Blog

BAGIKAN

10 Tips Meningkatkan Skill Desain Grafis yang Akan Mengubah Kariermu

tren desain

Banyak yang mengira bahwa menjadi seorang desainer grafis hanya membutuhkan keahlian dalam menggambar. Namun, kenyataannya, ada berbagai macam skill yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis yang handal. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan skill desain grafis yang telah mencapai titik jenuh. Pertama, memberikan waktu luang yang cukup agar kemampuan desain dapat pulih dan terus berkembang. Selain itu, memberikan kesempatan untuk melanjutkan desain dengan pikiran dan tangan yang lebih segar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill desain grafis:

  1. Eksplorasi dan Inspirasi: Jelajahi berbagai sumber inspirasi seperti situs web, majalah, buku, atau galeri seni untuk mendapatkan ide-ide baru dan mengeksplorasi gaya desain yang berbeda.
  2. Belajar dari Desainer Lain: Ikuti karya desainer lain yang dihormati dan pelajari teknik dan pendekatan yang mereka gunakan dalam desain mereka. Kamu dapat mengikuti blog, video tutorial, atau menghadiri seminar dan lokakarya desain.
  3. Praktik Rutin: Dedikasikan waktu secara teratur untuk berlatih desain. Buat proyek-proyek kecil atau tantangan desain harian untuk mengasah keterampilan dan kreativitas.
  4. Kritik Konstruktif: Minta pendapat dan masukan dari rekan desainer atau mentor yang dapat membantu Kamu melihat kelemahan dan potensi perbaikan dalam desain.
  5. Mengeksplorasi Alat Desain: Coba gunakan berbagai perangkat lunak dan alat desain untuk mengeksplorasi fitur dan teknik baru. Perluas pengetahuan tentang perangkat lunak desain dan temukan cara baru untuk menghasilkan karya yang menarik.
  6. Memperkaya Pengetahuan: Pelajari tren desain terbaru, prinsip desain, dan konsep visual untuk meningkatkan pemahaman tentang desain grafis secara keseluruhan.
  7. Proyek Kolaboratif: Terlibat dalam proyek kolaboratif dengan desainer atau profesional kreatif lainnya untuk mendapatkan perspektif baru dan mengasah keterampilan kerjasama.
  8. Pamerkan Karya Kamu: Bagikan karya desain melalui platform online seperti media sosial, portofolio online, atau blog pribadi untuk mendapatkan umpan balik dan membangun kepercayaan diri Kamu sebagai desainer.
  9. Terus Mencari Tantangan Baru: Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan menghadapi tantangan desain yang lebih kompleks. Ini akan membantu Kamu berkembang dan melampaui batasan-batasan yang ada.
  10. Selalu Belajar dan Berkembang: Jadilah terus menerus dalam belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri desain. Ikuti kursus, seminar, atau webinar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan desain.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kamu dapat meningkatkan skill desain grafis Kamu secara berkelanjutan dan terus berkembang dalam industri desain grafis.

Ayo tingkatkan skill desain grafis kamu melalui program short course Digital Design di International Design School (IDS). Program ini dirancang untuk membantu peserta mengembangkan kemampuan dalam menciptakan karya visual yang dapat bercerita, informatif, menyelesaikan masalah, dan persuasif di berbagai platform.

Kelas Desain dalam program short course IDS terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu Basic dan Advanced. Pada tingkatan Basic Design, peserta akan mempelajari pemahaman dasar dan pengolahan foto secara digital. Beberapa materi yang akan dipelajari meliputi manipulasi foto, koreksi gambar sederhana, dan pembuatan ilustrasi digital berbasis vektor.

Sedangkan pada tingkatan Advanced Design, peserta akan belajar menggunakan berbagai fitur dari perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain multipage seperti katalog, booklet, dan buku.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan skill desainmu dengan mengikuti program short course Digital Design di IDS.

Corporate Banner

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree