Festival Wirausaha Kreatif, Memperkenalkan Pengetahuan Bisnis & Wirausaha kepada Insan Kreatif Indonesia | IDS

Festival Wirausaha Kreatif, Memperkenalkan Pengetahuan Bisnis & Wirausaha kepada Insan Kreatif Indonesia

Festival Wirausaha Kreatif adalah sebuah festival yang bertujuan untuk mendukung perkembangan industri kreatif dengan mengenalkan pengetahuan bisnis & wirausaha kepada insan kreatif. Acara ini sukses diselenggarakan selama seminggu, dari tanggal 3 – 8 September 2012 yang lalu di Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ), diselenggarakan oleh Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta bekerjasama dengan IDS | International Design School

Dalam Festival Wirausaha Kreatif, ditampilkan berbagai proyek bisnis mahasiswa pascasarjana wirausaha kreatif IKJ, program S2 Creative & Media Enterprise (CME) dalam bentuk pameran poster. Proyek bisnis mahasiswa S2 yang dipamerkan antara lain adalah AyoFest, Furuutsuba, Momme, Nagoje, Rego Furniture, Gimana.TV, Motivakidz, Power, Inspirasi Muda, Rego Furniture, Baju Muslimah, Sharry Corner, dan lain-lain

Selain pameran, terdapat bazaar yang diikuti oleh berbagai bisnis yang kreatif dan keren. Pengunjung dapat membeli produk-produk unik yang tidak bisa didapatkan di mall atau pasar-pasar. Mereka antara lain: Kartun Jajanan Pasar (Japarr), yang mengangkat kue-kue tradisional menjadi kartun yang lucu, Cikiber Craft, yaitu benda-benda kerajinan yang terbuat dari kertas koran bekas yang digulung sehingga kuat seperti rotan.

Ada juga Threadball, yaitu penutup lampu unik yang terbuat dari benang-benang yang digulung sedemikian rupa, serta Gondangdia Afterworks, komunitas pekerja yang berkumpul setelah jam kerja, menghasilkan berbagai macam produk unik dari chocolate art, makanan, hingga kerajinan.

Talkshow Komunitas Kreatif

Tidak hanya pameran & bazar, Festival Wirausaha Kreatif juga menampilkan talkshow komunitas kreatif setiap harinya. Pada hari Rabu, 5 September 2012 jam 19.00 – 21.00 digelar Talkshow Komunitas Kreatif bersama Rhein Mahatma dari StartupBisnis.com dan Adez Aulia dari @KerjaKreatif. Peserta riuh bertanya berbagai macam hal tentang membuat bisnis baru.

Kamis, 6 September di jam yang sama, talkshow menghadirkan Mandy Marahimin dari Wujudkan.com, Nico Alyus & Goenrock dari Sosishot, serta Dennis Adishwara & “CJ” Camelia Jonathan dari Web Series Indonesia. Mereka sharing mengenai industri film di Indonesia & bagaimana peluang wirausaha di sana.

Hari Jum’atnya, 7 September, giliran Benny Fajarai dari Kreavi.com, Bovie Sandhi dari Gantibaju.com, dan Ryan dari Sribu.com yang berbagi mengenai industri desain & peluang wirausahanya saat ini.

Kuliah Umum S2 Wirausaha Kreatif
Festival Wirausaha Kreatif ditutup dengan acara pamungkas, yakni Kuliah Umum S2 Wirausaha Kreatif yang menghadirkan dosen utama & dosen tamu program S2 Creative & Media Enterprise IKJ. Sesi kuliah berjudul “Pemanfaatan Social Media di dalam Berwirausaha” dibawakan oleh Bapak Teguh Prasetya, Pendiri Indonesian Cloud Forum dan anggota Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), dosen utama S2 Creative & Media Enterprise IKJ. Dalam kuliah ini Pak Teguh sharing tentang berbagai media baru di Internet yang bisa dimanfaatkan dalam wirausaha kita.

Setelahnya, Ibu Dian Noeh Abubakar, CEO dari Kennedy Voice Berliner, sebuah perusahaan konsultan PR, menjadi dosen tamu, dengan kuliahnya berjudul “Memanfaatkan PR untuk Usaha Baru”. Pada sesi ini, Ibu Dian Noeh berbagai mengenai berbagai tips & studi kasus public relation yang dapat diterapkan dalam sebuah wirausaha.

Bapak Suwandi Tjia, CEO PT Surya Menara Eka dan Principal Arghajata Consulting, membawakan kuliah berjudul “Manajemen Wirausaha Kreatif”. Pak Suwandi berbagai mengenai bagaimana sebuah wirausaha kecil bisa memiliki manajemen yang rapih.

Sesi kuliah terakhir ditutup dengan sangat menarik oleh Bapak Andi S. Boediman, pendiri IDS | International Design School dan Ideosource, sebuah inkubator bisnis, dengan tema “Investasi dan Pendanaan Wirausaha Kreatif”. Pak Andi berbagai mengenai berbagai value yang diperlukan oleh sebuah wirausaha kreatif agar bisa didanai oleh investor.

Kuliah umum ini menutup rangkaian acara Festival Wirausaha Kreatif. Sampai ketemu di Festival Wirausaha Kreatif tahun depan!

Galeri Kegiatan

Liputan media tentang Festival Wirausaha Kreatif

Posted in: News

Comments (One Response )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG