Blog

BAGIKAN

4 Langkah yang Bisa Kamu Contek untuk Membuat Karakter Komik

Membuat Karakter Komik

Selain anime, komik adalah salah satu hiburan yang sampai saat ini masih digemari oleh berbagai kalangan baik itu anak-anak atau orang dewasa. Nggak heran kalau popularitas manga dan anime ini terus berkembang selama 20 tahun terakhir. Nah, kalau kamu punya ketertarikan dengan komik dan ingin membuat komik sendiri pasti harus menciptakan sebuah karakter yang menarik agar pembaca tertarik. Karakter adalah hal krusial yang dapat membuat komik menjadi lebih hidup. Biasanya para komikus ternama akan menciptakan sebuah karakter unik yang susah dilupakan, sebut saja Chibi Maruko-Chan, Doraemon, Luffy, dan masih banyak lagi. 

Untuk membuat karakter komik yang menarik dan sulit dilupakan para pembaca, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini!

1. Menentukan kepribadian karakter komik kamu

Cara paling mudah untuk menentukan kepribadian pada karakter komik kamu adalah dengan menentukan golongan darah. Cara ini banyak digunakan oleh para penulis komik di Jepang. Hal ini karena di Jepang, golongan darah dianggap sebagai penentu kepribadian seseorang. Sebagai acuan, ini dia kepribadian menurut golongan darah yang bisa kamu gunakan. 

  • Gol. Darah O: percaya diri, optimis, punya keinginan kuat, sering cuek pada lingkungan sekitar, dan sulit ditebak. 
  • Gol. Darah A: kreatif, tertutup, bertanggung jawab, keras kepala, dan mudah cemas. 
  • Gol. Darah B: aktif dan bersemangat, tetapi juga egois dan kurang bertanggung jawab
  • Gol. Darah AB: mudah beradaptasi, rasional, pelupa, dan kritis. 

2. Menentukan usia karakter 

Untuk menentukan usia karakter kamu bisa berpedoman pada zodiak barat dan zodiak timur. Dari sini kamu bisa menentukan tahun lahir karakter kamu dan juga tanggal lahirnya. Selain untuk mengetahui usia, zodiak juga bisa digunakan untuk menentukan kepribadian karakter komik kamu. 

3. Menyeimbangkan kepribadian karakter 

Meski cerita dalam komik adalah fiksi, namun alangkah baiknya kalau karakter kamu punya kepribadian yang lebih realistis. Setelah memutuskan golongan darah dan jenis kepribadian karakter kamu, maka selanjutnya buatlah penyeimbang agar karakter tersebut jauh lebih menarik dan masuk akal. Hitung berapa banyak sifat baik dan sifat buruk yang dimiliki karakter kamu. Cobalah untuk membuat sifat buruk pada karakter kamu jauh lebih banyak supaya sering berjalannya cerita nanti, si karakter akan mengalami perkembangan dan perubahan jadi lebih baik. 

Beberapa sifat buruk yang bisa kamu tambahkan pada karakter komik, antara lain pemalas, pemalu, mudah menyerah, tidak percaya diri, suka bohong, manipulatif, egois, tidak dapat mengendalikan diri dengan baik, mudah marah, ceroboh, dan lain-lain. 

4. Beri nama karakter komik kamu yang menarik

Setelah menentukan karakter, pastikan kamu memberikan nama yang menarik ya! Banyak orang percaya bahwa nama dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika seseorang yang punya nama tidak lazim dapat menjadi korban bullying (intimidasi) dan menjadi akar masalah kepribadian yang berawal dari intimidasi. Kaum Kabalarian percaya bahwa nama dapat menentukan keseluruhan kepribadian seseorang. Hal ini dapat menjadi acuan kamu dalam menentukan nama karakter komik kamu. 

Sebaiknya hindari penggunaan nama tokoh yang tidak lazim atau aneh. Terutama jika kamu memakai latar yang lebih realistis. Coba pilih nama sesuai dengan latar yang ingin kamu bangun. Misalnya latar cerita kamu ada di negara Jepang, maka pilihlah nama yang memiliki unsur Jepang. Atau kamu ingin karakter tersebut berasal dari Eropa maka pilihlah nama dengan bahasa asing. 

Setelah menentukan karakter baik itu kepribadian atau nama, langkah selanjutnya adalah membuat ilustrasi dari tokoh yang diinginkan. Biar ide komik kamu makin keren yuk ikutan Short Course Online IDS, kamu bisa eksplorasi ide hingga penggambaran rancang sebuah karakter yang siap digunakan untuk produksi sebuah komik dan animasi. Disini kamu akan menggali tema tema mitologi menjadi sebuah disain karakter, dari riset hingga pembuatan disain pack,  bersama Alfi Zachkyelle (Founder dan CEO Kampoong Monster).

Dan untuk kamu yang juga ingin belajar membuat karakter komik. Kamu bisa memulai belajar di IDS | International Design School, karena IDS menyediakan sekolah design dengan program Digital Design yang bisa kamu ikuti. Ayo wujudkan mimpimu bersama IDS. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek website kita, ya!

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer