Blog

BAGIKAN

10 Drawing Tablet Terbaik untuk Desainer Grafis: Pilihan Utama dalam Menciptakan Karya yang Mengesankan

drawing tablet

Ada banyak seniman kreatif di dunia konten yang menghasilkan gambar-gambar yang menakjubkan. Selain bakat dan teknik, mereka juga dibantu oleh drawing tablet dan peralatan lain yang sangat baik. Tidak semua peralatan yang bagus harus mahal, karena ada drawing tablet terbaik dan terjangkau yang memiliki fitur menarik.

Jika kamu baru memulai atau sedang mencari peralatan baru, Kamu dapat melihat rekomendasi berikut. Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang gadget terbaik yang dirilis oleh Samsung dan Apple. Namun, tidak ada salahnya untuk melihat merek lain yang juga memiliki teknologi yang hebat.

Mengenal Jenis Drawing Tablet

jenis drawing tablet

Drawing tablet, juga dikenal sebagai graphic tablet atau pen tablet, adalah perangkat keras yang digunakan oleh desainer grafis, seniman digital, dan hobi gambar untuk membuat karya seni digital dengan menggunakan stylus khusus. Drawing tablet memungkinkan pengguna untuk menggambar, melukis, atau mengedit gambar langsung di permukaan sensitif tekanan yang mirip dengan kertas.

Ada beberapa jenis drawing tablet yang umum digunakan, termasuk:

  1. Graphic Tablet Tanpa Layar:
    Jenis ini terdiri dari sebuah tablet datar yang harus dihubungkan ke komputer. Pengguna melihat tampilan pada monitor dan menggunakan stylus untuk menggambar di permukaan tablet. Grafik tablet tanpa layar ini lebih ringkas dan terjangkau dibandingkan jenis lainnya.
  2. Graphic Tablet dengan Layar:
    Jenis ini memiliki layar terintegrasi di atas permukaan tablet, sehingga pengguna dapat melihat langsung gambar yang mereka buat saat mereka menggambar. Hal ini memberikan pengalaman yang lebih mirip dengan menggambar di atas kertas dan memungkinkan kontrol yang lebih presisi.
  3. Tablet Hybrid atau 2-in-1:
    Tablet ini merupakan perpaduan antara drawing tablet dengan layar dan tablet komputasi yang dapat digunakan sebagai perangkat mobile. Mereka memiliki kemampuan touchscreen dan dapat digunakan untuk menggambar serta menjalankan aplikasi desain grafis di atasnya.
  4. Graphic Tablet Stand Alone:
    Jenis ini adalah graphic tablet mandiri yang memiliki sistem operasi sendiri dan dapat berfungsi secara independen tanpa perlu dihubungkan ke komputer. Mereka umumnya dilengkapi dengan aplikasi desain grafis yang kuat dan memungkinkan pengguna untuk membuat karya seni di mana saja.

Pemilihan jenis drawing tablet tergantung pada preferensi, kebutuhan, dan anggaran pengguna. Yang paling penting adalah memastikan bahwa tablet memiliki sensitivitas tekanan yang baik, resolusi yang tinggi, dan kompatibilitas dengan perangkat dan perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung kreativitas pengguna.

Rekomendasi Drawing Tablet Terbaik

Jika kamu sedang mencari drawing tablet baru, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang dapat Kamu pertimbangkan. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu!

  1. Wacom Intuos Pro: 

Wacom Intuos Pro

Salah satu brand paling populer di industri ini, Wacom Intuos Pro menawarkan sensitivitas tekanan tinggi, presisi akurasi, dan dukungan gestur multi-touch yang canggih.

  1. Huion Kamvas Pro 24: 

Drawing tablet dengan layar berukuran besar dan resolusi tinggi yang memberikan pengalaman menggambar yang nyaman dan detail.

  1. XP-Pen Artist Pro 16: 

XP-Pen Artist Pro 16

Dilengkapi dengan layar sentuh Full HD, pen tilt recognition, dan respon pensil yang akurat, XP-Pen Artist Pro 16 merupakan pilihan yang baik untuk desainer grafis.

  1. Apple iPad Pro (dengan Apple Pencil): 

Apple iPad Pro

Jika kamu mencari opsi mobile, iPad Pro dengan Apple Pencil memberikan pengalaman menggambar yang menakjubkan dengan layar retina berkualitas tinggi dan responsif.

  1. Samsung Galaxy Tab S7+: 

Samsung Galaxy Tab S7+

Tablet ini dilengkapi dengan S Pen yang responsif dan presisi tinggi serta layar Super AMOLED yang indah, cocok untuk desain grafis on-the-go.

  1. Gaomon PD1560: 

Gaomon PD1560

Memiliki layar IPS 15,6 inci, Gaomon PD1560 memberikan pengalaman menggambar yang realistis dengan sensitivitas tekanan yang tinggi dan resolusi yang tajam.

  1. Microsoft Surface Pro 7: 

Microsoft Surface Pro 7

Perangkat 2-in-1 yang kuat ini dilengkapi dengan Surface Pen yang presisi dan mengagumkan, cocok untuk desain grafis dan kreativitas sehari-hari.

  1. Parblo Coast13: 

Parblo Coast13

Drawing tablet yang ringkas dengan layar HD 13,3 inci dan resolusi tinggi, Parblo Coast13 menawarkan kualitas gambar yang luar biasa dengan tingkat responsif yang tinggi.

  1. Lenovo Yoga Book: 

Lenovo Yoga Book

Kombinasi antara tablet dan laptop dengan Wacom EMR Pen, Lenovo Yoga Book memberikan pengalaman menggambar yang unik dan intuitif.

  1. Veikk VK1560: 

 

Drawing tablet dengan layar HD 15,6 inci, Veikk VK1560 menawarkan presisi yang tinggi, sensitivitas tekanan yang baik, dan pengalaman menggambar yang nyaman.

Pastikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang spesifikasi, fitur, dan harga untuk memilih drawing tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu.

Tertarik untuk belajar tentang desain grafis? Bergabunglah dengan program Digital Design & Illustration di International Design School (IDS)!

banner college

Program ini dirancang untuk mengajarkan mahasiswa tentang integrasi pola pikir kreatif, estetika desain, pembuatan ilustrasi, dan strategi komunikasi. Fokus pembelajaran mencakup desain untuk media cetak dan digital. Kamu akan mempelajari tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, warna, serta desain berbasis pengguna seperti design thinking, UI & UX. Selain itu, Kamu akan diberikan pengetahuan tentang kebutuhan bisnis agar siap bekerja di industri kreatif atau startup.

IDS menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa dalam mendesain. Kamu akan diajarkan menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, After Effects, dan XD untuk praktik dan tugas-tugas yang diberikan.

College Program

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree