Yuk! Kenalan dengan Teknik Watercolour - IDS | International Design School

Yuk! Kenalan dengan Teknik Watercolour

Watercolour adalah salah satu teknik ilustrasi yang cukup populer dan banyak diminati. Kenapa? Berikut kita bahas lebih lanjut seputar teknik watercolour.

 

Apa Itu Teknik Watercolour?

1
Watercolour adalah salah satu teknik menggunakan cat air di atas kertas khusus sehingga gambar yang dihasilkan memberikan warna yang terkesan lebih lembut. Teknik ini  menggunakan pigmen warna dan membuat nuansa serta transparansi yang berbeda dengan menambahkan air ke warnanya. Ada dua cara untuk membuat teknik, yang pertama membuat secara digital di Adobe Photoshop dengan menggunakan tools yang ada Adobe Photoshop. Teknik kedua, yaitu menggunakan cat air asli untuk melukis di atas kertas.

 

Karakteristik Teknik Watercolour
1. The Water Effect (Efek Usapan Air)

2

Ini adalah salah satu karakteristik dan ciri khas utama dari teknik watercolour. Saat kamu mencelupkan kuas ke dalam air dan cat lalu mengusapkan ke kertas, maka dari situlah teknik watercolour. Efek ini dapat terjadi ketika kamu memiliki satu warna (di mana warna memudar ke halaman atau latar belakang desain) atau beberapa warna lain.

 

2. Tekstur

3

Efek air tersebut menciptakan beberapa tekstur super menarik dan unik yang tidak akan kamu dapatkan dengan teknik lainnya. Air mengubah saturasi warna, bagaimana ia menyebar di seluruh halaman kertas, bagaimana ia bercampur dengan warna lain dalam desain, semua itu bersatu untuk menciptakan sebuah teksur yang sangat khas.

 

3. Tampilan dan nuansa yang tidak sempurna

 

4

Karena menghasilkan efek usapan air dan tekstur yang khas.  Biasanya, akhir dari desainmu akan berbentuk seperti tampilan dan nuansa yang tidak sempurna. Contohnya pada desain di atas. Gambar lingkaran tidak berbentuk bulat sempurna karena adanya getaran tangan yang melekat pada cat air sehingga menciptakan efek yang lebih alami.

 

4. Alat untuk Membuat Teknik Watercolour

4

Ada dua cara, yaitu tradisional dan digital. Secara digital dengan menggunakan Adobe Photoshop, kamu bisa membuat efek watercolour itu dengan menggunakan photoshop. Tak perlu mempersiapkan cat air yang berwarna-warni untuk membuat efek watercolor, tapi cukup menyediakan foto yang akan dijadikan efek watercolor ditambah tekstur-tekstur watercolor. Tutorial selanjutnya akan dijelaskan di artikel berikutnya.

Sedangkan secara tradisional, beberapa alat yang digunakan, seperti kertas, cat air, kuas, dan palet cat airnya. Tutorial selanjutnya akan dijelaskan di artikel berikutnya.

Nah, itu dia sekilas seputar teknik watercolour yang mungkin belum banyak yang tahu. Watercolour adalah salah satu tren desain paling serbaguna saat ini dan sering digunakan. Memang, untuk membuatnya, dibutuhkan keahlian dan latihan terus-menerus agar mahir hingga menghasilkan desain watercolour yang menarik.

Mau belajar desain hingga mahir selama 20 bulan? Selengkapnya cek di sini!

 

Source:

1 2

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG