Blog

BAGIKAN

Rekomendasi 16 Animasi Untuk Tampilan Steam Deck Lebih Keren

Steam Deck

Valve adalah sebuah perusahaan yang terkenal dengan pembuatan game digital bernama Steam. Steam Deck adalah konsol handheld yang di ciptakan oleh Valve, Steam Deck mirip dengan konsol handheld seperti PSP, PS Vita, atau Nintend Switch. Perbedaanya setiap pemain tetap dapat melakukan pengaturan visual untuk mendapatkan frame-rate lebih layaknya PC.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, minggu-minggu ini pengguna Steam Deck telah disuguhkan dengan berbagai kenikmatan. Mulai dari peluncuran aksesori resmi yang menjadi kejutan hingga pembaharuan software secara besar-besaran. Deck juga merayakan fitur mini PC Valve yang hadir secara tak terduga yang mampu menyesuaikan animasi bot. Setidaknya ada banyak subreddit dan situs-situs web yang secara khusus mendemonstrasikan jika ada banyak video menakjubkan  yang bisa digunakan siapa saja untuk mengelabui visual bot Deck-mu.

Baik itu versi adaptasi pembukaan acara TV terkenal, boot animations yang dimodifikasi dari konsol klasik favoritmu, hingga karya yang sepenuhnya original, ada banyak boot animations yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Berikut kami akan merekomendasikan 16 boot animation yang bisa kamu gunakan.

Untuk yang belum tahu cara melakukan custom boot animation di Steam Deck, akan kami tunjukkan caranya di akhir artikel.

  1. Handheld History

Bisa dibilang jika Steam Deck merupakan tonggak sejarah dari konsol game genggam, bahkan kehadirannya merupakan evolusi. Pengguna Reddit TareXmd langsung merayakan perkembangan boot animation itu dengan membuat animasi pendek yang halus perjalanan Gameboy hingga Stem Deck.

Dengan perjalanan singkat dari era klasik yang ditampilkan TareXmd, banyak yang memberi tanggapan, bertanya-tanya, dimanakah konsol Vita? Nah, TareXmd telah menyediakan versi alternatif yang menampilkan perangkat genggam miliki Sony tersbut, dalam berkas Google Drive. Bersamaan dengan beberapa video animasi lainnya yang memiliki background audio dan waktu animasi yang berbeda.

  1. Dragon Ball Z Eyecatch boot

Pengguna Reddit Blank-Face-Soda-Boi juga memiliki animasi yang sempurna untuk boot animation jika kamu adalah penggemar Steam Deck dan Dragon Ball Z. Animasinya, ringkas, sederhana, dan menyenangkan.

  1. 3, 2, 1, let’s jam

Ada satu lagi boot animation yang cocok bagi penggemar anime. Pengguna Reddit Matt Paget menjadikan Cowboy Bebop menjadi boot animation yang super keren. 

  1. The GabeCube

Ada banyak boot animation dengan gaya yang klasik, namun hanya GameCube yang memiliki gaya pembuka yang khas. Animasi ini berasal dari pengguna Reddit Theotterguy, yang dinamakan “Valve GabeCube,” yang menampilkan suara nostalgia yang menimbulkan kesan familiar.

  1. Snaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaake!

Sekarang kamu bisa mendengarkan kolonek Metal Gear Solid meneriakkan nama ular setiap kali kamu menyalakan Deck. Barangkali kamu akan berpikir dua kali jika ingin mem-boot deck di tempat umum.

Steam Deck

  1. Shall we play a game?

Tentu saja ada boot animasi yang bergaya game perang. Animasi ini berdurasi dua detik dari batas 10 detik, namun bagian-bagian penting animasi masih termuat dalam jendela 10 detik tersebut.

  1. I Want to fu

Opening dari Nine Inch Nails’ “Closer” sepertinya memang boot video Steam Deck terbaik atau malah yang terburuk.  Bisa jadi terbaik karena animasi tersebut merupakan sebuah video musik dari album terbesar pada abad ke 20, bahkan jika beberapa pilihan lagu yang di-mix tidak cocok di tengila. Bisa jadi terburuk karena, ya mungkin kamu ingin mendengar lagunya.

  1. Damn Good

Bila kamu berminat untuk minum segelas kopi dengan sepotong pai yang sangat lezat, maka tidak ada boot animation custom lainnya selain putaran Twin Speaks oleh Wank. 

  1. They’ve been here for a long, long time

Tentu saja, soundtrack bagi banyak generasi seperti, “you’ll have nightmares tonight” merupakan cara yang sempurna untuk memberikan aura yang misterius ke dalam Steam Deck milikmu.

  1. Star Wars

Jika kamu merindukan suara yang menggelegar dari pembukaan Star Wars maka, bit opening dari Jaidek akan terasa sempurna. Animasi ini menawarkan opening Steam Deck ala Star Wars yang mematikan.

  1. Become ungovernable

Animasi yang satu ini cukup sederhana namun tetap menggemaskan, menampilkan seekor angsa yang berjalan masuk. Nikmati sang angsa menyebalkan ini dengan yang berjudul Untitled Goose Game untuk Steam Deck boot animation.

  1. Dari trentwebr

Meskipun animasinya mengingatkan kita dengan Pipboy, namun berkat trentwebr tampilan Steam Deck-mu akan terlihat unik. Menampilkan barisan kalimat berwarna hijau yang lalu muncul seseorang yang menampilkan jempolnya. 

  1. Gaya Samurai

Cyberpunk 2077 adalah gaya estetis dari waktu ke waktu yang tidak pernah terlihat kuno. Mungkin animasi ini yang paling sesuai untuk genrenya. Visualisasi cyberpunk ini digambarkan oleh DEADBRiNGER dengan sangat apik sebagai Steam Deck boot animation.

  1. Pour one out

Stadia! Masih ingat dengan kata itu? Sayangnya, bagi sebagian orang, Google menghentikan layanan streaming game tersebut. Namun, jika kamu ingin menyimpannya sebagai kenangan, maka kamu bisa menjadikannya sebagai opening boot animation Steam Deck yang paling tidak mengundang tawa.

  1. PS3 dreams

Jika kamu juga rindu dengan XMB, tema boot animation PlayStation 3 ini akan memuaskan rasa lapar nostalgia itu. Meskipun animasi ini kehilangan beberapa poin karena bukan PS3 asli, namun tetap visualisasinya tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

  1. There are no words

Terinspirasi dari salah satu scene film klasik, Simpsons, Gabe akan memberitahumu betapa ia menyukai ketika kamu menghidupkan Steam Deck. Animasi ini disediakan oleh Everdread yang ia bagikan di Twitter.

Lalu, bagaimana cara menginstal custom boot animation untuk Steam Deck?

Steam Deck

Cara mengatur custom boot animation di Steam Deck sebenarnya cukup rumit daripada hanya mengakses opsi menu, karena kamu harus menyelami beberapa file dalam desktop. Pada dasarnya, langkah yang harus kamu lakukan adalah mengubah pengaturan di desktop, membuat dua folder, dan menempelkan file .wbm.

Bagi yang memiliki OS maka kamu tidak perlu beta channel. Selama Steam Deck-mu diperbarui hingga setidaknya SteamOS 3.3.2 maka kamu telah siap meluncur ke langkah selanjutnya.

Pertama, tekan ikon sandwich di atas kanan Window dan hidupkan “Show Hidden Files” atau klik Ctrl+H untuk pintasan lebih cepat. 

Setelah kamu membuka “Hidden Files” arahkan ke ~/.steam/root/config dan buat folder bernama “uioverrides.” Nanti terdapat dua Rs.

Di folder tersebut, buat sebuah folder bernama “movies,” kamu akan menaruh video animasi boot kostum mu di folder tersebut.

Steam Deck boot animation custom membutuhkan video dengan format .webm, jika belum maka ganti nama file menjadi “deck startup.webm,” jika tidak maka animasi tidak bisa terputar. Pastikan animasi memiliki resolusi setara dengan layar 1280×800. Perhatikan pula jika vidio boot Steam Deck hanya berdurasi paling lama 10 detik.

Yang terakhir, kamu tinggal me-reboot Deck milikmu dan menikmati animasi pilihanmu. Kalau tidak berhasil, tinjau lagi langkah-langkah di atas. 

Ingin belajar animasi?, Ayo join di IDS | International Design School di Sekolah Animasi. Kamu juga bisa dapet gelar Bachelor dari Universitas terkenal di Luar Negeri lho. Ayo buruan daftar kuliah di IDS.

Sumber: kotaku.com

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree