Blog

BAGIKAN

10 Rahasia Sukses Memulai Karier di Dunia Film

Akting

Orang sering menganggap bahwa industri film adalah industri yang eksklusif, yang berarti tidak semua orang dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan di sana. Sejujurnya, pendapat ini memiliki kebenaran. Industri film memang memerlukan keterampilan khusus atau keahlian tertentu. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat dengan mudah untuk bisa memulai karier di industri ini.

Namun, meskipun sulit, bukan berarti tidak mungkin. Percayalah bahwa untuk dapat memulai karier di dunia film, kamu perlu memiliki strategi yang tepat. Jika kamu sedang berada di awal karier kamu dan membaca ini, maka kamu berada dalam posisi yang baik! Semoga 10 tips berikut dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan di dunia film.

Tentu! Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam memulai karier di dunia film:

  1. Pendidikan dan Pelatihan: 

Pertama-tama, pertimbangkan untuk mendapatkan pendidikan atau pelatihan formal dalam bidang yang berkaitan dengan industri film, seperti produksi film, penyutradaraan, sinematografi, atau desain produksi. Sebuah latar belakang pendidikan yang kuat dapat memberikan dasar yang solid.

  1. Bekerja di Proyek Independen: 

Terlibat dalam proyek-proyek film independen dapat membantu kamu membangun portofolio dan pengalaman yang diperlukan. kamu dapat mencari proyek-proyek ini melalui teman-teman, grup media sosial, atau platform kreatif online.

  1. Praktek Sebanyak Mungkin: 

Cobalah untuk mendapatkan pengalaman di berbagai aspek produksi film, seperti penulisan skrip, penyuntingan, atau tugas-tugas produksi lainnya. Semakin banyak keterampilan yang kamu kuasai, semakin berharga kamu bagi produser.

  1. Networking

Industri film sangat bergantung pada jaringan hubungan. Hadiri acara-acara industri, festival film, dan pertemuan-pertemuan terkait film untuk membangun kontak dengan profesional di bidang ini.

  1. Portofolio yang Kuat: 

Bangun portofolio yang menunjukkan pekerjaan terbaik kamu. Ini bisa berupa demo reel jika kamu bekerja di bidang produksi atau sampel skrip jika kamu seorang penulis. Pastikan portofolio kamu mencerminkan kemampuan kamu dengan baik.

  1. Magang: 

Cari peluang magang di perusahaan produksi film. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memahami inner workings industri dan membangun hubungan profesional.

  1. Terus Belajar: 

Industri film terus berubah dengan teknologi baru dan tren kreatif. Selalu tingkatkan keterampilan kamu dan tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru.

  1. Kerja Sama dengan Orang Lain: 

Film adalah upaya kolaboratif. Kemampuan untuk bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan baik sangat dihargai.

  1. Perluas Spesialisasi kamu: 

Kamu mungkin ingin fokus pada bidang tertentu seperti efek khusus, tata rias, atau suara. Semakin ahli kamu dalam suatu bidang, semakin tinggi peluang kamu mendapatkan pekerjaan di sana.

  1. Teruskan Pencarian: 

Industri film bisa sangat kompetitif. Jangan menyerah meskipun kamu menghadapi penolakan. Teruskan mencari peluang dan menyempurnakan keterampilan kamu.

Untuk berhasil di industri film, kita harus memiliki dua kualitas penting yaitu:

  1. Kesabaran: Kesabaran berarti kita tidak boleh mudah putus asa atau frustasi ketika menghadapi rintangan atau tantangan dalam mencari pekerjaan atau membangun karier di industri film. Kita mungkin akan mengalami penolakan, kompetisi yang ketat, atau periode waktu di mana kita belum melihat hasil nyata dari usaha kita. Kesabaran adalah kunci untuk tetap tenang, terus berusaha, dan tidak menyerah.
  2. Tekad: Tekad mengacu pada hasrat, tekad, dan semangat keras untuk mencapai tujuan kita di industri film. Ini berarti kita harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin kita capai dan siap bekerja keras untuk meraihnya. Tekad membantu kita mengatasi hambatan dan menjaga fokus pada tujuan kita.

Kesuksesan di industri film tidak terjadi dalam semalam. Itu adalah hasil dari upaya yang berkelanjutan seiring berjalannya waktu. Ini menggarisbawahi pentingnya ketekunan dan komitmen jangka panjang untuk membangun karier yang sukses di dunia film. Dengan kerja keras dan ketekunan, kita dapat mencapai tujuan kita dan menjadi sukses dalam industri ini.

Tertarik untuk belajar akting? Yuk gabung di Workshop Acting bersama IDS | International Design School!

Workshop Acting IDS x ACI

Kursus akting ini bertujuan untuk memberikan dasar yang kuat dalam mengembangkan kemampuan akting bagi mereka yang ingin mengejar karier sebagai aktor atau aktris dalam film. Setiap sesi akan dilatih oleh professional Acting Coach & Casting Director berpengalaman di industri film Indonesia. Kursus ini bekerjasama dengan Asosiasi Casting Indonesia (ACI), yang merupakan asosiasi para Casting Director profesional di Indonesia. Dengan demikian, peserta akan mendapatkan arahan langsung tentang konsep dan teknis proses casting serta kesempatan lebih baik untuk network dalam industri perfilman Indonesia.

Acting Class

Fast Track to International Degree