirt : Mirip dengan kontes desain logo, pada t-shirt, desainer juga mensubmit karya untuk tema tertentu yang telah ditentukan dan deadline yang telah disepakati. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan kontes desain t-shirt :

a.  www.threadless.com

b.  www.designbyhuman.com

c.  www.gantibaju.com

5. Yuk, Tulis Tutorial

Kamu suka desain dan jago menulis? Kini saatnya untuk kamu untuk menulis tutorial desain yang kamu bisa. Eits, jangan salah.. jasa desain grafis dan menulismu bisa dibayar lho. Beberapa situs menawarkan harga yang lumayan untuk satu tutorial yang di-publish. Ketentuan dan kualifikasinya pun berbeda-beda, jadi kembali kepada kamu untuk menentukan mana yang akan kamu pilih. Berikut adalah beberapa situs yang mau membayar kamu untuk menulis tutorial:

a.  www.psd.tutsplus.com

b.  www.tutorial9.net

c.  www.design.creativefan.com

d.  www.designinstruct.com

e.  www.vector.tutsplus.com

f.  www.vectordiary.com

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

Sumber: desainstudio

 

Punya Passion dibidang Desain Grafis? Ikut Sekolah Desain di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG