Serunya Belajar Membuat Skenario Film Pendek dari Tumpal Tampubolon | IDS

Serunya Belajar Membuat Skenario Film Pendek dari Tumpal Tampubolon

Penulis skenario (scriptwriter) merupakan salah satu profesi di dunia kreatif yang tidak kalah penting dengan sutradara ataupun produser. Skenario dan dialog yang dikemas secara menarik dan kreatif, mampu membuat ceritanya dapat diterima oleh semua kalangan.

Nah, hal itulah yang dibahas pada Workshop, Sabtu 15 September 2018 kemarin. Bertemakan “Writing Your First Short Film Script”, kali ini IDS mendatangkan Tumpal Tampubolon, salah satu salah satu Penulis Skenario/Scriptwriter yang pernah meraih penghargaan Piala Citra kategori Penulis Asli Terbaik sekaligus Penulis Skenario untuk Film Wiro Sableng (2018) dan Tabula Rasa (2014).

Tumpal menjelaskan mengenai apa itu film pendek, skenario, dan apa saja struktur dari film pendek itu sendiri.

“Pada dasarnya film pendek cenderung memiliki 3 struktur utama, pertama set-up, kedua konflik, dan ketiga resolusi,” tutur Tumpal.

Ia juga menambahkan, bahwa ketiga hal tersebut harus dikembangkan dengan matang dalam setiap bagiannya. Karena untuk mencapai bagian kedua dan ketiga, set-up menjadi salah satu yang bagian kuat untuk melangkah ke babak berikutnya.

Setelah presentasi berakhir, acara dilanjut dengan sesi tanya jawab oleh para peserta yang menanyakan, bagaimana saat kita mendapatkan ide untuk menulis skenario, tapi waktu dan tempatnya sedang tidak memungkinkan. Jadi, tidak bisa ditulis saat itu juga.

”Tulis saja langsung di handphone garis besar ceritanya, dialog, dan kerangka besarnya, biar tidak lupa. Setelah sempat, baru kamu kembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah cerita yang utuh,” jawab Tumpal.

Di acara kali ini, para peserta yang datang bukan hanya mendapat pengetahuan seputar teknik pembuatan skenario film yang baik dan benar, melainkan dapat melakukan praktik membuat skenario film pendek langsung dari Tumpal Tampubolon.

Selama kurang lebih 2 jam, peserta diajak untuk membuat sinopsisnya terlebih dahulu lalu lanjut membuat skenarionya. Di sini, mereka diajak untuk berpikir kreatif menciptakan sendiri membuat sebuah skenario film.

Menariknya lagi, skenario film yang telah mereka buat langsung di cetak dan ditandatangani oleh Tumpal. Bahkan, sebagian skenario ada yang dipresentasikan ke depan dan dinilai oleh Tumpal dari segi bahasa dan ceritanya.

Nah, itu dia beberapa keseruan yang ada di acara Workshop “Writing Your First Short Film Script” kemarin. Bagi kamu yang belum bisa berkesempatan hadir di event ini, jangan khawatir!

IDS akan mengadakan Open House dan event di bulan berikutnya dengan tema yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan kamu.

Stay tune terus ya di website dan akun media sosial kita untuk tahu informasi selengkapnya mengenai event-event menarik lain yang akan diselenggarakan. Sampai bertemu di event selanjutnya!

 

OPEN HOUSE 15 SETPTEMBER 2018

OPEN HOUSE 15 SEPTEMBER 2

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG