Blog

BAGIKAN

10 Rekomendasi Produk Desain Grafis yang Harus Kamu Pelajari

Produk Desain

Jika kamu tertarik mempelajari dan berkarir di bidang desain grafis maka harus mempelajari beberapa produk desain. Dengan begitu, maka kamu pasti akan mulai mengenal banyak produk desain grafis untuk menjadikanmu lebih memahai basic skilll dalam desain grafis, dan juga berkompeten dalam bidang tersebut. Berikut ini 9 produk desain grafis yang perlu kamu ketahui dan pelajari, diantaranya:

  1. Desain Visual Identity

Desain ini berkaitan dengan hal-hal terkait kepribadian, pengalaman pada sebuah brand dan juga emosi yang membuat kita mudah mengenali dan mengidentifikasi brand tersebut melalui visualnya. Visual dari desain yang dimaksud ini meliputi banyak hal, mulai dari tipografi, logo, warna utama, maskot, dan masih banyak yang lainnya, yang diaplikasikan oleh desainer grafis dalam karya-karya desain yang menarik.

  1. Desain Grafis Pemasaran

Desain Grafis Pemasaran ini banyak sekali contohnya, bahkan konten-konten dalam media sosial di Instagram seperti brosur, infografis, social feed, poster, dll merupakan bagian dari Desain Grafis Pemasaran yang pastinya digunakan untuk meningkatkan promosi. Banyak sekali desainer yang sudah berkecimpung di bidang ini, tetapi tetap harus sesuai dan jangan dianggap enteng, nih. Karena, Desain Grafis Pemasaran merupakan gabungan dari desain dan juga penyesuaian kebutuhan audiens. Agar promosi sampai kepada audiens yang ditargetkan, dan audiens mau mempertimbangkan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.

  1. Desain Grafis Periklanan

Tidak jauh berbeda dengan Desain Grafis Pemasaran, desain ini dibuat untuk mempromosikan produk atau jasa. Bedanya adalah, Periklanan dilakukan sejak awal produk rilis dan belum dikenal, hingga bisa dikenal secara luas oleh masyarakat melalui media iklan. Desainer akan mengemas iklan dengan sangat menarik, dan menghasilkan produk seperti baliho, iklan digital, banner digital, iklan TV dan radio, ataupun aktivasi acara dan kampanye-kampanye.

  1. Desain Grafis UI

UI atau user interface design merupakan metode desain grafis yang berfokus pada desain sebuah aplikasi agar terlihat menarik dengan aksesibilitas yang mudah. Desain UI sangat membantu dalam pengembangan visual dalam desain-desain digital, terutama aplikasi dan website, karena UI mengutamakan interaksi antara aplikasi dan user-nya. Terdapat beberapa komponen penting dalam desain UI seperti micro interaction, button, dan menu.

Produk Desain

  1. Desain Grafis Website

Kalau biasanya dalam desain aplikasi ada UI, maka untuk pembuatan website ada juga desain grafis website. Website sendiri banyak digunakan untuk company profile, portofolio, event, maupun berjualan online, karena dipermudah melalui fitur menarik di dalam website. Apalagi dengan jasa desainer grafis, website akan dirancang sebagus dan senyaman mungkin untuk para pengguna. Walaupun terkadang banyak call to action berupa pop-up atau subscribe form.

  1. Desain Grafis Publikasi

Desain ini bisa banget digunakan untuk mempublikasikan kegiatan ataupun kampanye kreatif dalam bentuk fisik maupun digital seperti buku, majalah, katalog, poster, media sosial, dll. Kebanyakan desain ini sudah mulai berkembang dalam format digital. Mulai dari e-book, artikel ilmiah, e-journal, laporan digital, dan masih banyak lagi. Namun, tetap saja dalam hal ini perlu kolaborasi antara editor publikasi dan desainer grafis untuk menyesuaikan desain.

  1. Desain Grafis Kemasan

Kemasan atau packaging menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan dalam memproduksi produk tertentu. Karena, tampilan kemasan yang baik dapat menjaga dan meningkatkan kualitas produk serta dapat dijadikan sebagai alat pemasaran. Desainer grafis akan mendesain packaging yang simple dan menarik, sehingga konsumen akan lebih mempertimbangkan produk yang ditawarkan serta tertarik untuk membelinya. Maka, konsumen yang didapatkan pun akan semakin banyak.

  1. Desain Grafis Apparel

Desain grafis Apparel adalah jenis desain gambar dan tulisan untuk bisnis konveksi yang mana untuk membuat tampilan produk menjadi lebih menarik. Desain ini masuk ke berbagai jenis fesyen masa kini mulai dari kaos, kemeja, hingga tas, dan sebagainya. Dengan bantuan desain, produk lebih dapat dikembangkan dari segi desain, konsep, bahkan untuk pemilihan bahan sampai hasil akhir cetakan.

  1. Desain Grafis Motion

Desain ini berfokus pada materi bergerak atau motion. Produk digital yang menggunakan ini, adalah kredit yang dibuat di akhir film, iklan, animasi dan juga video promosi yang dirancang dengan visual yang menarik sehingga pesan tersampaikan dengan baik.

  1. Desain Grafis Lingkungan

Desain ini berperan penting dalam membuat sebuah lingkungan lebih informatif, berkesan, bertanggung jawab juga ramah pengunjung. Desain ini secara langsung atau tidak langsung, juga turut meningkatkan pengaruh pasar yang dimiliki lokasi tersebut.

Keuntungan Mempelajari Produk Desain Grafis:

  1. Membantu dalam mengasah kreativitas dan inovasi
  2. Berperan besar dalam dunia promosi bisnis dan usaha yang menarik minat konsumen.
  3. Membantu mempelajari pasaran bisnis yang laris dan dapat bersaing
  4. Menciptakan peluang kerja 

Ingin belajar lebih dalam mengenai desain atau sedang mencari kuliah jurusan desain? Yuk gabung di Program Digital Design & Illustration International Design School. Selain waktu belajarnya yang singkat, lulusan IDS bisa langsung terjun ke industri kreatif atau melanjutkan kuliah ke luar negeri lho.

Sumber: Rekomendasi Produk Desain Grafis

JOIN NOW!

Jago Bikin Film