Blog

BAGIKAN

10 Fakta Animasi yang Menarik untuk disimak


Animasi merupakan teknik di mana gambar dimanipulasi untuk menampilkan gambar yang bergerak. Dalam animasi konvensional, gambar digambar atau dilukis dengan tangan pada lembaran seluloid transparan untuk kemudian difoto dan dipamerkan dalam film. Saat ini, sebagian besar animasi dibuat dengan Computer-Generated Imagery (CGI) dan ada banyak fakta animasi yang belum kita ketahui. Animasi komputer dapat berupa animasi 3D yang detail, sedangkan animasi komputer 2D (yang mungkin terlihat seperti animasi konvensional) dapat digunakan untuk bergam alasan gaya, bandwidth yang rendah, atau rendering real-time yang lebih cepat.

Ada banyak fakta menarik terkait dengan animasi, seperti yang akan kita bahas berikut ini

  1. Tahukah Kamu Kalau Lampu Dari Pembukaan Pixar Memiliki Nama?

Studio animasi Pixar, sering disebut sebagai Pixar saja, adalah studio animasi komputer asal Amerika yang dikenal karena kesuksesan film animasi komputernya secara kritis dan komersial. Pixar berbasis di Emeryville, California, dan merupakan anak perusahaan dari Walt Disney Studios yang termasuk ke dalam The Walt Disney Company. Film-film Pixar menggunakan lampu yang bergerak dan melompat-lompat di atas huruf-huruf ‘PIXAR’ sebagai maskotnya.

Tahukah kamu kalau lampu ini memiliki nama?

Namanya adalah Luxo Junior. Nama tersebut juga merupakan judul dari film animasi pendek yang dirilis pada tahun 1986, di mana Luxo Junior adalah karakter utamanya yang bermain-main dengan bola.

Luxo Sr, lampu meja besar yang menyala, melihat bola kuning menggulung ke arahnya kemudian mendorongnya menjauh. Ketika bola itu berbalik lagi ke arahnya, ia menyadari bahwa putranya, Luxo Jr., menggunakannya untuk bermain dengannya.

  1. Mickey Mouse Memiliki Musuh

Adalah Mortimer Mouse, tikus antropomorfik, saingan lama Mickey Mouse yang digambarkan sebagai seorang yang arogan, bejat, tetapi karismatik. Mortimer memulai debutnya dalam film pendek pada tahun 1936, sebagai musuh Mickey, di mana ia bersaing mendapatkan kasih sayang Minnie Mouse melawan Mickey Mouse yang cemburu.

Dengan tubuh yang tinggi, ramping, dan kepribadian yang sombong, Mortimer adalah kebalikan dari Mickey yang gagah dan tulus. Meskipun Mickey’s Rival adalah satu-satunya penampilan Motimer di film pendek teatrikal, Mortimer dihidupkan kembali di awal tahun 2000-an dengan peran penting dalam Mickey Mouse Works dan House of Mouse, di mana ia menciptakan slogannya, “Ha-cha-cha!”.

  1. Tahukah kamu, ada kondisi psikologis untuk Karakter-karakter Disney?

Sindrom Peter Pan

Peter Pan adalah anak laki-laki yang tidak akan tumbuh dewasa. Apakah ada seseorang dalam hidupmu yang seperti itu? Kalau begitu, mereka mungkin mengalami sindrom Peter Pan. Sindrom ini tidak diakui secara resmi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa sindrom ini memang ada. Sindrom Peter Pan ditandai dengan ketidakdewasaan emosional dan keengganan untuk mengambil tanggung jawab. Laki-laki lebih mengalami sindrom ini daripada wanita (yang mungkin mengalami ‘Sindrom Wendy’, bertindak seperti ibu bagi pasangannya dan orang lain).

Sindrom Putri Tidur

putri tidur

Putri Tidur adalah kisah tentang gadis berusia 16 tahun yang jarinya tertusuk benang pintal lalu tertidur lelap, dan hanya dapat dibangunkan oleh ciuman pangeran bertahun-tahun kemudian. Putri Tidur di dunia nyata mungkin menderita Sindrom Kleine-Levin, gangguan neurologis langka yang ditandai dengan periode tidur yang berlebihan dan perubahan perilaku. Selama episodenya, penderita sindrom ini menjadi sangat mengantuk dan tidur hampir sepanjang siang dan malam. Mereka hanya akan bangun untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Episode tersebut dapat berlangsung hingga berbulan-bulan, menghambat kemampuan mereka untuk bekerja atau bersekolah.

Sindrom Rapunzel

“Rapunzel, Rapunzel, turunkan rambutmu!” Tapi jangan memakannya. Sindrom Rapunzel adalah sebuah gangguan usus yang diakibatkan oleh orang yang memakan rambut, kelainan yang disebut dengan trikofagia. Mereka menelan begitu banyak, selama bertahun-tahun, hingga kemudian menghasilkan bola rambut raksasa di perut atau usus kecil yang disebut dengan trichobezoar. Terkadang, rambut-rambut tersebut dapat membungkus organ dan menyebabkan perforasi. Organ manusia tidak dapat mencerna rambut, jadi trichobezoar harus diangkat melalui pembedahan. Sindrom Rapunzel sangat jarang terjadi, hanya ada sekitar 24 kasus yang dilaporkan. Kalau kamu punya perut yang lemah, sebaiknya jangan mencari gambar bola-bola rambut itu di internet.

Bambi Complex

bambi

Bambi, merupakan seekor rusa kecil lucu yang ibunya tertembak dan terbunuh. Bambi juga merupakan nama dari kompleks yang tidak diakui secara resmi ini. Orang-orang dengan Bambi Complex sangat sentimental dan simpatik terhadap kehidupan alam liar dan satwa liar. Mereka memiliki perasaan yang kuat terhadap perburuan, pengendalian kebakaran, dan perlakuan tidak manusiawi lainnya terhadap hewan, terutama yang lucu seperti Bambi si rusa.

Cinderella Complex

cinderella

Siapa yang tidak kenal Cinderella? Dia dipaksa untuk mengerjakan pekerjaan rumah, sementara ibu dan saudara tirinya pergi ke pesta dansa di istana. Seseorang, biasanya wanita, dengan Cinderella Complex sangat bergantung pada laki-laki secara emosional dan finansial. Cinderella Complex juga dicirikan dengan keinginan untuk diselamatkan dan bergantung pada Pangeran Tampan. Cinderella Complex tidak diakui sebagai gangguan psikologis secara resmi. Istilah Cinderella Complex diciptakan pada tahun 1981 oleh Collete Downing, yang menulis The Cinderella Complex: Women’s Hidden Fear of Independence (Cinderella Complex: Ketakutan Wanita Terhadap Kemandirian). Buku ini tidak hanya menerangkan Cinderella Complex, tetapi juga membantu pembaca untuk memahami mengapa mereka dapat merasakannya.

  1. Kenapa Karakter Kartun Hanya Punya 4 Jari, dan Bukan 5?

Sebelum menggunakan komputer, animator menggambar kartun secara manual dengan tangan. Karakter kartun selalu merupakan versi dari dunia nyata yang disederhanakan, dan 4 jari sudah cukup untuk membuat tangan mereka tidak terlihat aneh ketika digunakan untuk memegang gelas, mengemudi, dan lain sebagainya, sedangkan 3jari atau 2 jari akan terlihat tidak biasa. Menggambar karakter kartun juga dapat menghemat banyak waktu dalam membuat animasi, sehingga sekarang hal itu sudah menjadi kesepakatan dan menjadi tradisi.

  1. Efek Pikachu

Pada tahun 1997, lebih dari 700 anak-anak di Jepang membutuhkan bantuan medis setelah menonton film animasi yang berdasarkan dari game Nintendo, Pocket Monsters. Mereka mengalami kram, dan para ahli mengaitkannya dengan efek dari binar cahaya 5 detik di mata Pikachu setelah adegan ledakan.

  1. Ariel dari Little Mermaid Memiliki Pasangan di Dunia Nyata

Ariel dan Pangeran Erik memiliki teman-teman di dunia nyata atau “model referensi animasi” yang membantu mengurutkan storyboard yang akan mereka lakukan sebagaimana suara trek audio untuk urutan pre-rekaman.

  1. Ada Model yang Menstimulasikan Animasi di Depan Matamu

Animasi tidak terbatas hanya pada layar atau halaman. Kamu benar-benar bisa menjangkau dan meraihnya dengan salah satu zeotrop yang telah dirancang secara khusus.

Zeotrop pada dasarnya adalah serangkaian model yang dapat berputar. Model-model itu disusun dalam sebuah cincin yang kemudian diputar dan disorot oleh lampu. Setiap model mewakili ‘bingkai’ animasi dan sorotan lampunya memungkinkan kamu untuk melihatnya menjadi hidup di depan matamu. Coba lihat zeotrop dari Studio Ghibli dan Pixar yang luar biasa ini:

 

  1. Lady and The Tramp Terinspirasi dari Anjing Asli Bernama Lady

Pada tahun 1937, penulis Disney, Joe Grant, menunjukkan kepada Walt Disney beberapa sketsa yang dibuatnya tentang Lady, anjing Springer Spaniel miliknya. Walt terkesan dan mendorong Joe untuk membuat storyboard lengkap. Seperti cerita fiksinya, Lady di kehidupan nyata sedang belajar bagaimana menghadapi bayi baru pemiliknya, yang menjadi inspirasi plot cerita Grant.  Pada akhirnya, Walt tidak senang dengan jalan ceritanya, dan ide tersebut dibatalkan. Beberapa tahun kemudian, Disney menemukan sebuah cerita oleh Ward Greene di Cosmopolitan berjudul, “Happy Dan, the Whistling Dog”. Dia percaya kalau dua cerita digabungkan menjadi satu menciptakan cerita yang lebih kuat, maka ia meminta Greene untuk membuatnya.

  1. Popeye – Sumber Motivasi

Satu fakta menarik dari Popeye adalah bahwa ia diciptakan selama masa Krisis Malaise (Inggris: Great Depression). Popeye dibuat untuk mendorong orang-orang untuk memakan bayam karena kandungan zat besinya yang tinggi sebab orang tidak mampu membeli daging pada masa itu.

  1. Animator ‘How to Train Your Dragon’ Harus Menghadiri Sekolah Penerbangan Selama Produksi

Studio Animasi Dreamworks mengambil langkah jauh untuk membuat naga mereka tampak senyata mungkin. Untuk dapat terbang di langit, sayap saja tidaklah cukup. Jadi, semua animator yang mengerjakan proyek ini dikirim ke sekolah penerbangan resmi selama produksi film. Program ini dibuat untuk mereka mempelajari fisika penerbangan dan gerakan makhluk berbeda agar tampak nyata. Program itu merupakan program asli dan bahkan setiap anggota mendapatkan ijazah.

Banner Webinar 229
Fast Track to International Degree