Pengalaman Filmmaker Muda Indonesia di Sirkuit Film Internasional - IDS | International Design School

Pengalaman Filmmaker Muda Indonesia di Sirkuit Film Internasional

_MG_4405

 

IDS | International Design School  mengadakan Open House & Screening: Film Pendek Indonesia di Festival Film Internasional. Event kali ini menghadirkan para filmmaker yang telah unjuk gigi di kancah internasional. Topik pembicaraan berfokus pada pengalaman para filmmaker saat proses produksi, apa yang menjadi motivasi mereka dalam berkarya, perasaan mereka saat karya mereka mulai dilirik dunia internasional dan makna dari film karya mereka.

Open House & Screening: Film Pendek Indonesia di Festival Film Internasional diisi oleh Minggar Panji – sutradara Anak Lanang dan alumni IDS — dan Yodi – aktor utama Prendjak. Puluhan peserta yang berasal dari wilayah Jabodetabek dengan latar belakang yang beragam menghadiri event ini.

 

DSC01956

 

Acara dimulai dengan sambutan dan prakata dari Pandu Birantoro, moderator yang juga merupakan Head of Film Program IDS. Kemudian, acara diisi dengan penayangan empat film pendek asal Indonesia yakni Halaman Belakang, Anak Lanang, Prendjak dan Kembalilah dengan Tenang.

Penayangan keempat film tersebut kemudian diikuti dengan diskusi interaktif antara moderator dan Minggar serta Yodi. Mereka berbagi pengalaman membuat film, motivasi untuk terus berkarya dan suka duka selama berkarir.

“Saya dulu nonton film ke bioskop tiap Sabtu sebagai penikmat tetapi di sisi lain tahu bagaimana rasanya mengikuti festival film sebagai aktor. Tetapi ketika Prendjak diumumkan mengikuti festival film Cannes, di dalam hati saya masih berpikir itu tidak mungkin. Wregas (sutradara Prendjak) sampai menangis saat mendengar hal itu,” papar Yodi.

“Ketidak puasan itu pasti ada. Yang namanya berkarya, kita terus selalu berevolusi dan berkembang. Pelajaran yang saya dapat dari kesuksesan film ini adalah terus mawas diri dan jangan cepat puas. Kalau seniman sudah sombong akan pencapaian diri sendiri maka akan sulit untuk berkarya.”

 

DSC02031

 

Setelah talkshow berakhir, peserta dipersilakan untuk terlibat dalam sesi tanya jawab interaktif dengan pembicara. Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara peserta dan para pengisi acara.

Jika kamu belum berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir! IDS | International Design School akan segera mengadakan open house, seminar dan event dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu.

Nantikan update di website dan akun media sosial IDS | International Design School untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

 

Posted in: News