Blog

BAGIKAN

4 Daftar Hard Skill Digital Marketing yang Perlu Dikuasai

hard skills digital marketing

Dampak dari teknologi digital yang membawa perubahan dalam industri dan bisnis, menjadikan bidang marketing ikut bertumbuh dan berkembang.

Permintaan akan professional digital marketing pun semakin bertambah. Profesi digital marketing termasuk yang paling banyak dicari dalam daftar pekerjaan dengan aktivitas perekrutan yang tinggi.

Namun, profesi yang mendapat pengaruh besar dari perkembangan teknologi ini memiliki peluang dan tantangan tersendiri untuk dipelajari.

Oleh karena itu, kalau kamu ingin menjadi seorang digital marketing andal, kamu bisa memulainya dengan mempelajari beberapa hard skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketing di bawah ini.

Analisis Data Pemasaran

Kemampuan pertama yang penting untuk kamu kuasai sebelum menjadi professional digital marketing adalah kemampuan analisis data pemasaran.

Analisis data pemasaran meliputi teknik dalam mengambil informasi yang tersedia di ‘pasar’ untuk menjadikannya basis dalam pembuatan strategi marketing yang tepat bagi bisnis.

Dalam proses analisis data dapat dibantu oleh divisi lain, misalnya tim data atau sales. Kemudian data tersebut diproses untuk menjadi sebuah analisis deskriptif atau data visual.

Social Media Marketing

Sosial media merupakan salah satu media yang muncul dari pergerakan teknologi. Ini merupakan salah satu saluran yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis dalam memasarkan produk/layanannya.

Alasannya adalah karena banyak orang berkumpul dalam sosial media dan menciptakan banyak perbincangan, sehingga pemasaran melalui sosial media seringkali lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Sosial media yang digunakan dalam sosial media marketing dapat beragam, misalnya facebook, instagram, twitter, youtube, dan lain sebagainya.

Digital marketing hanya perlu memilih beberapa platform diantaranya sesuai dengan target bisnis yang ingin dituju. Karena itulah dalam hard skill digital marketing ini kamu perlu membuat strategi sosial media berdasarkan pada kemampuan analisis data yang telah diterangkan sebelumnya.

hard skills digital marketing

Content Marketing

Konten merupakan nyawa dalam setiap platform digital, seperti sosial media atau website. Konten pemasaran merupakan sebuah strategi dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian audiens sasaran.

Konten marketing dapat dibuat dalam beberapa bentuk sesuai dengan platform yang digunakan. Misalnya konten website berupa tulisan, konten instagram berupa gambar dan video singkat, atau konten youtube yang berupa video panjang.

Dalam membuat konten marketing, digital marketing harus memahami target audiensnya terlebih dahulu untuk menentukan strategi, seperti platform mana yang tepat digunakan, dan konten seperti apa yang dapat menarik audiens.

Dalam produksi konten, digital marketing juga membutuhkan kemampuan fotografi/videografi dan kemampuan untuk mengedit. Namun sering juga digital marketing bekerja sama dengan bidang lain dalam hal ini.

SEO dan SEM

SEO dan SEM merupakan dua istilah yang seringkali berdampingan dalam digital marketing. Karena berdampingan, kamu mungkin mengira dua keahlian ini sama, padahal berbeda.

SEO atau Search Engine Optimization adalah optimisasi mesin pencari, yakni sebuah strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau konten di halaman utama pencarian (SERP/ Search Engine Result Page).

SEM merupakan Search Engine Marketing yang bertujuan sama seperti Search Engine Optimization, yakni untuk menempatkan tampilan website pada hasil pencarian teratas. SEM umumnya identik dengan penawaran produk.

Pembeda dari SEO dan SEM adalah dari segi biayanya. SEM merupakan strategi yang menggunakan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya.

Baik SEO dan SEM sama-sama memiliki peran dan kegunaannya sendiri dalam digital marketing. Karena itulah memahami keduanya menjadi keahlian yang wajib dikuasai oleh profesional digital marketing.

Bagaimana? 4 keahlian tersebut tidak sukar untuk dipelajari kalau kamu berniat menjadi seorang digital marketing yang andal.

Kamu bisa mengikuti program Digital Marketing short course dari IDS | International Design School. Dalam program ini kamu dapat belajar serta menghasilkan portofolio digital marketing dalam proyek yang kamu kerjakan selama kursus.

Tunggu apa lagi? Ayo ikuti kursus dan mulai belajar jadi digital marketing yang andal!

Sumber: youngontop.com

JOIN NOW!