Blog

BAGIKAN

Consumer Insight: Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis?

Consumer Insight

Consumer insight atau customer insight merupakan sebuah jalan bagi pelaku bisnis untuk memahami konsumen mereka. Dengan begitu mereka dapat menjalankan serta mengembangkan bisnis dengan baik.

Pernah mendengar istilah, ‘pembeli adalah raja’? Well, kita tidak bisa memungkiri bahwa konsumen merupakan prioritas tertinggi dalam bisnis. Mereka adalah sumber dari suatu organisasi dan alasan keberadaannya.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa pelaku bisnis perlu untuk memperhatikan, memahami, dan memenuhi kebutuhan serta harapan mereka akan suatu produk atau layanan.

Banyak perusahaan telah menambahkan bidang ini dalam bagian perusahaannya. Ini berarti mereka telah menyadari pentingnya consumer insight untuk bisnis.

Untuk memahami consumer insight, IDS | International Design School telah merangkum penjelasan mengenai customer insight untuk membantu kamu memahami pengertian dan juga kegunaannya dalam bisnis.

Consumer Insight

Apa Itu Consumer Insight?

Sebelum memahami customer insight, mari kita telisik pengertian insight terlebih dahulu.

Berdasarkan Cambridge Dictionary, insight berarti (the ability to have) a clear, deep, and sometimes sudden understanding of a complicated problem or situation.

Sejalan dengan hal tersebut, Kamus Bahasa Inggris – Indonesia juga memuat pengertian yang sama, yakni wawasan, pengertian, dan pengetahuan (yang dalam).

Dalam kalimat lain, insight juga diartikan sebagai pemahaman atau keinginan yang besar dampaknya bagi seseorang, bahkan sampai mengubah perilaku orang tersebut (dalam hal ini adalah konsumen).

Consumer insight merupakan proses untuk memahami perilaku, minat, dan pola pikir konsumen saat membeli atau menggunakan suatu produk/layanan.

Dalam proses customer insight ini, pelaku bisnis akan mendapatkan feedback secara tidak langsung dari konsumen yang berguna untuk mengembangkan produk/layanan dengan melakukan inovasi atau perbaikan tertentu.

customer insight, kamu juga akan mengenali konsumen kamu sehingga data tersebut dapat kamu gunakan untuk menentukan iklan yang tepat bagi produk/layanan kamu.

Iklan yang tepat akan menghasilkan hasil yang efektif sehingga pengeluaran iklan tersebut tidak akan merugikan perusahaan dengan anggaran iklan yang percuma.

Apa Pentingnya Consumer Insight?

Consumer insight bermanfaat bagi perkembangan bisnis jangka panjang. Bagaimana bisa begitu?

Ambil contoh dari pengakuan salah satu perusahaan besar di dunia, Microsoft. Mereka telah menggunakan consumer insight dan berhasil melampaui bisnis kompetitor sebesar 85% dalam peningkatan daya jual.

Berdasarkan dari User Testing, berikut adalah manfaat dari consumer insight:

  • Dengan consumer insight pelaku bisnis dapat membuat persona dan customer journey map yang detail
  • Dapat mengungkap faktor sosial dan budaya yang seringkali diabaikan dalam melihat keputusan pembelian konsumen
  • Memfasilitasi strategi pemasaran yang disesuaikan dan berpusat pada konsumen
  • Memungkinkan brand untuk membuat keputusan berdasarkan data demi masa depan bisnis
  • Memungkinkan pelaku bisnis mengalokasikan dan membenarkan anggaran di berbagai saluran bisnis
  • Memastikan pelaku bisnis siap untuk beradaptasi dengan perubahan tren pembelian

Consumer Insight

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Consumer Insight?

Setelah memahami konsep customer insight, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengoptimalkannya? Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu gunakan:

  1. Riset konsumen

Riset konsumen dapat kamu lakukan lewat berbagai cara, seperti melakukan survey online maupun offline, menelepon secara langsung, atau mengadakan focus group discussion (FGD).

  1. Mengumpulkan data

Data dapat kamu kumpulkan dengan mudah. Kamu dapat menggunakan insight dari media sosial, e-commerce, atau melalui Google Analytics. Dari sana kamu dapat mengetahui minat, perilaku, dan pola pikir konsumen dalam melihat dan membeli produk atau layanan kamu.

  1. Manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran dapat membantu kamu untuk mengetahui efektivitas promosi atau iklan yang telah kamu jalankan untuk suatu produk.

  1. Consumer feedback

Feedback atau umpan balik dari konsumen dapat digunakan oleh pelaku bisnis dalam mengambil keputusan terkait penerapan kampanye pemasaran. Mintalah feedback dari konsumen menggunakan saluran yang bersifat personal, seperti media sosial atau email.

Penutup

Demikian penjelasan IDS | International Design School mengenai konsep consumer insight. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengetahui dan memahaminya dengan baik. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan mengenai pemasaran bisnis atau yang terkait dengannya, kamu dapat mengikuti Short Course Digital Marketing bersama IDS, yuk daftarkan dirimu segera!

JOIN NOW!