Blog

BAGIKAN

10 Tren Motion GRAPHICS dan Animasi 2022

Animasi dan motion graphics telah menjadi alat yang ampuh untuk pemasaran dan periklanan. Mereka terus menghadirkan berbagai jenis promosi bisnis dan membuat cara baru untuk menghadirkan produk dan layanan di ruang digital.

Dari animasi dalam aplikasi hinga video promosi lengkap, motion graphics menembus pemasaran di semua industri dan jenis bisnis. Bahkan organisasi yang dianggap konvensional memilih berkreativitas dalam video animasi dan jenis motion graphics lainnya. Adalah hal yang baik untuk mengikuti tren animasi. Itulah alasannya mengapa banyak perusahaan memilih untuk ikut serta dalam gaya pemasaran baru ini.

Animasi sangat peka terhadap desain global dan tren teknologi, dan juga berkembang pesat di tahun ini. Dalam artikel ini terangkum sepuluh besar tren animasi dan motion desain paling luar biasa yang berdampak kuat dalam desain untuk bisnis di tahun ini.

Tren motion desain di tahun 2021 condong pada gaya minimalis dengan suasana retro dalam palet warna dan keseluruhan gayanya. Tren animasi tahun 2021 juga bersinggungan dengan tren mode dan media.

Palet Warna Terbatas

Puisi hidup dalam kesederhanaan, banyak hal dapat dikatakan dengan kalimat sederhana, begitu pula dengan warna. Tren sekarang ini menyampaikan cerita visual hanya dengan menggunakan beberapa warna primer daripada banyak warna dengan banyak semi-tones. Ini menjadi salah satu tren ilustrasi digital yang banyak digemari.

Animasi dengan sedikit warna akan terlihat lugas dan canggih. Ini bisa jadi tantangan bagi seorang artist untuk hanya menggunakan beberapa warna untuk mengungkapkan mood dan karakter ilustrasi. Meski pewarnanya terbatas, animasi yang dibuat oleh seorang asli bisa jadi terlihat menarik dan luar biasa. Animasi seperti itu akan mencolok dengan suasana retro.

Garis Tipis

Garis berperan besar dalam sebuah video. Mereka memberi arah, menentukan bentuk, dan bahkan mengatur mood. Namun, di tahun ini, garis tipis memainkan peran yang sangat menarik. Dengan menjadikannya super tipis namun khas, artist mencoba membuat animasi terlihat seperti gambar asli yang digambar manual. Hal ini akan membuat video nampak unik.

Linear art dalam video animasi ini telah menjadi salah satu tren menggemaskan di tahun 2022. Banyak bisnis telah mencoba dampak dari tren ini dalam video promosi mereka.

Mencampur 2D dan 3D

2D dan 3D masih sering digabungkan dalam video tahun ini. Banyak desainer motion graphics yang menggabungkannya, mereka menambahkan gaya tertentu ke dalam video dan membuatnya terlihat lebih menyenangkan bagi pelanggan. Contoh yang paling luas dari tren ini adalah mengintegrasikan animasi 2D dan 3D beserta menyisipkan overlayer 2D dengan gerakan.

Teknik ini tidak hanya dapat dipakai dalam video iklan beranggaran besar, tetapi juga bisa dalam iklan digital berskala kecil.

Tipografi Kinetik

Umumnya artist takut untuk bereksperimen dengan font dan tipografi karena berkemungkinan besar mengurangi keterbacaan. Namun di tahun 2022 ini, mereka menghadapi tantangan baru dalam tipografi, melanggar aturan, dan secara mengejutkan membawa hasil yang luar biasa.

Tipografi kinetik tampaknya telah melampaui batas tipografi konvensional dan membuat peregangan, pemuntiran, dan distorsi huruf. Dan orang-orang menyukai itu! Situs web dan aplikasi mobile Ecommerce dengan tipografi kinetik dalam video animasi menarik lebih banyak perhatian pada brand, membuatnya mudah diingat, dan menunjukkan performa yang tinggi.

Morphing

Morphing mendapatkan panggungnya pada tahun 2022. Morphing adalah efek dalam gambar bergerak dan animasi yang mengubah satu gambar/bentuk menjadi gambar/bentuk yang lain melalui transisi yang mulus. Konsep dari karakter, logo, gambar, objek lain dari morphing dalam sebuah video telah tersebar luas saat ini.

Morphing berguna sebagai magnet visual yang menarik perhatian dan membuat penonton menontonnya sampai selesai. Teknik ini sangat berguna dalam animasi situs web karena membantu menjaga mata pengunjung web agar tetap pada halaman dan meningkatkan waktu yang dihabiskan di situs we. Akibatnya berdampak bagus dalam optimasi mesin pencari, karena Google akan meningkatkan situs tersebut, karena situs yang menarik membutuhkan lebih banyak waktu bagi pengguna untuk berinteraksi.

Animasi Logo

Penting untuk meningkatkan brand awareness secara online, karena itu bisnis mencoba menggunakan animasi ke dalam berbagai materi branding. Animasi logo telah menjadi salah satu tren paling signifikan dalam desain identitas brand.

Motion graphic menghidupkan tipografi dan ikon yang statis, membuat brand lebih menarik dan tampak dinamis bagi pelanggan. Animasi logo, yang gerakannya tidak terduga, sering dikaitkan dengan kecenderungan brand untuk berinovasi dan memberikan sesuatu yang unik kepada pelanggannya.

Grain

Grain adalah alat, yang digunakan artis untuk menambahkan tampilan yang lebih autentik pada gambar. Grain menimbulkan tekstur dalam citra vektor dan menghidupkan ilustrasi. Tampilan visualnya akan terlihat agak kasar, lebih alami, dan lebih mirip dengan permukaan dan tekstur di dunia nyata.

Video animasi dengan efek grain akan lebih menonjol dari yang lain dan membantu brand menampilkan visual yang menarik kepada pelanggan. Animasi semacam itu akan mewakili kualitas dan kreativitas dari sebuah perusahaan.

Animasi Vertikal

Ada sekitar 6 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia. Jumlah ini akan semakin bertambah. Jumlah orang yang yang memiliki perangkat vertikal ini mempengaruhi perspektif kita terhadap media.

Kita dapat menyebut animasi vertikal sebagai salah satu tren motion graphics paling signifikan di tahun 2022. TikTok, Instagram, Facebook – mereka semua memiliki kesamaan – kita menggunakan mereka secara vertikal. Jarang sekali pengguna yang mau repot-repot memutar ponsel atau tablet mereka untuk melihat sebuah konten foto atau video. Inilah yang menyebabkan meningkatnya popularitas video vertikal untuk cerita Instagram, TikTok, dan Facebook.

Teknik Hybrid

Salah satu trn desain video lainnya di tahun 2022 adalah menggunakan teknik hybrid dalam satu video. Sebagian besar video dengan teknik hybrid menggabungkan animasi 2D dengan elemen 3D dan terkadang video live-motion. Motion graphics terbaik tahun 2022 berhasil menyesuaikan berbagai seni media dalam satu produk dengan mulus, dan kita dapat tahu bagaimana jenis animasi yang berbeda dapat melengkapi satu sama lain dengan cara yang menyenangkan dan juga kreatif.

Self-Drawing Lines

Tren motion  graphics 2022 memenuhi semua selera, dan jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih serius dan tenang, video dengan garis yang menggambar sendiri bisa menjadi pilihan. Dengan gaya ini, kamu dapat melihat garis tipis yang membentuk berbagai figur, logo, kata, dan konsep lainnya secara sederhana dan jelas. Ini bisa menjadi salah satu tren motion graphics terbaik untuk mempresentasikan produk baru, video penjelasan, atau presentasi untuk pertemuan bisnis.

Kesimpulannya

Tahun 2022 merupakan tahun dimulainya terobosan di berbagai bidang kehidupan dan industri global. Tren animasi dan motion graphics dipengaruhi oleh perubahan positif  dalam persepsi manusia terhadap dunia beserta keindahan di dalamnya. Tren motion graphics sangat responsif terhadap perubahan dalam masyarakat kemudian membuat cerminannya.  Lewat 10 tren desain motion graphics ini, kami berharap agar kamu terinspirasi untuk menerapkan inovasi desain dalam video dan animasi yang dibuat untuk menyukseskan perusahaan kamu. Jadi, apa tren motion graphics 2022 favoritmu?

motion

Banner Webinar 229
Fast Track to International Degree