Blog

BAGIKAN

10 Jenis Fotografi Populer Yang Perlu Diketahui

fotografi

Sama seperti hasil seni visual lainnya, fotografi juga memiliki berbagai jenis yang berbeda. Perbedaan jenis ini juga berfungsi untuk memberikan fokus atas objek yang kamu foto sebagai fotografer. Bila kamu belum menentukan jenis fotografi yang sesuai untukmu, cek daftar di bawah untuk mengetahuinya!

  1. Portrait Photography

Portrait photography merupakan jenis fotografi yang fokus menampilkan manusia pada lingkungan yang berbeda sebagai objeknya. Portrait photography menekankan karakter, kepribadian, ekspresi, hingga mimik wajah yang berbeda. Fotografi jenis ini merupakan jenis fotografi yang populer, hanya menggunakan ponsel setiap orang dapat mengambil gambar dengan jenis portrait photography. Untuk menghasilkan portrait photography yang terkesan profesional kamu bisa mengatur lokasi, cahaya, komposisi, emosi, serta pengaturan teknis.

  1. Human Interest Photography

Sama seperti portrait photography, human interest photography juga menjadikan manusia sebagai objeknya. Human interest photography menampilkan interaksi antara manusia dengan lingkungannya, menimbulkan empati dan simpati bagi yang melihatnya. Hasil foto yang dihasilkan dari jenis fotografi ini biasanya natural dan ada adanya.

  1. Fashion Photography

Fashion photography akan menampilkan supermodel atau selebriti dalam balutan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fashion photography biasanya digunakan untuk periklanan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Elle. Fashion photography terbagi lagi ke dalam beberapa kategori, yaitu catalog photography, high fashion photography, street fashion photography, serta editorial fashion photography.

  1. Travel Photography

Travel photography adalah jenis fotografi yang diambil ketika melakukan perjalanan. Travel photography akan menampilkan perbedaan sekaligus persamaan dari berbagai tempat yang memberikan perasaan terhubung bagi tempat tersebut. Terkadang jenis fotografi ini juga memuat beberapa jenis fotografi lainnya seperti nature photography, food photography, atau portrait photography. Fotografi jenis ini biasanya dibutuhkan untuk produk jurnalistik atau cuma periklanan. Menekuni travel photography akan sangat menyenangkan karena kamu akan menjelajah ke berbagai tempat baru. 

Wildlife Photography

  1. Wildlife Photography

Wildlife photography menuntut fotografer untuk menangkap gambar kehidupan alam liar di habitat aslinya. Fotografi jenis ini membutuhkan kesabaran yang tinggi karena wildlife photographer harus menunggu hingga berjam-jam lamanya untuk mengabadikan sebuah foto. Wildlife photography bisa sangat-sangat sulit, selain kemampuan dalam memilih peralatan yang memadai, wildlife photographer harus menempuh berbagai medan untuk tempat dimana satwa tersebut tinggal. Selain itu juga sebuah keharusan untuk wildlife photographer memahami perilaku masing-masing satwa.

  1. Macro Photography

Macro photography adalah jenis fotografi yang menangkap objek yang kecil. Objek dari macro photography biasanya berupa miniatur, bunga, atau hewan-hewan kecil seperti serangga. Namun macro photography juga dapat mengambil gambar tetesan air atau kepingan salju. Macro photography dapat dihasilkan di alam terbuka ataupun di dalam studio. Untuk mendapatkan hasil gambar yang tajam biasanya macro photographer lebih memilih menggunakan stabilizer atau tripod ketimbang memotret langsung untuk menghindari kamera bergoyang.

  1. Underwater Photography

Underwater photography adalah proses pengambilan objek di bawah air. Untuk melakukan underwater photography biasanya dilakukan dengan scuba diving. Namun tidak menutup kemungkinan kalau fotografer dapat menangkap gambar dari permukaan air, berenang, atau snorkeling. Menangkap gambar dari objek bawah air tidaklah mudah karena semakin dalam kamu memotret air akan menyerap warna. Untuk itu diperlukan peralatan pencahayaan yang memadai.

  1. Astrophotography

Seorang astrophotographer akan menjadikan bintang, langit, asteroid, aurora, gerhana matahari, dan peristiwa astronomi lainnya sebagai objek. Untuk itu untuk menjadi fotographer bidang ini diperlukan pengetahuan astronomi yang cukup, bahkan fotografi jenis ini termasuk fotografi tingkat tinggi. Kebanyakan astrophotographer menggunakan tripod, teleskop, pelacak bintang, serta mount equatorial untuk membantunya menangkap objek-objek di langit. 

  1. Food Photography

Peminat dari food photography semakin tinggi semenjak munculnya sosial media yang menjadi platform berbagi gambar. Food photography menggunakan berbagai trik untuk membuat makanan yang menggugah selera. Untuk menampilkan hasil makanan yang segar dan lezat para fotografer menggunakan bahan pengganti yang dibuat semirip mungkin dengan makanan asli. Food photography biasa digunakan untuk keperluan iklan, buku memasak, buku menu, kemasan produk, dan lain sebagainya. 

  1. Architecture Photography 

Architecture photography termasuk jenis fotografi yang populer. Architecture photography menggunakan pemandangan kota, detail bangunan, jembatan, dan konstruksi sebagai objeknya. Fotografi jenis ini tidak hanya menangkap gambar desain bangunan namun lebih kepada menciptakan gambar bangunan yang estetis. Architecture photographer tidak hanya menangkap sebuah gambar, namun juga harus memahami struktur bangunan, pola, dan desain yang dikemas dalam angle yang unik.

Sebelum menentukan jenis fotografi apa yang ingin kamu tekuni, tentu kamu bisa mengeksplorasi berbagai jenis fotografi untuk berlatih.

Architecture Photography 

Sumber: roomme.id

Banner Webinar 229
Fast Track to International Degree