OPEN HOUSE IDS “MOTION CAPTURE FOR BETTER GAME” | IDS

OPEN HOUSE IDS “MOTION CAPTURE FOR BETTER GAME”

Teknologi motion capture tetap menjadi pilihan indsutri kreatif saat ini, karena hasilnya bisa didapatkan secara langsung tanpa harus menunggu lama, biaya produksinya terbilang lebih murah, dan yang terpenting dapat menghasilkan data animasi yang lebih banyak dibandingkan menggunakan cara tradisional.

Nah, hal itulah yang dibahas pada Open House, Sabtu 25 Agustus 2018 kemarin. Bertemakan “Motion Capture for Better Game”,  kali ini IDS mendatangkan Made Wira Aditya, salah satu animator Indonesia sekaligus Founder dan CEO Anoman Studio. Anoman Studio sendiri adalah salah satu development game indie di Indonesia yang sukses melahirkan berbagai game-game lokal yang berkualitas.

Made Wira menjelaskan bagaimana sejarah awal mula motion capture digunakan, tipe-tipe motion capture, dan berbagai software yang digunakan.

“Salah satu software yang dapat digunakan adalah Kinect Xbox 360, yaitu Controller-Free Gaming dan Gaming Experience yang dibuat oleh Microsoft dan ditetapkan sebagai kontrol untuk video game platform Xbox 360,”  tutur Made Wira.

Ia juga menjelaskan salah satu prosesnya ialah penggabungan model (gesture) dengan actor motion.

Setelah sesi presentasi berakhir, acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. Salah satunya bernama Prescila yang menanyakan tentang kekurangan software Kinek Xbox 360 dan tips menggunakannya.

“Kalau pakai kinek, tidak semua gerakan terambil dengan baik. Jadi, ketika mau coba capture, gerakan jalan menjadi tidak sempurna. Untuk itu, kalau pakai kinek ambil gerakan yang simpel saja,” jawab Made Wira.

Selain mengajukan pertanyaan, para peserta yang datang juga memberikan kesan dan pesan mengenai acara Open House kemarin.

“Sering-sering adakan acara seperti ini. Apalagi yang temanya game, karena saya benar-benar antusias dan mau tahu lebih banyak tentang proses pembuatan game,” ungkap Anita, salah satu peserta.

Nah, itu dia beberapa keseruan yang ada di acara Open House “Motion Capture for Better Game” kemarin. Bagi kamu yang belum bisa berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir!

IDS akan mengadakan Open House dan event di bulan berikutnya dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu. Stay tune terus ya di website dan akun media sosial kita untuk tahu informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

 

OPEN HOUSE 25 1

 

OPEN HOUSE 25 2

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG