Asyiknya Belajar Desain di Acara Innovative Package Design Workshop - IDS | International Design School

Asyiknya Belajar Desain di Acara Innovative Package Design Workshop

Selasa, 21 Agustus 2018 kemarin, IDS | International Design School bekerja sama dengan The Asia Student Package Design Competition (ASPac) oleh Japan Package Design Association (JPDA) sukses menyelenggarakan Workshop mengenai “Innovative Package Design”.

Dengan Muhammad Imaduddin, Adityayoga, dan Suga Yufuko dari Jepang sebagai pembicara, acara ini banyak dihadiri oleh berbagai sekolah dan universitas di wilayah Jabodetabek.

Tepat pukul 13.30 WIB acara dimulai. Dibuka oleh penjelasan dari  Suga Yufuko mengenai apa itu ASPac. ASPac sendiri adalah proyek pertukaran budaya internasional bagi para desainer muda yang berbakat di seluruh negara Asia. Selain menjelaskan ASPac, Suga juga memperlihatkan penghargaan apa saja yang pernah diraih sekaligus karya-karyanya.

Setelah penjelasan singkat dari Suga Yufuko, acara dilanjut oleh materi dari Adityayoga. Ia menjelaskan mengenai bagaimana desain kemasan yang berbeda dan dapat menarik perhatian orang saat melihatnya.

“Dari sekian banyaknya produk yang ada di supermarket, kalian harus dapat membuat sebuah desain yang berbeda. Sehingga desain kemasan tersebut terlihat menonjol dari yang lainnya,” tutur Adityayoga.

Ia juga menambahkan bahwa desain kemasan adalah sampul atau wajah dari sebuah produk yang sangat mempengaruhi ketertarikan dan minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

“Secara umum desain kemasan memiliki dua hal, yaitu desain 2 dimensional, mengenai grafis atau labelnya, yang kedua adalah 3 dimensional, mengenai struktur atau bentuk objek,” ungkapnya.

Di acara kali ini, para peserta yang datang bukan hanya mendapat pengetahuan seputar desain kemasan yang inovatif, melainkan dapat melakukan praktik membuat sebuah desain langsung dari Muhammad Imaduddin.

Selama kurang lebih 3 jam, peserta diajak untuk praktik langsung. Dimulai dari proses brainstorming, konsep, dan desain menggunakan buku gambar, kertas, spidol, gunting, dan cutter. Mereka diajak untuk berpikir kreatif menciptakan sendiri desain kemasannya.

Setelah proses mendesain selesai, acara ditutup dengan presentasi dari beberapa peserta yang menunjukkan hasil desain dari kemasan yang mereka buat.

 

DSCF6566-min

 

IMG_1160-min

IMG_1123-min

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG