Mengenal Warna RGB - Sekolah Design

Yuk Mengenal Warna RGB

Kali ini IDS akan mengajak kamu untuk mengenal warna RGB. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang CMYK, sekarang giliran RGB yang kita bahas. RGB yang merupakan singkatan dari Red – Blue – Green, merupakan model warna pencahayaan yang dipakai dalam input device seperti scanner atau output device seperti display monitor.

Apabila RGB dikombinasikan maka terciptalah warna putih. Inilah dasar mengapa RGB disebut ”additive color” atau bahasa kerennya “warna pencahayaan”. RGB merupakan prinsip warna yang digunakan oleh media elektronik seperti televisi, monitor komputer, dan juga scanner. Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan, karena memang di-setting untuk display monitor, bukan untuk cetak, sehingga lebih leluasa dalam bermain warna. Beda halnya dengan CMYK.

Kegunaan utamanya adalah untuk menampilkan citra gambar dalam perangkat elektronik. Namun, sebelum era elektronik itu sendiri, RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

RGB merupakan warna yang sangat bergantung pada piranti yang digunakan. Karena, beda piranti beda pula warna yang dihasilkannya.

Kelebihannya adalah gambar mudah dipindahkan ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.

Warna gamut RGB lebih luas dari CMYK. Bila warna CMYK dapat terbaca pada sistem warna RGB, namun warna RGB tidak semuanya dapat terbaca pada sistem warna CMYK.

Sekiranya itu yang dapat kita bahas tentang RGB kali ini. Baik RGB maupun CMYK mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal kita saja yang pintar-pintar mengolah dan mengaplikasikannya dalam berbagai keperluan termasuk dalam mendesain.

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Desain dan Kursus Desain lho. Kamu juga bisa meraih gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

Sumber: 1  2

 

Kamu Mau Belajar Desain Grafis? IDS Menyediakan Sekolah Desain, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG