Serunya Mengisi Liburan dengan Membuat Film Bersama IDS | International Design School - IDS | International Design School

Serunya Mengisi Liburan dengan Membuat Film Bersama IDS | International Design School

Pada liburan akhir tahun 2019 kemarin, IDS | International Design School sukses menyelenggarakan Holiday Program yang berlangsung pada tanggal 20-23 Desember 2019 di Sentul, Bogor. Sesuai dengan tema kegiatannya yaitu “Movie Making Adventure”, aktivitas Holiday Program kali ini adalah membuat film sambil berkemah dengan bimbingan mentor film dari IDS | International Design School. Peserta Movie Making Adventure datang dari berbagai kota seperti Bogor, Bandung, Jogja, dan Surabaya. Peserta yang umumnya adalah pelajar SMP dan SMA ini dibekali dengan teori dan praktek seputar membuat film. Dengan mengusung konsep berkemah, aktivitas yang berlangsung selama empat hari ini dibagi menjadi dua tempat. Hari pertama dan kedua di kampus  IDS | International Design School lalu dua hari berikutnya di Sentul.

1

Pada hari pertama dan kedua, peserta saling berkenalan. Setelah itu peserta dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok diberikan materi untuk menulis script yang akan mereka garap setelahnya. Tentu saja peserta diajarkan cara membuat script menggunakan software khusus menulis script.

Pada hari ketiga, aktivitas berpindah ke Sentul. Sesampainya di lokasi camp, peserta menyiapkan alat-alat kebutuhan shooting seperti kamera, laptop, sound, dan lainnya yang sudah disediakan oleh IDS | International Design School. Peserta diajarkan bagaimana menggunakan alat-alat tersebut dan setelah itu peserta mencari lokasi yang cocok dengan naskah yang akan mereka garap. Setelah melakukan observasi lokasi yang pas dan pembagian tugas dalam penggarapan film, proses take video pun dimulai. Cuaca mendung dan hujan  tidak menyurutkan semangat peserta yang antusias mengikuti Movie Making Adventure ini.

2

Puncak keseruan dari Movie Making Adventure adalah aktivitas menjelang istirahat malam. Tentu saja tidak lengkap rasanya jika berkemah tanpa api unggun, bakar jagung dan bersantai sambil akustikan.

Pada hari terakhir, peserta Movie Making Adventure melengkapi pengambilan video yang masih dibutuhkan dalam cerita film mereka. Setelah selesai take, peserta me-review hasil shoot sebelum masuk pada proses editing ke dalam software. Tidak hanya belajar bagaimana mengolah video, tapi peserta juga diajarkan bagaimana mengolah suara-suara yang dibutuhkan dalam film garapan mereka. Setelah proses editing dan rendering selesai, film tersebut siap untuk ditayangkan dan di tonton bersama-sama.

 

Total empat hari ini peserta telah belajar banyak sekali cara membuat film yang seru mulai dari belajar script, take gambar, sound,  editing, hingga finishing. Bahkan film karya peserta ditonton secara bersama-sama sebagai bentuk apresiasi film. Kegiatan ini memberikan pengalaman shooting pada peserta, bagaimana menyiapkan ide cerita, menggunakan alat, mengatur set lokasi dan pengalaman membuat film lainnya.  Bersama tim pengajar dari IDS | International Design School, tentunya peserta mengisi liburan dengan kegiatan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat.

Buat kamu yang belum sempat ikutan keseruan Holiday Program tahun lalu, jangan sampai lewatkan Holiday Program tahun ini ya. Tentunya dengan konsep yang lebih seru lagi. Tunggu informasinya di website dan sosial media IDS | International Design School ya. Sampai jumpa.

Posted in: News