Blog

BAGIKAN

10 Ide Kreatif Digital Marketing Untuk Bisnis Lokal

digital marketing

Dengan segala yang serba digital sekarang ini, tidak ada salahnya untuk melakukan pemasaran secara digital atau digital marketing. Apalagi untuk saat ini yang serba teknologi dan instan semua nya. 

Tapi apa yang bisa kita lakukan dengan melakukan promosi secara digital dengan modal yang sedikit bahkan cenderung pas-pasan? Dibawah ini adalah 10 ide kreatif digital marketing untuk bisnis lokal mu secara online. 

Bagaimana caranya kamu bisa menemukan coffee shop favorit, restoran, atau toko antik?

Mungkin temanmu menunjukkannya ke kamu, atau mungkin kamu hanya melihat tanda yang bagus dan berniat untuk datang sekali. Atau bisa juga kamu melihat salah satu iklan yang menarik sehingga kamu menjadi tertarik untuk datang. 

Satu iklan media sosial atau postingan blog dari influencer dapat melakukan keajaiban untuk sebuah bisnis lokal.

Namun, ada masalahnya: untuk bisnis lokal, seringkali lebih sulit untuk menemukan anggaran untuk kegiatan pemasarannya. Ya bisa kita ketahui berapa besar untung dari sebuah bisnis lokal bukan.

Mereka sering tidak memiliki uang atau budget untuk melakukan periklanan komersial. Berbeda dengan perusahaan besar yang banyak memiliki uang untuk melakukan promosi. 

Padahal, pemasaran tidak harus mahal. Kamu hanya perlu lebih kreatif dengannya.

Dalam artikel ini, kami berharap dapat menginspirasi Anda dengan ide pemasaran digital atau digital marketing yang dapat diterapkan oleh bisnis lokal dengan anggaran yang lebih kecil atau bahkan gratis!

  1. Lakukan kolaborasi dengan influencer lokal 

Kamu mungkin tidak memiliki budget atau uang yang cukup untuk membeli sebuah promosi dari seorang influencer instagram dengan followers 1 juta, tapi influencer lokal bisa menjadi sangat efektif dalam melakukan pemasaran. 

Dan siapa kandidat yang lebih baik untuk berkolaborasi selain blogger atau pakar industri yang tinggal di daerah Anda?

Masalahnya, bagaimana Anda menemukan influencer seperti itu? Pencarian Google sederhana tidak akan berhasil kemungkinan akan menunjukkan akun yang lebih besar dan nama yang lebih populer lagi dan bukan blogger lokal.

Selain itu, sulit untuk membuat Google fokus pada kota tertentu untuk tugas ini. Yang Anda butuhkan di sini adalah mempelajari tentang  perangkat lunak sosial media

Alat tersebut dapat menemukan akun dengan jumlah pengikut tertentu yang membicarakan topik tertentu.

Selain itu, Anda dapat memilih kota Anda di pengaturan untuk memastikan Anda hanya mendapatkan hasil yang relevan.

Anda dapat memfilter hasil pencarian Anda dengan jumlah pengikut minimum dan maksimum dan melihatnya melalui profil.

Pilih orang yang menurut Anda cocok dan jangan ragu untuk mengontak mereka dan jalin kerja sama. 

Kamu bisa mengajak mereka ke toko atau store kamu dan memberi mereka produk gratis dengan tour atau melihat lihat toko anda.

Ini adalah kerjasama yang saling menguntungkan. Kamu membantu mereka membuat konten, dan mereka meningkatkan penjualan brand mu dengan menghubungkan toko atau store kamu dengan audiens mereka.

Mungkin ada blogger yang menjadi pengunjung tetap dan suka membeli produk di store kamu dan kamu bahkan tidak menyadarinya.

Jika seperti, itu merupakan hal yang menguntungkan bagi kamu karena kamu dapat mengajak kerja sama influencer tersebut dengan mudah dan tentunya murah. 

  1. Narasikan bisnis kamu secara lokal

Orang orang menyukai cerita!

Itu mungkin salah satu bagian terpenting dari pengalaman manusia membuat dan mengkonsumsi cerita. Kamu dapat membuat cerita seputar brand mu agar lebih mudah diingat.

Buat sebuah karakter yang akan selalu duduk di kafe kamu di kursi tertentu dengan minuman khasnya, atau buat anekdot indah tentang gedung atau gedung yang merupakan tempat bisnis kamu.

Terkadang Anda bahkan tidak perlu mengarang semuanya Anda dapat melakukan sedikit riset tentang sejarah kota dan menemukan beberapa cerita yang tak terduga dan menarik.

Bicaralah dengan sejarawan lokal, kunjungi arsip dan museum, dan mungkin kamu akan menemukan sesuatu yang akan membawa kamu ke lebih banyak klien. Setelah kamu memiliki narasi, masukkan ke dalam brand kamu.

Contoh: Nicholas Saputra pernah minum kopi disini.

Tambahkan ke deskripsi di situs web, media sosial, dan situs ulasan yang kamu kelola. Buat postingan media sosial dan postingan blog yang mengacu pada cerita ini. Pastikan kamu benar benar meng postingan nya dengan sangat baik agar orang orang dapat mengingatnya dengan baik. 

  1. Buat pencarian konten yang ramah tentang kotamu

SEO lokal adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pertama, Anda membawa lebih banyak pengunjung ke situs web mu, lalu kamu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung pejalan kaki di toko Anda.

Namun, itu adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap bisnis jadi sebenarnya itu bukan sebagai ide pemasaran yang kreatif.

Masalahnya, bisnis cenderung mengoptimalkan situs web mereka untuk permintaan yang paling jelas; contoh ”Belanja kebutuhan pokok mu di alfamart”

Konten yang dibahas disini lebih bersifat menghibur. Tujuannya adalah untuk memberitahu penduduk setempat dan pengunjung tentang kota mu dan sekaligus mempromosikan bisnis mu.

Kedua tujuan tersebut harus ditampilkan dalam postingan, artikel, atau video media sosial yang kamu kelola.

Misalnya, artikel tentang lima tempat kopi teratas di daerah mu akan menjadi cara yang bagus untuk menyebutkan bisnis kamu secara menarik dan memberi nilai kepada calon pelanggan.

Tentu saja, kamu tidak ingin mempromosikan pesaing kamu juga bukan, jadi pilihlah topik yang memungkinkan untuk mewakili bisnis yang berbeda.

Misalnya, kamu dapat membuat artikel tentang tempat kencan yang menakjubkan yang dapat menampilkan kafe, museum, dan tempat wisata dalam satu daftar dan memastikan bahwa hanya restoran mu yang disebutkan di dalamnya.

Berpikir tentang waktu adalah yang terbaik.

Marketing liburan adalah yang paling efektif untuk membawa perhatian untuk bisnismu. 

  1. Bergabung Dan Terlibat Di Grup Facebook Lokal

Grup Facebook adalah tempat berkumpulnya para audiens.

Dengan bergabung dengan Grup Facebook di daerah mu, ibarat pepatah 1 dayung terlewat 2 pula, kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang klien mu dan pada saat yang sama mempromosikan bisnis mu.

Aturan utama promosi di Grup Facebook adalah jangan terlalu menjual. Kamu tidak ingin memposting tentang diskon dan penawaran baru setiap hari. Meskipun spam semacam itu ditoleransi dalam grup, kecil kemungkinannya membuat orang benar-benar tertarik dengan bisnis mu.

Yang dapat kamu lakukan adalah memulai percakapan yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan bisnis kamu.

Kamu dapat melakukannya dengan cara licik dari akun pribadi mu atau dengan cara yang lebih baik, tanpa menyembunyikan fakta bahwa kamu adalah pemilik bisnis lokal tersebut.

Cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan benar-benar mencoba memberi nilai kepada orang-orang. Misalnya, kamu adalah pemilik toko buku dan kamu ingin lebih banyak orang lokal tahu tentang toko buku mu.

Kamu dapat bertanya kepada orang-orang dalam kelompok apakah mereka tertarik untuk berpartisipasi dalam klub membaca dan jenis buku apa yang ingin mereka baca.

Bahkan tidak harus berhubungan dengan buku: kamu dapat memulai percakapan tentang apapun, misalnya, apakah kamu mengizinkan anjing masuk ke toko atau tidak.

Tujuan kamu adalah memulai diskusi yang akan menarik perhatian, tetapi waspadalah terhadap topik kontroversial.

  1. Manfaatkan “Lokalitas” mu Dalam Pemasaran Digital

Sebagai bisnis lokal, kamu memiliki keunggulan yang melekat pada perusahaan dan jaringan karena jauh lebih sulit bagi mereka untuk menargetkan lokasi tertentu karena toko mereka ada di mana-mana.

Kamu dapat memperoleh manfaat dari ini dengan membuat sendiri iklan yang sangat terfokus.

Berikut ini beberapa kiat tentang cara membuat iklan atau digital marketing semacam itu yang ditujukan untuk orang-orang di komunitas lokal Anda:

  • Gunakan Google Search Console untuk menemukan opsi grup iklan baru berdasarkan apa yang mendorong tayangan penelusuran.
  • Coba sertakan Kode Pos atau nama jalan kamu di iklan.
  • Bicara tentang jarak ke lokasi kamu agar para pelancong.
  1. Jaga Ulasan Pelanggan

Sekarang, meminta ulasan atau memantau bisnis kamu di Yelp bukanlah ide yang paling kreatif. Tetapi hal yang paling diabaikan oleh bisnis lokal adalah bahwa situs ulasan bukanlah satu-satunya tempat orang membicarakan bisnis mu.

Media sosial, blog, dan forum sama pentingnya dalam hal ulasan. Saat ini, setiap orang dengan profil media sosial memiliki audiens bahkan jika itu hanya keluarga dan teman mereka.

Dan mereka mungkin memposting opini tentang bisnis mu.

Kamu beruntung jika mereka menandai usaha mu dan kamu akan melihatnya tetapi bagaimana jika kamu melewatkan postingan tersebut, baik karena mereka tidak menandai mu atau karena kamu memiliki terlalu banyak notifikasi?

Jika itu opini positif, kamu kehilangan peluang pemasaran; kamu dapat memposting ulang, menyimpannya, dan menggunakannya dalam materi pemasaran kamu di masa mendatang.

Jika itu opini negatif, kamu mempertaruhkan krisis reputasi dengan mengabaikannya.

Gunakan alat pemantauan media sosial untuk memastikan kamu memperhatikan setiap kali perusahaan atau tokomu disebutkan, baik di platform ulasan maupun di tempat lain.

Kamu dapat memilih opsi gratis; misalnya, kombinasi Google Alerts dan Tweetdeck.

Atau, pilih alat pendengar sosial yang lebih kuat yang menawarkan pemberitahuan real time, mencakup lebih banyak sumber online, dan menyediakan filter praktis untuk mengatur sebutan mu.

  1. Jangkau Media Lokal

Hampir setiap kota memiliki surat kabar lokal atau media online, dan kamu akan terkejut betapa berpengaruhnya mereka!

Saat kamu membuat konten untuk situs web dan media sosial mu sendiri, jangan lupa untuk menjalin kontak dengan media lokal yang ada daerah atau disekitar kamu.

Kamu dapat berpartisipasi dalam materi topikal tentang bisnis lokal di kota mu atau bahkan memberikan komentar tentang acara berita dari sudut pandang pemilik bisnis lokal.

Tautan di situs web mereka akan bagus untuk SEO.

Selain itu, komentar dan perspektif mu akan menetapkan kamu sebagai anggota aktif komunitas yang akan menarik lebih banyak perhatian ke bisnis kamu.

  1. Dalami Acara Pemasaran

Berbicara tentang komunitas, jika bisnismu mengizinkannya, buatlah acara untuk penduduk setempat.

Mengingat dunia yang saling terhubung yang kita jalani sekarang, ini bahkan bisa menjadi acara online jika kamu tidak menetapkan tujuan untuk mengarahkan pelanggan ke toko fisikmu.

Pilihan terbaik adalah menyelenggarakan acara dengan tujuan yang membuat semua orang merasa terhubung. Dan bangun citra perusahaan anda dengan acara berbagi dengan warga setempat.

Kamu dapat mempromosikan acara tersebut di Grup Facebook lokal atau menjalankan iklan di media sosial. Selama acara, cobalah untuk berkomunikasi dengan orang baru dan menjalin koneksi.

Dengan begitu orang akan merasa diterima dan akan tertarik untuk datang lagi. Kamu bahkan dapat mengatur serangkaian acara atau pertemuan rutin untuk mendapatkan efek pemasaran jangka panjang.

  1. Memberikan Giveaway atau Hadiah

Natal adalah salah satu hari libur paling populer di dunia karena berbagai alasan, tetapi salah satunya adalah pemberian hadiah tanpa henti. Orang-orang menyukai hadiah!

Sama halnya dengan lebaran di Indonesia. Bukankah semua orang menyukai THR?

Meskipun pelanggan mu bukan teman atau keluarga kamu sendiri, kamu dapat mencoba membagikan hadiah kecil untuk mempromosikan bisnismu.

Salah satu cara untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung ke bisnis kamu adalah dengan meluncurkan kontes. Kamu bisa mempromosikannya melalui media sosial yang kamu kelola seperti instagram, facebook, atau twitter. 

Misalnya, kamu dapat menyarankan bahwa 20 orang pertama yang datang ke tempat mu pada hari tertentu akan mendapatkan produk atau layanan secara gratis.

Taktik ini sangat cocok untuk bisnis yang baru dibuka dan butuh promosi  dalam digital marketing.

  1. Bentuk Kemitraan Lokal

Sebagai pebisnis lokal, kamu adalah bagian dari komunitas. Cobalah untuk menjalin hubungan dengan pemilik bisnis lokal lainnya.

Ini tidak hanya akan membantu kamu memiliki jaringan dukungan untuk berkonsultasi dan bertukar pengalaman. Komunikasi reguler dengan bisnis lain memberimu banyak peluang promosi.

Kamu dapat menemukan brand dan bisnis lokal yang melengkapi dan mendukung brand dengan sempurna sambil menargetkan pemirsa serupa. Pertimbangkan untuk menawarkan mereka peluang promosi silang.

Taktik ini seperti dapat membunuh dua burung dengan satu batu: di satu sisi, kamu meningkatkan kesadaran brand mu dan memanfaatkan niat baik mitra mu.

Disisi lain, dengan menjalin hubungan ini, kamu membangun jaringan dukungan untuk bisnis lokal, komunitas yang dapat mewakili minat mu.

Kamu dapat memulainya dengan menghubungkan dan terlibat dengan bisnis lokal di media sosial disekitar anda.

Coba jalankan penawaran untuk bundel dengan kedua produk mu, promosikan di toko masing-masing, dan atur acara bersama sama.

digital marketing

10 ide kreatif digital marketing ini bagus untuk digunakan sebagai titik awal untuk bisnis lokal yang kamu kelola. Gunakan kekuatanmu dan sumber daya yang tersedia. Kekuatan komunitas bisa jauh lebih efektif daripada uang yang dicurahkan ke dalam iklan.

Sumber: searchenginejournal.com

JOIN NOW!