Peran Orang Tua dalam Menentukan Masa Depan Anak - IDS | International Design School

Peran Orang Tua dalam Menentukan Masa Depan Anak

DSC01436

Sabtu, 10 Agustus 2019 lalu, IDS | International  Design School menyelenggarakan acara bertajuk Open House: Support Your Child’s Creative Passion yang bertempat di gedung kampus IDS | International  Design School. Bahasan utama dari event ini adalah kesediaan sekaligus orang tua dalam memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih masa depan mereka baik dalam pilihan pendidikan dan karir terutama di bidang kreatif.

Event ini diisi oleh Penelope Talitha Abdul, lulusan IDS | International  Design School terbaik tahun 2019 dan psikolog Putu P. Andani, M.Psi., Psikolog,. Ibunda dari Penelope – Maya – juga turut hadir dan memberikan perspektif orang tua dalam menentukan masa depan anak.

Acara ini dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai daerah sekitar Jabodetabek.

“Kalau pendapat pribadi saya, jika anak menjalani hobi secara terarah dan serius dalam menjalaninya, kenapa saya harus melarang? Zaman sudah berbeda. Zaman dulu jika orang tua menginginkan anaknya untuk berkarir sebagai insinyur atau dokter, mungkin karena profesi belum sebanyak dan menjanjikan seperti sekarang.” ujar Maya.

“Saya yakin dengan kemampuan anak saya dan akan mendukung terus keinginannya sekaligus mengarahkan. Jika kita memaksakan kehendak kita, maka sia-sia hidup sang anak. Ia yang mengalami masa depan dia sendiri. Selama dia senang melakukan apa yang ia lakukan, maka saya juga senang.” Maya melanjutkan.

 

3 (1)

 

Menurut Penelope, butuh waktu untuk mengetahui hasrat untuk berkarir. Anak harus bersabar dalam mencoba menemukannya.

“Harus sabar aja sih. Aku juga nggak menutup kemungkinan untuk berkarir di bidang lain. Yang paling penting, aku menyukai apa yang aku lakukan sekarang dan saya memiliki talenta disitu. Jadi aku jalani apa yang ada sekarang dan aku senang melakukannya.”

Passion tidak harus ditemukan saat kuliah. Ada yang baru ketemu dengan apa yang ia sukai sewaktu mulai bekerja dan ada yang dari kecil sudah mengetahui dan yakin dengan apa yang ia gemari. Sebagai orang tua, kita harus memberikan kebebasan bagi anak sekaligus memantau perkembangan mereka. Orang tua harus secara konstan mengikuti perkembangan anak untuk mengetahui apa yang terbaik untuk mereka dan mencari win-win solution dengan komunikasi yang berkualitas.” papar psikolog Putu.

Setelah talkshow berakhir, peserta dipersilakan untuk terlibat dalam sesi tanya jawab interaktif dengan pembicara.

Jika kamu belum berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir! IDS | International Design School akan segera mengadakan open house, seminar dan event dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu.

Nantikan update di website dan akun media sosial IDS | International Design School untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

Posted in: News

Comments (One Response )

  1. ปั้มไลค์ - August 13, 2019 - 1:26 pm #

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

DAFTAR SEKARANG