Blog

14 Jenis Ekstensi Google Ads dan Fungsinya

smartphone with Google Ads on the screen and display notebook

Jika Google Ads adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran Kamu, Kamu mungkin selalu mencari cara untuk meningkatkan performanya. Kamu tidak hanya menginginkan lebih banyak klik, tetapi Kamu menginginkan lebih banyak klik berkualitas tinggi, dari jenis pengguna yang mengambil tindakan setelah mereka membuka halaman arahan Kamu.

Tapi hal tersebut terasa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kamu dapat menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk mengubah setiap iklan saat Kamu menguji perbedaan menit A/B dalam salinan dan struktur atau Kamu dapat menggunakan ekstensi Google Ads.

Kamu mungkin telah akrab dengan ekstensi-ekstensi Google Ads; mungkin kamu telah membaca tentang hal tersebut atau mungkin Kamu bahkan sudah menggunakannya.

Hal yang kemungkinan tidak kamu sadari bahwa Google menambahkan lebih banyak jenis ekstensi hampir setiap tahun.

Artikel ini akan membantu Kamu memahami setiap jenis ekstensi Google ads, sehingga Kamu dapat mengoptimalkannya untuk mendapatkan kinerja maksimum dan mendapatkan lebih banyak keuntungan untuk PPC Kamu.

google ads

Apa Itu Ekstensi Iklan Google?

Kamu mungkin sudah menebak jawabannya: ekstensi Google Ads memiliki fungsi untuk memperluas iklan-mu, mengklaim lebih banyak real estate di Search Engine Results Pages (SERP) dan membantu pengguna mesin pencari membuat keputusan.

Mengapa Kamu Harus Menggunakannya?

Ada dua manfaat utama ekstensi iklan yang ada di mana-mana, hampir setiap pengiklan dapat memperoleh manfaat darinya:

  1. Mereka memungkinkan Kamu untuk memberikan lebih banyak informasi: Teks iklan yang lebih besar memungkinkan Kamu membuat alasan yang lebih kuat untuk menargetkan tentang mengapa mereka harus mengklik iklan Kamu.
  2. Iklan tersebut meningkatkan visibilitas Kamu di SERP: Ukuran iklan yang diperluas yang lebih besar membuatnya lebih berdampak.

Melalui dua faktor ini saja, ekstensi iklan dapat meningkatkan rasio klik-tayang (RKT) secara signifikan – mungkin beberapa poin persentase. Dan hal ini bahkan belum termasuk manfaat lainnya, yang meliputi:

  • Peningkatan kualitas prospek: Dengan memberikan lebih banyak informasi, iklan yang diperluas memungkinkan prospek berkualitas buruk didiskualifikasi sendiri, sehingga Kamu mendapatkan lebih sedikit klik yang tidak relevan. Orang-orang yang mengklik ke landing page milikmu jauh lebih mungkin untuk mengambil tindakan yang diinginkan.
  • Peringkat iklan yang lebih baik: Google menggunakan berbagai faktor untuk menentukan posisi iklan Kamu, termasuk RKT yang diharapkan, relevansi, dan pengalaman laman kamus. Cukup menggunakan ekstensi iklan secara otomatis akan meningkatkan peringkat Kamu, karena memungkinkan Google untuk menawarkan berbagai format iklan yang lebih baik.
  • Lebih baik menggunakan anggaran PPC dengan lebih baik: Karena mereka meningkatkan RKT Kamu, ekstensi iklan dapat membantu menurunkan biaya per klik (BPK), yang pada gilirannya berarti Kamu mendapatkan lebih banyak dari pembelanjaan iklan berbayar Kamu.

Ekstensi Manual Dan Otomatis

Ekstensi umum terbagi ke dalam 2 kategori yaitu, manual yang memerlukan beberapa pengaturan, dan otomatis.

Sebagian besar ekstensi yang akan kita bahas di artikel ini adalah ekstensi manual, meskipun beberapa di antaranya juga dapat diterapkan secara dinamis oleh Google ketika diprediksi akan meningkatkan kinerja.

Penting untuk dicatat bahwa pada Februari 2022, Google mengumumkan beberapa perubahan pada ekstensi otomatis, termasuk mengizinkannya ditampilkan bersama ekstensi yang ditambahkan secara manual seperti tautan situs, info, dan cuplikan terstruktur. 

Dengan begitu iklan kemungkinan akan mengklaim lebih banyak area SERP dan menghasilkan lebih banyak klik. Dan juga dapat ditambahkan di tingkat grup iklan, kampanye, akun, dan dapat disertakan dalam laporan.

14 Jenis Ekstensi Iklan Google

Sekarang setelah kita membahas kategori dari dasar ekstensi, mari selami lebih dalam jenis ekstensi yang berbeda.

  1. Ekstensi Lokasi

Ekstensi Lokasi mencantumkan lokasi pada barisnya sendiri, membantu orang menemukan lokasi, memberi arahan lokasi, atau mengukur jarak. Termasuk juga dapat mencakup nomor telepon atau tombol panggil untuk pengguna seluler.

Ekstensi ini, yang dapat diterapkan secara otomatis, serta sangat ideal untuk jenis bisnis apa pun yang bergantung pada transaksi tatap muka, termasuk restoran, lokasi ritel, dan penyedia layanan seperti tukang cukur atau salon kecantikan.

Bagi perusahaan online sendiri ada beberapa keuntungan yang didapat, karena alamat fisik dapat meningkatkan kepercayaan di mata pelanggan.

iklan

  1. Ekstensi Produk

Dengan menautkan akun Google Merchant-mu ke Google Ads, ekstensi produk memungkinkan kamu untuk menyempurnakan cantuman informasi pada produk.

Ekstensi satu ini adalah alat yang berguna untuk membuat kampanye apapun sehingga lebih membantumu menjual barang yang terkait dengan kata kunci yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Karena produk lebih spesifik daripada lokasi atau nomor telepon, kamu ingin kampanye yang lebih terperinci, terutama jika kamu menjual berbagai macam produk.

Ekstensi Produk

  1. Ekstensi Tautan Situs

Ekstensi Tautan Situs berguna untuk mengarahkan pengguna ke laman lain di situs web yang kamu miliki, ekstensi ini juga memungkinkan pengguna memilih ke mana mereka ingin pergi, bukan hanya mengunjungi landing page-mu.

Ekstensi tautan situs

Selain itu ekstensi tautan situs akan mempermudah pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari atau dapat meningkatkan RKPT-mu secara signifikan.

Halaman umum yang digunakan dengan tautan situs termasuk halaman kontak, halaman harga, halaman penjualan, dan halaman testimonial.

Situs ecommerce telah menggunakan ekstensi ini dengan sangat efektif saat mengarahkan pelanggan ke halaman kategori tertentu.

Ekstensi ini dapat ditambahkan secara manual atau dinamis sebagai ekstensi otomatis.

  1. Ekstensi Peringkat Penjual

Pamerkan reputasi bisnis-mu dan bangun kepercayaan dengan ekstensi peringkat penjual.

Google mengumpulkan peringkat dari situs ulasan bisnis terkemuka dan menggabungkannya menjadi satu peringkat dalam skala bintang lima.

Ekstensi ini menunjukkan peringkat bisnis-mu secara keseluruhan, serta jumlah total ulasan. Mereka juga terkadang menyertakan kualifikasi untuk menggambarkan peringkat (misalnya, pengiriman di hari yang sama).

Ekstensi Peringkat Penjual

Ekstensi otomatis ini biasanya hanya muncul jika Kamu memiliki jumlah minimum ulasan unik dan telah  berperingkat rata-rata 3,5 bintang atau lebih tinggi.

  1. Ekstensi Info

Ekstensi yang serbaguna dengan segala macam kegunaan, ekstensi info adalah cuplikan 25 karakter yang digunakan untuk menyoroti nilai jual penting, penjualan, atau poin penting lainnya tentang bisnis, produk, atau layanan-mu.

 Ekstensi Info

Misalnya, jika Kamu ingin mempromosikan diskon 25%, pengiriman gratis, atau ulang tahun ke-60 bisnis Kamu, ekstensi info adalat alat yang sangat sesuai.

Kamu diizinkan untuk menggunakan enam ekstensi ini per kampanye, dan ekstensi tersebut harus diterapkan ke seluruh penawaran yang Kamu iklankan.

Ekstensi info yang baik cenderung menggunakan angka dan spesifik (misalnya, “Stok tersisa 5”, dan lebih baik daripada “jumlah yang ada terbatas.”)

Jika situs web Kamu menyertakan informasi berguna seperti “reservasi online”, deskripsi ini juga dapat ditambahkan secara otomatis sebagai info dinamis.

  1. Ekstensi Cuplikan Terstruktur

Diidentifikasi dengan titik dua, ringkasan terstruktur berguna untuk menyoroti produk, layanan, dan fitur tertentu yang mungkin dicari pengguna.

Bertanggung jawab atas 35,1% kekalahan dari semua klik, ekstensi ini memberitahu pencari seperti apa kamu dan apa yang Kamu tawarkan untuk meningkatkan klik berkualitas dan membantu meregangkan anggaran Kamu lebih jauh.

Seperti tautan situs, Kamu dapat memilihnya secara manual atau dapat diterapkan secara dinamis oleh Google.

  1. Ekstensi Panggilan

Ekstensi panggilan memudahkan penelusur untuk menelepon langsung dari iklan Kamu. Ekstensi ini menyertakan nomor telepon yang langsung bisa diklik untuk menelepon pada iklan bagi pengguna seluler.

Konversi ini dapat dilacak, memungkinkan Kamu mengukur nilai iklan dengan jumlah panggilan telepon yang dihasilkannya.

 Ekstensi panggilan

Kamu dapat menyertakan ekstensi panggilan secara manual atau Google dapat menerapkannya secara otomatis.

  1. Ekstensi Lokasi Afiliasi

Ekstensi lokasi afiliasi akan berguna bagi perusahaan yang menjual produk mereka melalui pengecer pihak ketiga. Ekstensi lokasi afiliasi membantu pengguna menemukan toko terdekat yang membawa produk-mu, membantu mereka memutuskan di mana dan apa yang harus dibeli.

Ekstensi ini biasanya digunakan oleh produsen yang bekerja dengan rantai ritel besar, karena mereka tidak menentukan lokasi bisnis Kamu sendiri.

  1. Ekstensi Harga

Bukan rahasia lagi bahwa harga merupakan faktor kunci dalam hampir setiap keputusan pembelian.

Ekstensi harga memungkinkan Kamu menetapkan ekspektasi biaya di awal, membangun transparansi, dan membantu membangun kepercayaan dengan pengguna mesin pencari. Akibatnya, mereka lebih terinformasi dan lebih mungkin untuk membeli pada saat mereka mengunjungi situs web-mu.

Ekstensi Harga

Ekstensi ini berguna untuk bisnis yang memiliki harga variabel, menjual paket layanan, atau menawarkan banyak produk berbeda.

  1. Ekstensi Aplikasi

Dari tempat pizza lokal hingga agen real estate, sepertinya akhir-akhir ini setiap orang memiliki aplikasi seluler.

Dengan menyediakan tautan unduhan di iklan teks Kamu, ekstensi aplikasi memudahkan pengguna yang tertarik untuk mendapatkanp produk-mu– sekaligus memungkinkan Kamu melacak unduhan berdasarkan kata kunci.

ekstensi aplikasi

Ekstensi ini hanya muncul untuk pengguna di perangkat seluler dan mengarahkan pengguna ke aplikasi di iTunes atau Google Play Store.

  1. Ekstensi Promosi

Dapatkan lebih banyak klik dari orang-orang yang mencari penawaran yang terbaik dengan menggunakan ekstensi promosi.

Ekstensi promosi digunakan untuk menyoroti penjualan dan promosi, ekstensi ini akan muncul di bawah iklan Kamu dan menggunakan ikon tag harga atau transaksi dalam huruf tebal.

Kamu juga dapat menampilkan hingga dua baris salinan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada calon pembeli.

ekstensi promosi

Kamu dapat menampilkan ekstensi promosi pada tanggal, hari, atau bahkan jam tertentu, serta memungkinkan Kamu menggunakan tag acara yang telah diisi sebelumnya seperti Black Friday atau akhir musim panas.

  1. Ekstensi Formulir Prospek (Baru)

Ekstensi Google Ads terbaru atau ekstensi formulir prospek (Lead Form Extensions) akan menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengisi formulir di landing page milik-mu dengan memungkinkan mereka mengirimkan informasi kontak mereka langsung di SERP.

 Ekstensi Formulir Prospek (Baru)

Jika pencari menggunakan akun Google mereka, informasi yang relevan dapat diisi sebelumnya dan dapat dikirimkan dengan satu klik.

Hal ini membantu mendorong prospek yang memenuhi syarat ke dalam saluran pemasaran (marketing funnel) milikmu dan memperpendek siklus penjualan.

  1. Ekstensi Video

Ekstensi video memungkinkan kamu untuk menampilkan pemancing klik di bawah iklan video atau di aplikasi seluler YouTube, sehingga memberikan peluang untuk memperluas pesan yang kamu miliki di luar video utama dan membuat pemirsa tetap terlibat.

ekstensi video

  1.  Ekstensi Gambar

Ekstensi gambar memungkinkan Kamu menggunakan visual yang relevan untuk melengkapi iklan teks dan membantu mendorong kinerja penjualan

Tidak semua pengiklan memenuhi syarat untuk jenis ekstensi ini sehingga harus memenuhi persyaratan tertentu termasuk riwayat kepatuhan, akun Google Ads di vertikal yang memenuhi syarat, dan kampanye aktif yang berjalan.

ekstensi gambar

Cara Mengatur Dan Membuat Ekstensi Iklan Google

Sekarang setelah Kamu mengetahui lebih banyak tentang berbagai jenis ekstensi Google Ads dan bagaimana cara kerjanya, kini saatnya untuk mempersiapkannya.

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah menentukan tujuan Kamu dan ekstensi mana yang akan berfungsi untuk mewujudkan tujuan kamu.

Apakah Kamu ingin pelanggan menghubungimu? Kunjungi ke situs web-mu? Atau kirim info kontak mereka?

Cari tahu apa yang Kamu inginkan dari calon pembeli untuk mereka lakukan, lalu pilih ekstensi yang memfasilitasi hal tersebut.

Setelah siap, kini saatnya mengikuti proses pemakaian ekstensi:

  1. Masuk ke akun Google Ads.
  2. Pilih kampanye atau grup iklan.
  3. Klik tab “Iklan & ekstensi”, lalu “Ekstensi”.
  4. Pilih ekstensi yang Kamu inginkan.
  5. Sesuaikan setiap jenis ekstensi.
  6. Klik “Simpan.”

Kesimpulan 

Jika Kamu mencari cara mudah untuk meningkatkan jumlah klik-tayang, mendapatkan lebih banyak pengunjung web, dan mengonversi lebih banyak calon pembeli, ekstensi iklan adalah alat yang sangat baik untuk digunakan.

Dengan begitu banyak jenis ekstensi yang dapat dipilih, mulai dari ekstensi yang akan berfungsi untuk setiap organisasi, apa pun industrinya.

Menentukan ekstensi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu adalah pilihanmu sendiri, namun satu hal yang pasti: Ketika ekstensi tersebut diterapkan dengan benar, mereka akan membantu Kamu mendapatkan lebih banyak prospek berkualitas dan memanfaatkan anggaran PPC kamu dengan sebaik mungkin.

Sumber: searchengine.com

JOIN NOW!