SERUNYA ACARA OPEN HOUSE "STORYTELLING WITH FILM EDITING" | IDS

SERUNYA ACARA OPEN HOUSE “STORYTELLING WITH FILM EDITING”

Sabtu, 14 Juli 2018,  IDS | International Design School kembali mengadakan event Open House. Berbeda dengan biasanya, pada kesempatan kali ini IDS juga mengadakan Workshop yang bertajuk “STORYTELLING WITH FILM EDITING”.

Dengan mengundang Ari Dina Krestiawan, salah satu Film Director and Video Artist sekaligus dosen di International Design School, acara ini sukses dihadiri lebih dari 50 peserta yang datang dari universitas dan sekolah di berbagai daerah.

Para peserta yang datang mendapatkan pengetahuan seputar sejarah editing film, bagaimana awal mulanya, langkah dan proses dalam mengedit film yang baik dan benar.

“Salah satu metode video editing basic adalah ‘three shots, for every different meanings’, yaitu shot apa yang akan dipakai, kapan titik dimulainya sebuah shot,” tutur Ari Dina Krestiawan.

Ari Dina juga menambahkan bahwa sebelum ada yang namanya film, ada yang namanya ide. Ide-ide tersebut diterjemahkan menjadi premis dasar. Karena ide adalah konsep dan editing adalah sebuah sequence dari ide-ide tersebut.

Setelah sesi presentasi berakhir, seminar diakhiri dengan praktik langsung mengedit potongan-potongan video menggunakan software Adobe Premiere selama kurang lebih 30 menit.

Salah satu peserta bernama Puken asal Jakarta menanyakan tentang bagaimana editing film dalam trailer. Menanggapi pertanyaan tersebut, Ari Dina menjawab bahwa dalam mengedit sebuah trailer film mesti mendapatkan essensenya.

“Trailer juga berhubungan dengan tim marketing, publicist, sutradara, dan produsernya, serta bagaimana bentuk komunikasinya. Oleh karena itu, editor harus dapat mencari potongan yang pas,” jelas Ari Dina.

Selain mengajukan pertanyaan, para peserta yang datang juga memberikan kesan dan pesan mengenai acara Open House kemarin.

“Seru ya acaranya, menambah ilmu pengetahuan dan skill saya karena ada praktik langsungnya. Saran saya lain kali undang pembicara yang terkenal, seperti Agung Hapsah biar lebih menarik,” ungkap Siti Khadijah, salah satu peserta yang datang dari Bogor.

Nah, bagi kamu yang belum bisa berkesempatan hadir pada seminar ini, jangan khawatir! IDS akan mengadakan Open House di bulan berikutnya dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu. Stay tune terus ya di website dan akun media sosial kita untuk tahu informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event Open House selanjutnya!

1 23

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG