Serunya Tur Kamus Visual Tipografi di Kampus IDS

Serunya Tur Kamus Visual Tipografi di Kampus IDS

Sharing is caring!

Di penghujung bulan Juni lalu, tepatnya pada tanggal 27 Juni 2015, IDS | International Design School kembali kedatangan tamu istimewa, yaitu DGI Press. Divisi penerbitan DGI (Desain Grafis Indonesia) ini hadir di kampus IDS dalam Tur Kamus Visual Tipografi. Dalam rangkaian acara tur buku tersebut, DGI menghadirkan Nikko Purnama Lukman yang merupakan penulis Kamus Visual Tipografi dan penggagas @thedailytype, sebuah jurnal online yang memfitur berbagai tipografi inspiratif dari seluruh belahan dunia.
 
Acara yang dimulai dari jam 1 siang tersebut, diawali dengan seminar yang bertema, “Tipografi Lebih Dari Sekedar Huruf”. Nikko Purnama Lukman, yang juga merupakan pengajar mata kuliah Tipografi di kampus IDS ini, mengajak audiens untuk menelusuri tipografi dan perannya yang besar dalam desain, serta persepsi apa yang dibangun di dalamnya. Nikko pun menghadirkan berbagai studi kasus mengenai peranan tipografi dan berbagai pendekatan eksplorasi yang telah dilakukan oleh berbagai pelaku kreatif.

Nikko juga menceritakan bagaimana masih kurangnya pemahaman masyarakat mengenai tipografi. Mungkin karena istilahnya yang masih asing di telinga masyarakat, sehingga tipografi yang sebenarnya kita temui sehari-hari dalam kehidupan, menjadi kurang pemahamannya di masyarakat. Tak lupa pula Nikko juga menunjukkan sejumlah cuplikan mengenai kunjungannya ke museum-museum huruf yang berlokasi di Berlin, Jerman, yang membuat audiens semakin terdorong untuk mengenal tipografi lebih luas lagi.
 
Seusai seminar, acara pun dilanjutkan dengan kegiatan “Brush Calligraphy Workshop”. Terlihat antusias audiens yang juga menjadi peserta workshop tersebut semakin bertambah. Terdapat dua puluh tiga peserta yang mengikuti workshop yang berasal dari latar belakang usia, pendidikan dan pekerjaan yang berbeda. Semangat dari peserta workshop tidak luntur hingga sore menjelang jam berbuka puasa. Tak lepas dari bimbingan yang Nikko Purnama Lukman berikan, mereka terlihat asik mengeksplorasi seni tipografi, sampai akhirnya memberanikan diri untuk menghasilkan karya tipografinya sendiri di atas paper bag yang telah disediakan.

Begitulah serunya event tur buku Kamus Visual Tipografi di kampus IDS. Kamu sudah punya bukunya belum? Untuk kamu yang belum pernah ikutan event IDS, terus update informasinya melalui twitter @idsEducationcom, facebook fan page IDS Education, serta instagram @idseducationcom. Jangan sampai ketinggalan event IDS dan sampai jumpa di event selanjutnya.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG