Blog

BAGIKAN

Ingin Jadi Animator? 10 Jenis Animasi Ini Wajib Kamu Tahu

Jenis animasi

Jenis animasi sangat beraneka ragam, semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak pula karya atau film animasi yang diciptakan. Sejak kemunculannya, animasi terus mengalami perkembangan yang memungkinkan para kreator ataupun artis menceritakan sebuah kisah dengan cara yang lebih menarik dan bermakna. 

Dari membantu penonton merasakan langsung kisah fantasi hingga menginspirasi mereka dengan cara yang menggugah pikiran, video animasi menjadi salah satu cara terbaik untuk memikat penonton, berapapun usia mereka. Fakta ini tentu meruntuhkan kesalahpahaman paling umum yang menyatakan jika animasi hanya ditujukan untuk anak-anak!

Memandang animasi sebagai sebuah gaya video paling menarik memang benar, namun mencoba memahami berbagai jenis animasi dan cara kerjanya bisa sangat melelahkan. Sebab, secara keseluruhan animasi merupakan topik yang luas, melibatkan miliaran teknik intrinsik.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini kami akan membawamu mengetahui segala hal tentang animasi.

Yuk, kita ketahui lebih dahulu dasar dari animasi.

Apa itu Animasi?

Animasi adalah metode memanipulasi gambar statis dan membuatnya tampak sebagai gambar bergerak untuk menciptakan ilusi gerak. Ilusi diciptakan oleh gerakan berulang dari gambar statis pada frame rate yang berbeda.

Sejarah Animasi

Pada awalnya, animasi tradisional dimulai sebagai gambar tangan. Tapi sekarang, hampir semuanya digital.

Jika kita melihat ke belakang, animasi pertama kali digunakan pada awal 1900-an. Film animasi pertama, Fantasmagorie, dibuat pada 17 Agustus 1908.

Emile Cohl sang kreator film ini memakan waktu sekitar lima bulan dan melibatkan 700 gambar, untuk menghasilkan film 1 Menit dan 20 Detik. Animasi karya Cohl dilakukan dengan menggunakan pelat kaca yang diterangi untuk melacak setiap bingkai dan membuat animasi yang konsisten.

Ide revolusioner ini benar-benar mengubah dunia pembuatan film!!

Sekarang setelah kita mempelajari dasar-dasarnya, yuk kita selami berbagai jenis animasi. Di era modern seperti saat ini, penerapaan animasi sangatlah banyak. 

Animasi digunakan di mana-mana, dari media hingga kampanye pemasaran, dan bagian terbaiknya adalah animasi menjadi sangat mudah diakses.

Dengan munculnya pembuat video animasi online seperti Animaker, kamu dapat membuat animasi yang indah langsung dari komputer kamu. Tanpa basa-basi lagi, sekarang mari kita lihat berbagai jenis animasi yang perlu kamu pelajari di sini.

Jenis animasi

Yuk kita cari tahu lebih dalam jenis-jenis animasi yang ada.

  • 3D Animation

Animasi 3D teknik mengubah objek digital, menciptakan ilusi bahwa objek tersebut bergerak dalam ruang tiga dimensi. Meski ditampilkan di layar 2D, animasi ini meniru prinsip 3-Dimensi di dunia nyata. Jenis animasi ini sekarang banyak digunakan untuk semua skenario. Baik itu film atau iklan, kamu dapat melihat bentuk animasi ini di mana-mana.

  • 2D Animation 

Animasi 2D melibatkan penggunaan gambar statis dalam dua dimensi untuk menciptakan gerakan. Menggerakkan gambar secara cepat dan berurutan akan menciptakan ilusi gerakan – seperti film. Sama seperti animasi 3D, animasi 2D banyak digunakan dalam film, iklan, promosi, dan lainnya.  

  • Whiteboard Animation

Whiteboard Animation adalah jenis animasi yang mana seorang seniman menggambar adegan demi adegan di papan tulis dan merekamnya sebagai cerita ilustratif. Whiteboard animation adalah teknik animasi video yang unik, membawa penonton ke dalam pengalaman imersif, karena setiap bingkai dibangun tepat di depan pengguna. Selain itu, jenis animasi ini biasanya disertai narasi saat cerita yang diceritakan ketika seniman menggambar. Whiteboard animation banyak digunakan dalam video penjelasan karena teknik ini membantu mendemonstrasikan ide dengan cara yang mudah dan efektif.

Kamu dapat memilih jenis animasi ini jika kamu ingin mempertahankan perhatian audiens selama penjelasan berlangsung. 

  • Typography Animation

Typography animation atau kinetica animation adalah jenis animasi yang melibatkan teks bergerak dengan tambahan efek seperti melebar, menyempit, atau efek apa pun yang sesuai dengan tampilan visual. Animasi semacam ini sering digunakan dalam film dan video lainnya sebagai layar judul, segmen intro, segmen kredit, dll. 

  • Claymation

Claymation, atau Clay Animation, seperti namanya, adalah jenis animasi stop motion yang melibatkan penggunaan tanah liat untuk menciptakan sebuah adegan. Mulai dari karakter hingga latar, semuanya dibuat dengan tanah liat. Jenis animasi ini banyak digunakan dalam film anak-anak klasik karena bentuknya yang menarik dan unik. Salah satu contoh populer claymation adalah Chicken run. 

  • Stop Motion Animasi

Animasi Stop Motion adalah teknik yang menggunakan objek fisik yang dipindahkan secara manual di setiap bingkai kemudian difoto untuk menciptakan sebuah adegan. Satu per satu foto-foto tersebut diedit dan diletakkan secara berurutan untuk menciptakan ilusi gerak. Animasi jenis ini biasanya digunakan dalam kartun, film pendek, iklan, dan media kreatif lainnya. 

  • Traditional Cel Animation

Cel animation adalah salah satu bentuk animasi tertua dan paling tradisional, prosesnya melibatkan gambar tangan untuk menciptakan setiap adegan pada lembaran seluloid bening. Lembaran seluloid dengan latar belakang yang dicat ditumpuk di atas lembaran yang lain. Seperti yang mungkin sudah kamu duga, ‘cel’ mengacu pada lembaran seluloid yang digunakan untuk menggambar. Jenis animasi ini banyak digunakan oleh seniman di Walt Disney Studios. 

Jenis animasi

  • Rotoscope Animation 

Rotoscope adalah jenis animasi yang dilakukan dengan menjiplak (tracing) kemudian menggambar di atasnya untuk membuat animasi terlihat realistis. Jenis animasi ini biasanya dilakukan dengan memproyeksikan gambar live-action pada panel kaca, kemudian mulai melakukan tracing dan menyesuaikan subjek menurut bentuknya. Rotoscope animation paling sering digunakan dalam film live-action yang mana matte atau garis besar karakter dari film dapat diekstraksi dari sebuah adegan dan digunakan untuk adegan lain dengan latar belakang yang berbeda. Salah satu film yang menggunakan rotoscope animation adalah film Star Wars.

  • Flipbook Animation

Flipbook animation adalah salah satu bentuk animasi paling awal, teknik animasi ini melibatkan sebuah buku kecil dengan gambar di halamannya. Halaman mewakili bingkai video. Ketika halaman-halamannya dibalik dengan cepat, rangkaian gambar akan terkesan hidup untuk menyampaikan cerita. Animasi Flipbook biasanya digunakan di media offline seperti majalah, buku cerita anak, dll. 

  • Puppetry Animation

Puppetry Animation, seperti namanya, menggunakan boneka sebagai subjek utama video, bukan objek lainnya. Puppetry animation merupakan salah satu bentuk hiburan lama & tradisional yang biasa digunakan dalam kartun dan film anak-anak.

Daftar diatas hanya sebagian dari jenis animasi saja. Dengan menggabungkan gaya animasi yang telah disebutkan tentu akan menghasilkan bentuk animasi yang baru.

Sementara itu, sebagian besar animasi saat ini dapat dibuat dengan bantuan perangkat lunak animasi profesional seperti Adobe Animate, Adobe After Effects, Sony Vegas, dll., sementara itu beberapa jenis seperti animasi claymation dan boneka masih memerlukan upaya manual.

Kamu salah satu orang yang tertarik mendalami bidang animasi? Atau bahkan kamu berniat untuk mengambil sekolah animasi, namun belum menemukan kampus yang tepat? Kamu tidak perlu khawatir, IDS | International Design School jawabanya. Sebagai institusi yang fokus di bidang visual, IDS menyediakan program khusus animasi, yaitu Program Digital Animation & Games

Program Digital Animation & Games mengajarkan proses pengerjaan animasi mulai dari nol hingga menciptakan animasi berstandar nasional. Kamu juga akan mempelajari berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi 

Tentunya program Digital Animation & Games akan menambah keterampilan kreatif dan teknis yang diperlukan animator dan cocok diikuti siapapun yang ingin mengenal dunia animasi lebih dalam, mungkin kamu salah satunya! Yuk segera daftarkan dirimu ya.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film