Blog

BAGIKAN

5 Alasan Untuk Kuliah di Australia

Kuliah di AustraliaSeringkali kuliah di luar negeri menjadi impian para mahasiswa di Indonesia. Ada banyak negara yang bisa dijadikan tujuan studi, mulai dari Asia hingga Eropa. Menurut data dari UNESCO Institute of Statistics, kuliah di Australia masih menjadi primadona bagi para mahasiswa Indonesia. Pada tahun 2022, ada sekitar 13.880 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia. Lalu, apa daya tarik Australia yang menyebabkan banyak mahasiswa Indonesia tertarik untuk kuliah di sana?

Daya tarik Australia

Ada beberapa daya tarik yang dimiliki Australia sehingga membuat para mahasiswa Indonesia ingin kuliah di sana. Berikut beberapa daya tariknya:

  • Memiliki standar pendidikan yang sangat baik

Pendidikan Australia merupakan salah satu yang memimpin global dalam teknologi dan ekonomi, selain itu Australia juga menawarkan pilihan di semua tingkat studi dan hampir semua bidang studi. Terdapat sekitar 1.100 institusi di Australia yang memiliki lebih dari 22.000 program studi. Ada 6 universitas di Australia yang termasuk ke dalam peringkat 100 teratas di dunia dengan keahlian yang beragam.

Beberapa universitas di Australia sangat fleksibel dalam pilihan gelar ganda bagi para mahasiswanya. Dengan sistem ini, memungkinkan para siswa untuk mengambil mata kuliah dari berbagai bidang. Selain itu, sistem ini pun dapat menghilangkan tekanan belajar dan memfokuskan minat bagi para siswanya untuk akademis dan profesional. Para lulusan Australia pun banyak dicari oleh para pemberi kerja internasional.

  • Terdapat jaminan kualitas serta pengakuan internasional

Australia memiliki badan penjaminan mutu yang mengatur dan mengelola pendidikan tinggi yang berada di negara tersebut. Selain itu Aulia juga memiliki layanan pendidikan untuk siswa luar negeri (ESOS) yang memberikan perlindungan menyeluruh kepada para siswa internasional, memberikan perlindungan finansial, dan layanan siswa lainnya. Salah satu programnya merupakan Tuition Protection Service (TPS) yang akan memastikan siswa internasional mendapatkan uang sekolah serta sumber daya yang menjadi hak bagi program studi mereka.

Selain ESOS, Australia juga memiliki badan pengatur yang memastikan kualitas pendidikannya. Australian Qualifications Framework (AQF) merupakan badan yang mengelola kebijakan nasional yang mengatur kualifikasi pendidikan untuk diakui oleh lembaga pendidikan tinggi serta pemberi kerja di seluruh dunia.

Kuliah di Australia

  • Menawarkan kualitas hidup yang baik

Dalam sebuah survei didapatkan hasil bahwa Australia merupakan negara tujuan yang sangat diinginkan oleh masyarakat dunia karena kualitas hidup dan kualitas kebahagiaan para warganya. Sydney dan Melbourne, kota besar di Australia, masuk ke dalam 10 kota pelajar terbaik di dunia untuk pendidikan tinggi. Selain itu ada 5 kota di Australia yang termasuk ke dalam 30 kota pelajar terbaik di dunia.

Tidak hanya kota-kota besar, kota-kota kecil yang hanya berjarak beberapa jam dari pusat kota pun menawarkan gaya hidup yang menyenangkan. Selain itu budaya orang Australia yang memiliki keterbukaan pemikiran pun menjadi daya tarik bagi negara ini.

  • Banyak beasiswa bagi mahasiswa internasional

Terdapat berbagai macam beasiswa di Australia berdasarkan prestasi dan kebutuhan. Pemerintahnya pun mendukung para pelajar dan memberikan beasiswa senilai sekitar $200 juta kepada para mahasiswa internasional yang ingin belajar di negara tersebut. Cara untuk mendapatkan beasiswa ini adalah dengan mengajukan beasiswa yang diberikan oleh beberapa pemberi beasiswa, baik dari pemerintah, organisasi, atau pun institusi pendidikan tinggi.

  • Dapat kuliah sambil kerja

Saat kuliah, para mahasiswa di Australia diberikan kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu dengan menggunakan visa pelajarnya. Dengan bekerja secara paruh waktu, para mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi serta keterampilan interpersonal. 

Dengan kelebihan-kelebihan kuliah di Australia yang disebutkan di atas, apakah membuat minatmu kuliah di Australia semakin meningkat? Jika kamu tertarik untuk kuliah desain, animasi, dan film, kamu bisa mendapatkan kesempatan berkuliah di Indonesia serta di Australia dan UK. Cek informasi lebih lanjut mengenai program ini di website IDS | International Design School ya!

Sumber: 5 Alasan untuk Kuliah di Australia

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry