Startup Weekend | IDS

Startup Weekend

Rabu, 18 Mei 2011
(Press Conference di Ciputra Marketing Galery. Jl. Satrio Kav. 11 – Jakarta Selatan)

Venue: IDS | International Design School
Jum’at – Sabtu, 20 – 22 Mei 2011

Untuk pertama kalinya di Jakarta akan diadakan Startup Weekend di bulan Mei ini. Acara akan diselenggarakan di IDS|International Design School yang bertempat di Epicentrum Walk Kuningan, Jakarta Selatan tanggal 20-22 Mei.

Acara ini didukung oleh Kauffman Foundation, yang merupakan yayasan terbesar di dunia yang mendedikasikan diri mereka bagi kewirausahaan. Tujuan Startup Weekend ini adalah untuk menjaring dan menghubungkan para developer, desainer, marketer dan pelaku bisnis dengan satu sama lain sehingga mereka bisa membangun sebuah usaha dan membuat produk bersama dalam satu akhir pekan. Menurut informasi yang ada di situsnya setengah dari yang hadir memiliki latar belakang teknis sementara sisanya merupakan pelaku bisnis.

Di hari Jumat peserta diharapkan untuk mempresentasikan ide-ide mereka dalam waktu 60 detik melalui pitching terbuka dihadapan pengunjung. Ide yang terbaik akan dipilih untuk diolah lagi dan dikembangkan oleh para tim yang terbentuk setelah sesi pitching nanti.

Selama dua hari berikutnya, para tim tersebut akan membuat desain, memformulasikannya, dan membuat perencanaan bisnis sambil mereka mengembangkan dan merealisasikan visi mereka dengan bantuan para mentor. Di akhir acara, para tim tersebut akan mendemonstrasikan prototipe produk mereka di hadapan para juri yang akan memberikan umpan balik, pertanyaan dan tanggapan yang sangat berharga.

Para mentor untuk acara Startup Weekend Jakarta ini adalah Dhakasinamoorthy “Dash” Balakrishnan yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Startup Weekend di seluruh Asia Tenggara, dan juga beberapa pemenang dan finalis dari International Young Creative Entrepreneur Awards. Acara ini difasilitasi oleh Joey Pomerenke yang merupakan Global Operations Manager untuk Startup Weekend dari Kauffman Foundation.

Di saat yang sama juga akan diselenggarakan Startup Weekend di tujuh kota yang berbeda termasuk Corvallis dan Miami di Amerika Serikat, Bordeaux di Perancis, Coimbra di Portugal, Tokyo di Jepang, Kazan di Rusia, dan Regueb di Tunisia.

Startup Weekend telah diselenggarakan lebih dari 300 kali di seluruh dunia sejak tahun 2009 dan telah menghasilkan lebih dari 500 startups dan mengumpulkan lebih dari 27 ribu usahawan secara total.

Acara yang akan diadakan di Jakarta ini diselenggarakan oleh Indonesian Technopreneur Community dan Universitas Ciputra University Entrepreneurship Center dan didukung oleh International Design School serta British Council. Anda bisa mendapatkan info lebih jelas mengenai acara Startup Weekend ini di sini. Bila Anda berminat untuk berpartisipasi atau menghadiri acara tersebut, bisa mengirimkan email ke Stevanus Billy atau Nico Budianto.

RANGKAIAN ACARA

Press Conference
Rabu, 18 Mei 2011 (*), akan diadakan Press Conference bertempat di Ciputra Marketing
Galery. Jl. Satrio Kav. 11 – Jakarta Selatan.

Opening Ceremony
Jumat, 20 Mei 2011, pukul 15.00 WIB, Startup Weekend Indonesia 2011 akan dibuka secara resmi oleh Menristek (*).

Startup Weekend Indonesia 2011

– Jumat, 20 Mei 2011

Ideas Pitching : Paparan ide terbaik dari peserta agar menginspirasi peserta lain untuk bergabung menjadi timnya

– Sabtu, 21 Mei 2011
Grouping : Fokus tim pada customer development, validating ideas, praktek LEAN Startup Methodologies, building a minimal viable product

– Minggu, 22 Mei 2011
Launch Startup : Demo prototype, vauable feedback dari panel, fasilitator dan experts.
Penutupan : Acara ditutup dengan launching startup dari peserta

Fasilitator
Joey Pomerenke
Global Operations Manager Startup Weekend NPO – Kauffman Foundation. Joey adalah fasilitator yang bertanggung jawab untuk membantu lebih dari 120 event Startup Weekend per tahun di tingkat global dan membantu lebih dari 150 organizer dan fasilitator lokal mendapatkan perangkat dan bantuan yang diperlukan untuk kegiatan Startup Weekend.

Mentor
DHAKSHINAMOORTHY “DASH” BALAKRISHNAN
MBA dari Edinburgh Business School, Herriot-Watt University dan Advanced Diploma in Entrepreneurship dari the University of Cambridge, United Kingdom.
– CEO Warisan Global (WG) Sdn.Bhd
– Founder Global Entrepreneurship Sdn.Bhd. (GESB). GESB adalah perwakilan ASEAN untuk Startup Weekend
– Host of The Year Award by the Kauffman Foundation in 2009
– Host Country of the Year Award untuk penyelenggaraan Global Clean Tech Open Ideas competition 2010

Para Pemenang & Finalis INTERNATIONAL YOUNG CREATIVE ENTREPRENEUR AWARDS – BRITISH COUNCIL akan ikut serta menjadi mentor dalam acara Startup Weekend Indonesia 2011.


The Winner & Mentors


IDS | International Design School

The Promenade Lot 9
Jl. Warung Buncit No. 98
Pejaten Barat, Pasar Minggu
Jakarta 12740 Indonesia

(Opposite Republika, next to Tetra Pak/Philips Building)

Tel. +6221 3300 7777
Tel. +6221 7980 180

Posted in: Events

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG