Pentingnya Interaksi dalam Mendesain UX - IDS | International Design School

Pentingnya Interaksi dalam Mendesain UX

2

Pada Jumat, 22 Maret lalu, IDS | International Design School mengadakan seminar bertajuk UX Case is Your Business Case yang berlangsung di Greenhouse Coworking and Office Space, Kuningan, Jakarta. Seminar tersebut menghadirkan Adityo Pratomo, seorang creative coder sekaligus interaction designer. Fokus utama dari seminar tersebut adalah pentingnya desain UX bagi kelangsungan usaha dalam aspek mempererat hubungan konsumen dengan produsen yang nantinya akan mempengaruhi keputusan pembelian mereka

Seminar UX Case is Your Business Case dihadiri oleh lebih dari 20 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang. Pelajar SMA, mahasiswa hingga pekerja profesional menyempatkan diri untuk hadir di acara yang mulai berlangsung pada pukul 16.00 WIB ini.

Adityo membahas mengenai pentingnya desain UX untuk mengait perhatian konsumen dan menjalin hubungan personal dengan mereka. Proses interaksi yang menarik dan penjabaran pesan yang mulus akan membuat konsumen nyaman dan terhibur saat menggunakan platform yang disediakan oleh produsen untuk menjajakan produk.

“UX yang bagus dapat dengan mulus menceritakan sebuah kisah yang bisa mengundang user untuk bereaksi dan menjalin interaksi yang berkesinambungan. UX yang secara lugas menyelesaikan masalah dan memenuhi keinginan konsumen dengan cara yang menyenangkan bahkan bisa saja membuat konsumen dengan sukarela membayar untuk fitur tersebut.”

Selain itu, terdapat satu aspek krusial yang tidak bisa dilupakan oleh desainer UX dalam usahanya membuat tatanan digital yang baik. Mengetahui siapa target yang dituju secara spesifik sangatlah diharuskan agar proses penyampaian pesan membuahkan hasil yang maksimal.

“Seorang desainer dan perusahaan tempat ia bekerja harus mengetahui cerita (desain UX) akan disampaikan ke siapa. Dari situ, baru kita bisa mengetahui apa tujuan dari user, behaviour mereka seperti apa dan yang terpenting cara memuaskan mereka. Tapi patut diingat, proses tersebut terjadi dengan komunikasi dua arah. Penting bagi desainer untuk terus berinteraksi dengan user.”

 

color 1 (UX)

 

Sesudah sesi presentasi berakhir, peserta dan pembicara dipersilakan untuk terlibat dalam sesi tanya jawab dan diskusi interaktif. Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara Adityo dan para peserta seminar.

Jika kamu belum berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir! IDS | International Design School akan segera mengadakan open house, seminar dan event dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu.

Nantikan update di website dan akun media sosial IDS | International Design School untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

Posted in: News

Comments (2 Responses )

  1. aprilia - June 27, 2019 - 9:15 am #

    mau dong ikutan seminarnya
    caranya gimana ya..?

  2. Pendaftaran - June 25, 2019 - 6:19 am #

    Kita harus terus memperkaya ilmu untuk bisa berkarya lebih baik

DAFTAR SEKARANG