Blog

BAGIKAN

10 Contoh Infografis Kreatif Untuk Menarik Konsumen

Infografik

Kamu tahu tidak? Kalau saat ini infografis menjadi media yang umum digunakan untuk strategi marketing. Berikut ini adalah contoh infografis kreatif untuk membantu kamu menarik konsumen.

Namun, terlepas dari banyaknya keuntungan yang didapat, penggunaan infografis sebagai media pemasaran tidak difungsikan sebaik mungkin. 

Hal tersebut bisa jadi karena kurangnya perancang tim pemasaran atau kapasitas yang tidak memadai untuk merancang atau menggunakan infografis sebagai alat kampanye.

Terlepas dari tantangan dalam merancang infografis, kami percaya jika usaha tersebut akan tetap sepadan. 

Tidak hanya feed sosial media mu yang bakal menonjol, meningkatkan visibilitas dalam pencarian, menjaring lebih banyak calon pembeli, tetapi menggunakan infografis juga akan menyampaikan pesan lebih baik dari brand yang kamu miliki. 

Cek 10 contoh infografis kreatif untuk diterapkan dalam bisnis di bawah ini!

  1. Berikan dimensi yang tepat untuk ukuran data

Dalam infografis bobot info tidak bisa dibebankan pada angka saja.

Sebuah infografis kreatif oleh D’Efilippo menggunakan bunga poppy untuk merepresentasikan jumlah kematian akibat perang sejak abad ke-20. Dipresentasikan pada sebuah “standalone website,” pengguna dapat menggulir ke bawah, melakukan zoom pada periode waktu tertentu untuk memvisualisasikan suatu peristiwa secara terpisah.

Jenis desain ini membuat kesan yang lebih besar kepada audiens tentang ukuran dan konsekuensi data yang sebenarnya.

Contoh: Poppy Field by Valentina D’Efilippo.

Kamu bisa mengadopsi cara ini untuk membuat infografis interaktif berbasis data, yang mendorong calon pelanggan memahami sepenuhnya dampak kegiatan mereka.

Contohnya, sebuah pabrik dapat merancang infografis mengenai rantai pasokan dengan cara yang sama, baik yang mewakili pertumbuhan sepanjang sejarah atau sebuah poin data yang disebar pada peta interaktif.

Dengan mengubah data menjadi aset interaktif, kamu sudah meningkatkan keterlibatan dan membantu proses pembelajaran dengan pengalaman “langsung.”

  1. Melibatkan Visual Storytelling

Dalam desain, Trobaugh mendesain “sandwich B2B” untuk memamerkan semua penemuan industri yang membuat sajian makan siang tersebut terlihat sempurna.

Dengan menampilkan penemuan di balik setiap bahan, infografis tersebut berusaha mencapai tujuannya untuk membuktikan bagaimana perusahaan B2B memiliki kehadiran yang sangat penting untuk barang-barang modern yang kita anggap remeh.

Contoh: B2B Sandwich by Scott Trobaugh.

Untuk menerapkannya pada bisnis, cobalah buat sebuah metafora/analogi untuk menyampaikan kelebihan merek milikmu.

Dengan cara ini, pembaca akan jauh lebih mudah memahami topik tersebut.

Karena sandwich adalah makanan yang begitu akrab, ia bertindak sebagai pintu gerbang ke salinan lainnya, yang merinci penemuan B2B dan asal-usulnya.

  1. Uraikan Data Ilmiah

Sebuah data memang persuasif, tetapi mendorong poin yang kamu miliki jadi lebih baik jika digabungkan dengan ilustrasi.

Pada infografis ini, terdapat 13 alasan yang didukung dengan data membuat nada meyakinkan tentang keefektifan media ini.

Ikon dan salinan nya jelas, membuatnya dapat dibagikan dan merupakan contoh branding yang bagus oleh studio.

Contoh: 13 Scientific Reasons On Why You Crave Infographics by NeoMam Studios.

Infografik

  1. Dorong Dampak Dengan Kompleksitas 

Infografis satu ini berasal langsung dari buku Where’s Waldo – dan itulah mengapa hal tersebut sempurna.

Dari pertama kali mendengarnya, mungkin kita langsung membayangkan betapa ada banyak hal yang harus diterapkan, tetapi itu mewakili kompleksitas penerbitan buku, yang dengan jelas menandai semua langkah yang diambil sebelum menyentuh rak buku yang dituju.

Dengan menambah panah dalam desain, mudah untuk memahami.

Kesederhanaan sering disebut-sebut sebagai praktik terbaik untuk mendorong keterlibatan, tetapi terkadang menarik pembaca dengan visual yang unik merupakan cara untuk membuat infografis akan muncul dari hal-hal biasa di feed mereka.

Jadi, jika kamu memiliki subjek yang kompleks, pertimbangkan untuk membuat infografis rumit yang melibatkan pembaca dari awal hingga akhir.

Contoh: How Books Are Made At Webcrafters Inc by Funnel Incorporated.

Sebagian besar perusahaan, terutama B2B, memiliki proses produksi yang kompleks yang akan sangat cocok bila menerapkan infografis seperti ini.

Dengan menunjukkan bagaimana kamu membuat produk, kamu akan membuktikan upaya yang diperlukan dan nilai dari sebuah layanan.

  1. Ajarkan 101 Dalam Beberapa Menit

Infografis satu ini menampilkan rincian bahasa pemrograman paling populer untuk pemula, termasuk SQL, Java, PHP, dan C++.

Yang dapat berfungsi sebagai aset besar bagi siswa dan orang-orang yang memasuki area ini, dengan kesimpulan untuk sumber belajar lebih lanjut.

Contoh: Beginning To Code by WhoIsHostingThis? 

Pada bisnis, infografis seperti ini dapat menunjukkan otoritas dengan mengajari para pendatang baru menggunakan infografis yang mudah dibagikan.

Konten seperti 101 sangat berguna untuk pasar mana pun, dan infografis ini sangat ideal untuk iklan media sosial, serta konten SEO pada tahap awareness.

  1. Promosikan Produk Anda

Dalam infografis ini, Tower Electric Bikes menunjukkan tempat bersepeda paling aman di Amerika dengan skema warna dan penilaian yang sederhana.

Dengan cara ini, merek mengambil sikap terhadap perencanaan kota yang ramah sepeda, tetapi juga mempromosikan produknya sebagai pilihan bagi orang-orang yang mempercayai hal tersebut. Cara ini adalah contoh cerdas dari konten yang mempromosikan merek melalui konten edukatif.

Contoh: The Most And Least Bike-Friendly Cities In America by Tower Electric Bikes. 

Untuk aspek bisnis gunakanlah sebuah penelitian untuk mendukung argumenmu kemudian sisipkan bahwa produk yang kamu miliki adalah solusi dari masalah sosial.

Ketika orang melihat produkmu bermanfaat untuk “gambaran yang lebih besar”, yang juga akan membantu tujuan Corporate Social Responsibility (CSR) dan meningkatkan kesadaran merek.

  1. Ketuk Ke Budaya Pop

Digit mempromosikan infografis ini dengan “cost to a good time” berdasarkan pada empat lagu dari genre yang berbeda (rap, pop, rock, dan country) untuk menunjukkan perbedaan pengeluaran berdasarkan gaya hidup.

Dengan referensi pop, Digit menunjukkan nilai uang dan biaya yang berbeda dari “good time” (dari $323 hingga lebih dari 1 miliar) dalam empat lagu populer – cara sempurna untuk mempromosikan aplikasi penganggaran dan investasi.

Contoh: A Lyrical Good Time by Digit.

Dengan menggunakan cara ini dapat membuat produk terasa dekat dengan menakutkannya ke referensi atau tren budaya pop. Sehingga memicu keakraban dan membuat infografis mu jauh lebih menarik.

  1. Tunjukkan Cara Kerja 

Kebanyakan orang tidak tahu apa yang terjadi di bawah kap mobil, jadi kenapa kita tidak mencoba memperlihatkan cara kerjanya dalam infografis?

Desain animasi ini memecah mesin mobil ke dalam beberapa bagian, menjelaskan bagaimana oli, bahan bakar, piston, dan lainnya membuat kendaraan bergerak.

Contoh: How A Car Engine Works by Animagraffs.

Untuk menerapkannya pada bisnismu, tunjukkan bagaimana cara kerja  produk kamu “di balik layar” kemudian dorong keterlibatan dengan mengajarkan kompleksitas di balik proses tersebut.

Bentuk infografis satu ini mungkin mirip dengan infografis nomor 4, namun, tidak seperti grafik penerbitan buku yang rumit, kompleksitas motor dapat diubah menjadi animasi yang mudah dipahami.

Infografik

  1. Laporan yang Mudah Dicerna

Untuk menampilkan temuan terpenting dari laporan mereka dengan 3000 pemimpin bisnis dan TI, platform manajemen data Veeam merancang infografis ini dengan data yang mudah dilihat dengan ilustrasi yang unik.

Menyajikan poin utama data dengan cara ini, dengan tautan di bagian bawah untuk laporan yang lebih lengkap, membuat informasi lebih mudah dibagikan di media sosial juga sebagai magnet utama untuk menarik perhatian terhadap penelitian yang menentukan industri ini.

Tanpa infografis kreatif, Veeam tidak akan memiliki pintu gerbang yang cocok untuk apa yang seharusnya menjadi data kering (namun penting).

Contoh: 2022 Top Trends In Data Protection by Veeam.

Kamu bisa menggunakan infografis seperti ini untuk menyajikan laporan bisnis triwulanan/tahunan dengan infografis agar dapat dibagikan di media sosial.

Metode ini dapat meningkatkan engagement karena saluran media sosial memprioritaskan gambar daripada teks biasa. Juga sebagai pemancing untuk pembaca agar mengunduh laporan yang lengkap.

  1. Sebuah Inspirasi dan ajakan

PlanGrid merancang infografis yang menunjukkan bagaimana aplikasi seluler mendorong produktivitas dalam upaya mendigitalkan industri konstruksi.

Grafiknya mengikuti format sebagai berikut:

  • Masalah: penurunan produktivitas dalam 57 tahun terakhir.
  • Solusi: berbagai kegunaan untuk aplikasi seluler.
  • Bukti sosial: statistik perusahaan konstruksi berbasis teknologi.

Skema ini dapat membangkitkan keinginan audiens untuk mengambil tindakan, dengan format yang terkenal oleh publik dan ajakan bertindak pada akhir infografis untuk mengunjungi situs web PlanGrid untuk aplikasi bisnis seluler.

Contoh: Building The Future With Mobile Construction Apps by PlanGrid.

Kamu dapat mengikuti formula “masalah, solusi, bukti sosial” dalam infografis yang kamu sendiri untuk mempromosikan produk kamu dan membuat audiens memahami masalah mereka sendiri.

Bukti sosial pada akhirnya mengunci kesepakatan, membuktikan bahwa produk mu dapat dipercaya dengan data atau testimonial.

Ini adalah infografis kreatif yang baik untuk menjaga irama, karena dapat mempersiapkan audiens menuju penawaran, dan bahkan memberikan peluang untuk panggilan penjualan cepat.

Apakah kamu menemukan inspirasi infografis yang sesuai dengan jenis bisnismu? 

Kalau kamu merasa belum cukup hanya dengan membaca artikel ini mengenai contoh infografis kreatif dan ingin mempelajari lebih jauh bagaimana menyajikan sebuah informasi ke dalam infografis dengan desain yang menarik, IDS | International Design School membuka sekolah desain. IDS adalah tempat yang tepat untuk mempelajari desain ataupun ilustrasi. Diajar oleh orang-orang terpilih akan membuatmu melangkah lebih dekat menuju impian. You ‘r already in your track, Gorgeous.

Sumber: searchenginejournal.com

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer