Hal Penting yang Sering Dilupakan Filmmaker Muda menurut Yandy Laurens - IDS | International Design School

Hal Penting yang Sering Dilupakan Filmmaker Muda menurut Yandy Laurens

IMG_0032

 

Pada Sabtu, 9 Maret 2019 lalu, IDS | International Design School mengadakan Open House yang berjudul Start Your Filmmaking Journey dengan menghadirkan Yandy Laurens, sutradara dari film Keluarga Cemara sebagai narasumber. Yandy yang merupakan lulusan dari sekolah film tersebut membicarakan mengenai perjalanan dirinya sebagai filmmaker profesional, proses kreatif dalam menggarap film baik layar lebar maupun film pendek dan pentingnya peran sekolah film dalam perkembangan dirinya sebagai sineas film.

Open House: Start Your Filmmaking Journey dihadiri oleh berbagai peserta yang mayoritas berasal dari daerah Jabodetabek dengan latar belakang yang beragam mulai dari  pelajar SMA, mahasiswa dan awak media.

Yandy Laurens membuka sesi Open House dengan memperkenalkan diri beserta perjalanan hidupnya dari sudut personal. Selain itu, Yandy menceritakan transisi dirinya yang pada awalnya memiliki keinginan untuk berkarir sebagai atlet hingga akhirnya memutuskan menjadi filmmaker.

Sutradara yang dibesarkan di Makassar tersebut juga menjelaskan beberapa hal penting yang seringkali diremehkan oleh filmmaker muda padahal penting untuk perkembangan diri mereka secara profesional.

”Jika kalian benar-benar serius ingin berkarir sebagai sutradara, maka penting untuk terus mengasah keahlian kalian. Tapi perlu diingat, dunia perfilman adalah ekosistem, maka kamu gabisa berjalan sendirian. Penting bagi setiap sutradara untuk bekerjasama dengan filmmaker di bidang lain terutama produser yang handal. Produser dan sutradara harus nyaman dengan kolaboratornya. Bahkan kalau bisa, hubungan dan komunikasi mereka harus intim seperti pasangan suami istri.” papar Yandy.

“Selagi kamu berkembang sebagai filmmaker, harus ada satu atau beberapa figur yang harus kamu jadikan panutan. Cara kerja, pendekatan dan proses kreatif yang kamu miliki akan menjadi lebih baik jika kamu memerhatikan dan menyempurnakannya dari figur-figur besar.”

 

IMG_0135

 

Setelah sesi presentasi berakhir, peserta dan pembicara dipersilahkan untuk terlibat dalam sesi tanya jawab dan diskusi interaktif. Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara Yandy Laurens dan para peserta open house.

Jika kamu belum berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir! IDS | International Design School akan segera mengadakan open house dan event  dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu.

Nantikan update di website dan akun media sosial IDS | International Design School untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.