Blog

BAGIKAN

Ketahui 5 Manfaat Kuliah Jalur Kelas Internasional Sebelum Kamu Berkuliah

Kuliah Jalur Kelas Internasional

Dalam beberapa tahun ini, ada beberapa instansi pendidikan di Indonesia yang membuka program kuliah jalur kelas internasional untuk jenjang sarjana atau S1. Kelas internasional merupakan program kuliah yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Indonesia melalui kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Program ini pada ditujukan bagi mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. Biasanya proses pendaftaran kuliah ini dilakukan melalui program khusus seperti jalur ujian mandiri atau seleksi prestasi.

Program kuliah jalur kelas internasional ini pun biasanya menawarkan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk bisa kuliah di dua negara, yaitu di Indonesia dan luar negeri. Lalu apalagi keuntungan yang didapat oleh mahasiswa yang memilih untuk kuliah jalur kelas internasional?

Kuliah Jalur Kelas Internasional

Keuntungan memilih kuliah jalur internasional

Ada beberapa keuntungan yang didapat oleh para mahasiswa jika memilih kuliah jalur internasional dibandingkan dengan jalur reguler, yaitu:

  1. Lebih hemat

Biasanya kuliah jalur kelas internasional menawarkan program kuliah mix di dalam negeri dan di luar negeri. Pada  umumnya, semester-semester awal program kuliah ini akan dilaksanakan di dalam negeri kemudian baru dilanjutkan ke luar negeri. Dengan metode ini, tentu akan lebih hemat jika dibandingkan jika kamu full kuliah di luar negeri kan?

  1. Tetap relevan dengan isu dalam negeri

Dengan mengambil kuliah jalur internasional ini, kamu tidak hanya belajar mengenai apa yang terjadi di luar negeri tetapi juga tetap bisa mengikuti isu yang sedang dibicarakan di dalam negeri. Biasanya, jika kamu kuliah full di luar negeri, para mahasiswa akan diberikan referensi dari apa yang terjadi di negara tersebut. Begitu pun isu yang diangkat, pastinya akan membahas mengenai negara tempat kamu berkuliah. Dengan memilih program kuliah jalur internasional ini, kamu tetap bisa mengangkat isu yang terjadi di Indonesia sehingga selain kamu tetap up to date mengenai permasalahan dalam negeri, kamu juga dapat menggunakan referensi dan ilmu yang didapat dari luar negeri.

  1. Menambah wawasan

Tentu dengan berkuliah di dua negara yang berbeda, kamu akan mendapatkan pengajar yang berbeda, teman yang berbeda, serta lingkungan yang berbeda. Dengan banyaknya perbedaan yang kamu dapatkan, akan memberikan kamu wawasan dan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Selain itu kamu juga bisa saling sharing  mengenai wawasan apa saja yang kamu dapatkan di Indonesia dan yang terjadi di negara lain.

  1. Meningkatkan kemampuan bahasa asing

Jika kamu mengikuti program kuliah jalur internasional, tentu bahasa yang digunakan pun bahasa internasional yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Dengan mengikuti program ini, kamu secara otomatis akan terlatih menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari mau pun di perkuliahan. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggrismu pun akan semakin meningkat.

  1. Meningkatkan peluang karier 

Biasanya, para lulusan jurusan internasional memiliki prospek karier yang lebih bagus. Saat lulus, biasanya para mahasiswa lulusan jurusan internasional akan mendapatkan keterangan tertulis yang menyatakan bahwa bahasa pengantar dan media pembelajaran ketika kuliah adalah bahasa Inggris. Dengan keterangan tersebut, maka akan meningkatkan peluang untuk berkarier di perusahaan multinasional atau bahkan di luar negeri. Hal ini dikarenakan para perusahaan yang kamu tuju tidak perlu menguji kemampuan bahasa Inggrismu dikarenakan kamu akan dianggap sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik.

Tentu masih banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika memilih untuk kuliah jalur internasional. Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, kamu bisa meraih mimpimu dengan memilih kuliah jalur kelas internasional di IDS | International Design School. IDS bekerja sama dengan beberapa institusi luar negeri yang memberimu kesempatan untuk bisa berkuliah di dua negara. Didukung pula oleh para pengajar yang ahli di bidangnya, akan membuat masa-masa kuliahmu semakin bermanfaat.

Sumber: Ketahui 5 Manfaat Kuliah Jalur Kelas Internasional Sebelum Kamu Berkuliah

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry