PUBLIC LECTURE “MAPPING AND VISUALIZATION” BERSAMA PETER HALL | IDS

PUBLIC LECTURE “MAPPING AND VISUALIZATION” BERSAMA PETER HALL

Selasa, 8 Juli 2014 lalu, IDS | International Design School kedatangan guest lecturer, Peter Hall yang merupakan Head of Design Futures Degree di Queensland College of Art, Griffith University. Peter Hall juga merupakan seorang Design Writer yang penelitiannya berfokus pada pemetaan sebagai proses desain. Beliau juga pernah menjadi Dosen Senior dalam bidang desain di University of Texas di Austin dan mengajarkan teori desain, sejarah, dan pemetaan sebagai metode penelitian. Kedatangan Peter Hall ini bertujuan untuk memberikan kuliah tentang “Mapping and Visualization” kepada para audience di seminar yang terbuka untuk umum ini.

IMG_4603

Sebagai pembuka, pria yang pindah dari United States ke Australia pada tahun 2012 ini, menjelaskan tentang bagaimana biasanya Beliau mengajarkan Mapping and Visualization kepada pada muridnya di Griffith University dengan menggunakan perumpamaan melalui sebuah karya foto hasil jepretan tangannya sendiri. Isi dari foto tersebut adalah suasana saat banjir di suatu negara di mana terdapat komposisi yang berisi beberapa unsur desain.

Menurut Peter Hall, pada abad ke-21 desain sangat bermanfaat hampir di semua aspek mulai dari teknologi hingga science. Untuk itu, Peter Hall mengajarkan Design Futures, yang merupakan kombinasi dari beberapa macam desain, seperti visual communication design, product design, dan interior environments. Design future sendiri merupakan desain pada suatu tempat terbuka yang menggabungkan semua unsur desain tadi agar lebih menarik perhatian publik dan ramai untuk didatangi. Biasanya design futures dimulai dari tahap memilih tempat kosong sebagai tempat “pameran”, kemudian mendesain, dan terakhir membuat konstruksi yang akan dibangun di tempat kosong tersebut.

Kemudian dilanjutkan ke poin lain dari mapping yaitu Wayfinding, yang merupakan ilmu desain yang membicarakan soal tata letak dan simbol – simbol yang atraktif sebagai ciri khas tempat tersebut. Tujuan dari Wayfinding ini untuk mempermudah untuk menuju arah tempat yang dimaksud, dan mengurangi kebingungan dari wisatawan asing  atau orang yang tidak familiar. Wayfinding di desain untuk mengatur kebiasaan masyarakat untuk mencapai suatu tempat tanpa harus menghadapi kesulitan.

IMG_4595

IMG_4594

Setelah semua materi disampaikan, kemudian dibuka sesi tanya jawab antara audience dengan Peter Hall. Di sini Peter Hall dapat menjawab rasa penasaran dan keingintahuan para audience tentang Mapping and Visualization sesuai dengan apa yang dipelajari oleh mahasiswa Desain di Griffith University.

IMG_4602

Tidak hanya tentang Mapping and Visualization, audience yang hadir juga mendapatkan informasi dari Bapak Obed Roberto, selaku General Manager Admission and Partnership IDS tentang bagaimana cara melanjutkan pendidikan dengan program International Pathway khususnya Griffith University, yang merupakan salah satu universitas terbaik di Australia yang bekerja sama dengan IDS.

Acara pun berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam dan diakhiri dengan foto bersama Peter Hall, audience dan staff IDS.

Seru banget kan? Terus update info dan event IDS melalui Twitter @idsEducationcom , Facebook Fan Page IDS Education dan jangan lupa follow Google+ IDS Education serta klik tombol +1 nya. Sampai ketemu di event IDS berikutnya.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG