Blog

BAGIKAN

Suzume Melejit, Ini 5 Anime Terbaik Makoto Shinkai Lainnya

Anime Terbaik Makoto Shinkai

Saat Makoto Shinkai pertama kali memproduksi film pendeknya pada tahun 1990-an, belum banyak orang yang menganggap keberadaannya. Kini, setiap Makoto Shinkai merilis karya terbarunya, selalu diantisipasi banyak penggemar anime di seluruh dunia. Dari anime yang ia kerjakan, beberapa diantaranya diakui secara kritis, memenangkan banyak penghargaan, hingga menjadi film anime terlaris ketiga sepanjang masa.

Pada Rabu (8/3/23) Makoto Shinkai meluncurkan anime terbarunya berjudul Suzume No Tojimari di bioskop Indonesia. Penggemar anime di Indonesia pun banyak yang tertarik untuk menonton anime film ini. Sebab nama Makoto Shinkai diperhitungkan sebagai animator, filmmaker, author, dan manga artist terbaik. Namanya semakin melejit berkat kesuksesan film Kimi no Na Wa (Your Name) yang dirilis pada 29 Agustus 2016.

Selama ini, Makoto Shinkai dikenal karena selalu menghadirkan visual yang indah, karakter dan jalan cerita yang unik, serta mampu menggali sisi emosional penonton. Bahkan Makoto Shinkai digadang-gadang sebagai Miyazaki selanjutnya.

Anime Terbaik Makoto Shinkai

Dari sekian banyak anime populer karya Makoto Shinkai, berikut 5 karya terbaiknya.

  1. The Garden of Words (2013)

The Garden of Words bercerita mengenai Takao Akizuki yang bertemu dengan seorang wanita di taman saat hari sedang hujan. Meski kisahnya sederhana, namun The Garden of Words sangat menyentuh. Khas anime-anime Makoto Shinkai yang biasanya berfokus menyoroti kisah percintaan remaja yang sederhana, namun tetap bisa menyajikan kisah yang dinamis. Membuat perasaan penonton naik turun antara bahagia dan sedih.

Durasi The Garden of Words terbilang cukup pendek dengan latar belakang yang indah.

  1. Weathering with You (2019)

Dirilis pada tahun 2019, masih menempel diingatan penonton bagaimana film animasi ini memberikan kisah yang magis dari Amano Hina, seorang gadis yang mampu menunda hujan dan membuat langit cerah sementara. 

Berlatar di Tokyo, kota tersebut terus diguyur hujan di tengah musim panas. Di sisi lain, Hodaka Morishima mencoba kabur ke Tokyo karena masalah keluarga. Hodaka kemudian diminta oleh editor majalah yang membahas hal-hal supranatural untuk mencari Amano Hina. Pertemuan Hodaka dengan Amano Hina menghasilkan kerjasama untuk menjalankan usaha pengendalian hujan.

  1. 5 Centimeters per Second (2007)

5 Centimeters per Second merupakan salah satu film anime terbaik milik Makoto Shinkai. Film ini adalah film pertama Shinkai yang mendapat penghargaan. Meski sudah lima belas tahun berlalu sejak penayangannya, anehnya hingga detik ini masih ada penonton yang belum bisa move on dari kisah menyentuh Takaki Kono dan hubungannya dengan gadis-gadis di sekelilingnya. 

Film anime ini dibagi menjadi tiga bagian, yang mana setiap bagiannya berfokus pada hubungan Takaki. 

  1. The Place Promised in Our Early Days (2004)

The Place Promised in Our Early Days merupakan film panjang pertama Makoto Shinkai sekaligus film pertamanya yang ditayangkan di bioskop.

Mengambil latar Jepang di tahun 1996, saat Uni Soviet berhasil menduduki Pulau Hokkaido dan bagian Jepang lainnya dikuasai Amerika Serikat. The Place Promised in Our Early Days berkisah mengenai Hiroki dan Takuya yang berusaha merakit sebuah pesawat agar bisa terbang ke menara simbolis di Hokkaido, yang digadang-gadang dapat mengantarkan mereka ke masa depan. 

Film ini diingat karena berhasil mengguncang hati penggemarnya karena mengisahkan cerita yang manis sekaligus pahit. Film ini juga yang mengantarkan Makoto Shinkai dikenal oleh penggemar mancanegara.

  1. Your Name (2016)

Bisa dibilang jika Your Name adalah karya terbaik Makoto Shinkai. Film anime ini bergenre romance dengan bumbu fantasi. 

Kisah Your Name berkisah pada tokoh Taki Tachibana yang tinggal di kota Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang tinggal di desa. Suatu Hari Taki dan Mitsuha bertukar tubuh, dan hal tersebut terjadi tidak hanya sekali. Setelah mengalami pertukaran tubuh, Taki menyadari jika ada sesuatu yang hilang dari dalam dirinya, hingga ia berusaha mencari sosok Mitsuha.

Kamu salah satu penggemar Makoto Shinkai? dan ingin berkarier di dunia animasi internasional? Jika kamu ingin menempuh pendidikan dalam bidang animasi, kamu bisa menemukannya di IDS | International Design School. IDS memiliki jurusan Digital Animation & Games yang cocok banget bagi kamu para penyuka animasi.

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry