Blog

4 Aplikasi Ilustrator Terbaik Untuk iPad

Aplikasi Ilustrator Terbaik Untuk iPad

iPad merupakan salah satu perangkat keluaran Apple Inc.Apple merupakan gabungan antara komputer dan smartphone. Perangkat ini memiliki performa setara dengan smartphone canggih namun dengan perangkat seukuran layar monitor.

iPad memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Selain mendukung mobilitas yang tinggi, iPad juga telah dilengkapi dengan integrasi Apple Pencil, iPad mendukung aktivitas menulis dan menggambar dengan mudah.

Menemukan alat ilustrasi yang tepat akan memungkinkan kamu membuat karya terbaik dari iPad dimanapun kamu berada. Berikut ini adalah daftar aplikasi ilustrator terbaik untuk kamu gunakan di iPad.

Adobe Illustrator

Adobe Ilustrator

Sebagai illustrator, tools bernama Adobe Illustrator satu ini barangkali sudah sering kamu dengar atau bahkan sering kamu gunakan. Aplikasi ini telah diluncurkan versi iPad pada Oktober 2020 lalu, sehingga kamu dapat merasakan kemudahan menggambar menggunakan Apple Pencil.

Adobe Illustrator versi iPa memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, namun intuitif yang dapat mempermudah flow kerja penggunanya. Adobe Illustrator menyediakan akses ke semua alat menggunakan Apple Pencil hanya dari satu ketukan.

Fitur yang dimiliki Adobe Illustrator versi iPad tidak jauh berbeda dengan versi mobile, misalnya saja pen, pencil, brush, layers, properties, hingga pilihan grid. Namun sejumlah fitur spesifik belum tersedia dalam versi iPad.

Aplikasi Adobe Illustrator dapat diunduh secara gratis namun pengguna harus berlangganan Adobe Creative Clouds untuk mengakses semua fiturnya. Biaya bulanan untuk menikmati aplikasi ilustrator ini adalah sebesar Rp 283.300,00 per bulannya.

Affinity Designer

Affinity Designer

Jika kamu menginginkan alternatif lain dari Adobe Illustrator, kamu dapat mencoba pesaingnya, yakni Affinity Designer. Aplikasi ilustrator profesional untuk macOS ini sudah tersedia di iPad lebih lama dibandingkan Adobe Illustrator.

Kamu dapat menikmati antarmuka penggunanya yang gelap dengan dukungan Apple Pencil dan banyak fitur canggih lainnya. Meski membawa fitur lengkap, Affinity Designer bukanlah aplikasi portingan dari Mac, tetapi dibuat dari awal dengan standar iOS. Inilah yang membuat Affinity Designer Begitu responsif dengan stylus.

Fitur Affinity Designer mencakup serangkaian alat gambar profesional dan alat vektor lengkap dengan CMYK serta dukungan format file yang kuat, seperti PDF/X-4, Photoshop PSD, serta SVG dan EPS.

Dengan Affinity Designer kamu cukup membayar satu kali untuk mengakses semua fitur illustrator canggihnya. Kamu tidak perlu berlangganan bulanan, cukup dengan biaya sekitar Rp600.000,00 untuk mendapatkan Affinity Designer di ujung jari kamu selamanya.

Adobe Fresco

Adobe Fresco

Kembali lagi dengan aplikasi illustrator besutan Adobe. Adobe Fresco dibuat khusus untuk perangkat yang memiliki stylus, seperti iPad atau iPhone.

Fitur unggulan dari Adobe Fresco adalah koleksi brush digitalnya yang beragam. Setidaknya terdapat 1800 brush digital yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu. Kamu dapat mencoba fitur importing brush, pixel brush, atau live brush. Ketiganya merupakan fitur unggulan dari Adobe Fresco.

Penawaran menyenangkan lain dari Adobe Fresco adalah kemudahan integrasinya. Sebagai produk Adobe, Adobe Fresco tersinkron dengan Adobe Creative Clouds. Adobe Fresco juga kompatibel dengan Photoshop sehingga kamu dapat mentransfer file antar keduanya tanpa hambatan.

Kamu dapat mulai menggunakan aplikasi illustrator Adobe Fresco dengan harga $9,99 USD atau sekitar Rp141.104,25 ribu rupiah per bulannya.

Procreate

Procreate

Salah satu aplikasi populer bagi illustrator profesional yang dapat kamu gunakan di iPad adalah aplikasi illustrator bernama Procreate. Aplikasi ini menyediakan fitur yang dibutuhkan untuk membuat ilustrasi yang ekspresif.

Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang relatif sederhana, namun juga amat responsif dan lancar ketika digunakan. Selain itu, Procreate memiliki 3 fitur unggulan. Pertama, adalah fitur custom brush yang memungkinkan kamu membuat sendiri brush sesuai yang kamu inginkan.

Fitur unggulan Procreate kedua adalah blend modes yang memungkinkan bentuk, warna, dan tekstur dari berbagai layers saling berinteraksi satu sama lain.

Ketiga adalah fitur basic gestures. Basic gestures adalah fitur yang akan memudahkan kamu dalam menggambar. Kamu dapat membatalkan dan mengulang pekerjaan kamu dengan mengetuk dua atau tiga jari di kanvas.

Harga yang ditawarkan oleh Procreate juga terjangkau. Kamu cukup membayar aplikasi seharga Rp150.000,00 untuk versi iPad. Setelah itu, kamu tidak membutuhkan langganan per bulan ataupun per tahun.

Kalau kamu biasanya pakai aplikasi yang mana nih? Ingin mengeksplorasi lebih jauh mengenai desain? jangan khawatir  IDS |International Design School  membuka sekolah desain. Diajar oleh orang-orang terpilih akan membuatmu melangkah lebih dekat menuju impian. You ‘r already in your track, Gorgeous.

Sumber: glints.com

JOIN NOW!