Mengetahui Perkembangan dan Proyeksi Industri VR di Open House Animasi IDS - IDS | International Design School

Mengetahui Perkembangan dan Proyeksi Industri VR di Open House Animasi IDS

Pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 lalu, IDS | International Design School mengadakan open house yang bertajuk Virtual Reality: Immersive Storytelling for Creative Minds. Acara tersebut menghadirkan salah satu figur penting dalam perkembangan industri Virtual Reality (VR) di Indonesia yaitu Nico Alyus, pendiri dari OMNI VR. Perusahaan yang dibesut Nico ini memiliki 4 VR arcade di daerah Jakarta dan telah mengadakan tur keliling Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk mencoba sensasi dunia Virtual Reality.

Virtual Reality: Immersive Storytelling for Creative Minds dihadiri oleh lebih dari 20 peserta yang mayoritas berasal dari beberapa perguruan tinggi dan sekolah di Jabodetabek.

Para peserta yang hadir di acara ini diberikan pengetahuan mengenai sejarah berkembangnya VR dari dekade 1960-an. Perkembangan VR memang tidak selamanya mulus dan kemajuan dari sisi teknologi dan antusiasme masyarakat luas terbilang fluktuatif. Meski demikian, dewasa ini industri ini dengan pasti terus berkembang dalam segala aspek.

“Pada periode 1980 hingga 1990-an, beberapa perusahaan gaming seperti Nintendo merilis beberapa produk yang merupakan cikal bakal dari game VR modern. Teknologi yang tersedia kala itu masih belum menunjang visi dari para pembuat game” papar Nico.

VR_Nico-01

 

Selain materi mengenai sejarah VR, Nico juga memaparkan proyeksi industri simulasi kenyataan yang semakin berkembang. Ia juga menjelaskan bahwa perusahaan besar seperti Facebook dan Google telah menanamkan investasi di bisnis VR.

“VR memang bukan sesuatu yang baru karena pengembangannya telah berlangsung selama lebih dari 30 tahun. Tapi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk bergelut ke industri ini karena teknologi sudah menunjang bagi VR untuk menjadi semakin berguna dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai proses pembuatan animasi VR, IDS | International Design School menyediakan kelas College – Digital Animation dimana salah satu materi pembelajaran yang akan diberikan adalah proses pembuatan animasi VR. Dosen-dosen di kampus IDS adalah para ahli di bidangnya dengan pengalaman profesional yang mumpuni.

Setelah sesi presentasi berakhir, peserta dan pembicara dipersilahkan untuk terlibat dalam sesi tanya jawab dan diskusi interaktif. Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara Nico Alyus dan para peserta open house.

Jika kamu belum berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir! IDS | International Design School akan segera mengadakan open house dan event  dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu.

Stay tuned terus di website dan akun media sosial kita untuk tahu informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

IMG_9773

Posted in: News

Comments (One Response )

  1. pancaprihati - September 25, 2019 - 10:16 am #

    sangat memotivasi, terima kasih

    nama saya panca prihati 1722500096 dari STMIK Atma Luhur
    jangan lupa kunjungi website kami https://www.atmaluhur.ac.id/