Asyiknya Belajar Membuat Desain Pattern di Acara Open House IDS - IDS | International Design School

Asyiknya Belajar Membuat Desain Pattern di Acara Open House IDS

Sabtu, 20 Oktober 2018,  IDS | International Design School sukses mengadakan Open House berjudul “Color and Pattern Design Trends”

Menghadirkan Fika Julia, salah seorang desainer tekstil dengan karyanya yang telah diikutsertakan dalam berbagai pameran di dalam dan luar negeri. Acara ini sukses dihadiri lebih dari 30 peserta yang datang dari universitas dan sekolah di Jabodetabek.

Di Open House kali ini, para peserta mendapatkan pengetahuan tentang pengenalan desain tekstil, bagaimana membuat konsep awal desain motif, mengembangkan komponen-komponen desain tekstil, hingga menjelaskan tren desain pattern kekinian.

“Konsep awal untuk membuat desain motif adalah kalian harus mencari referensi inspirasinya terlebih dulu, lalu ambil ide besarnya, cari kunci visualnya, baru mulai meng-sketch,” jelas Fika Julia.

Fika juga menambahkan, setelah di-sketch, langkah selanjutnya adalah proses mewarnai, membuat layout-nya, dan terakhir baru masuk dalam teknik printing.

Selain memaparkan tentang proses membuat desain pattern, ia juga menjabarkan tentang beberapa tren desain forecast pada tekstil.

“Ada yang namanya free style desain, yaitu sesuatu yang minoritas saat ini akan jadi mayoritas suatu saat nanti dengan penggunaan warna yang ekspresif,” tuturnya.

Setelah sesi presentasi berakhir, para peserta juga melakukan praktik langsung membuat desain pattern-ya di atas kertas menggunakan spidol warna, pensil warna, dan krayon.

Para peserta dituntut untuk berpikir kreatif membuat brainstorming-nya terlebih dahulu, baru mulai membuat sketch-nya dan mewarnainya. Kurang lebih selama 30 menit peserta diberi waktu untuk membuat desainnya, baru setelah itu beberapa perwakilan maju ke depan untuk presentasi hasil karya yang telah dibuatnya.

Selain presentasi, peserta yang datang juga memberikan kesan dan pesan mengenai acara Open House kemarin.

“Seru ya acaranya, menambah ilmu pengetahuan dan skill saya karena ada praktik langsungnya,” kata Gagah, salah satu peserta dari Bekasi.  

Nah, bagi kamu yang belum bisa berkesempatan hadir pada seminar ini, jangan khawatir! IDS akan mengadakan Open House di bulan berikutnya dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu. Stay tuned terus ya di website dan akun media sosial kita untuk tahu informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan.

Sampai bertemu di event Open House selanjutnya!

 

6

5

9

10

Posted in: News

Comments (One Response )

  1. Porinto - November 14, 2018 - 6:28 pm #

    membuat desain adalah pelajaran yang berguna. karena kedepannya bisa langsung bisa dipraktekan di dunia kerja

DAFTAR SEKARANG