Blog

BAGIKAN

5 Rekomendasi Film Animasi yang Mendidik dan Menghibur

5 Film Animasi Mendidik

Mendidik anak merupakan tugas orang tua yang tidak mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal dalam kehidupan yang pasti diharapkan setiap orangtua untuk dapat dipahami oleh anak, sehingga ketika mereka tumbuh dewasa, mereka mampu menghadapinya. Namun konsep kehidupan yang ingin diajarkan orang tua terkadang terlalu rumit. Para orangtua pun kebingungan menentukan cara menyampaikannya agar mudah dimengerti oleh sang buah hati. Tapi bukan berarti mustahil. Berikut ini adalah 5 rekomendasi film animasi yang mendidik dan menghibur. Let’s get to the list!

Anak-anak memiliki imajinasi yang kaya akan visual warna-warni. Kita dapat memanfaatkan karakter mereka tersebut untuk menyisipkan pesan positif untuk mereka resapi dengan kekhasan anak kecil.

Selain untuk media pendidikan anak, rekomendasi film animasi ini juga bisa mendidik para orangtua. Mereka dapat memetik pesan parenting terbaik yang dapat mereka terapkan seiring pertumbuhan anak-anak mereka.

  • Inside-Out

5 Film Animasi Mendidik

Emosi adalah salah satu hal yang perlu dipelajari anak untuk dapat mengenali dirinya sendiri. Dengan begitu mereka dapat mengendalikan perilaku dan berkomunikasi dengan lingkungannya. Parents dapat membantu anak mengenali emosi dengan film animasi produksi Pixar Animation Studios, Inside-Out.

Film Inside-Out memiliki premis yang unik. Mengisahkan sudut pandang anak berumur 11 tahun bernama Riley dengan isi kepalanya yang diisi oleh 5 emosi (Joy si bahagia, Sadness si sendu, Anger si amarah, Fear si takut, dan Disgust si jijik).

Kelima emosi ini dipimpin oleh Joy yang selalu bahagia, sesuai dengan kepribadian Riley yang juga ceria. Konflik muncul ketika Sadness, emosi sedih dalam diri Riley, yang biasanya selalu diisolasi kini mulai ingin ikut tampil dalam keseharian Riley.

Film ini akan mengajarkan parents dan anak bahwa emosi normal dirasakan oleh setiap manusia, termasuk kesedihan. Tidak akan ada kebahagian tanpa hadirnya rasa sedih, meski kurang nyaman untuk dirasakan dan berat untuk dilewati.

  • Coco

5 Film Animasi Mendidik

Pernah kebingungan dalam menjelaskan kematian kepada anak? Atau bagaimana cara menjelaskan kepada anak ketika salah satu kerabat terdekat pergi meninggalkan dunia? Ada film animasi bertema kematian berjudul Coco.

Jika biasanya kematian menjadi topik mengerikan, film Coco menampilkan tema tersebut dengan cara yang menyenangkan. Berlatarkan Meksiko, Coco berkisah mengenai sebuah keluarga  yang ditinggal pergi oleh seorang lelaki bernama Hector.

Hector pergi meninggalkan keluarganya demi meniti karir sebagai musisi, namun tak pernah kembali. Itu membuat keluarga tersebut membenci musik. Hingga pada suatu ketika cucu cicit Hector, Miguel, hendak menjadi penyanyi namun terhalang oleh restu keluarganya.

Coco menyampaikan pesan moral bahwa keluarga merupakan tempat kembali bagi siapapun. Ingatlah keluarga ketika kamu senang maupun sedih, bahkan ketika mereka telah pergi meninggalkan kamu.

  • Brave

5 Film Animasi Mendidik

Brave adalah film bagus yang ingin mendidik anak kesetaraan gender dengan cara yang mudah dimengerti. Brave menceritakan kisah putri mahkota bernama Merida dari DunBroch, yang didesak oleh ibunya untuk segera menikah demi menyelamatkan kerajaan mereka. Namun Merida menolak. Dengan suara dan kekuatannya ia berusaha mendobrak stigma dan aturan yang memenjarai para wanita di negerinya.

Film Brave memperlihatkan konflik antara orang tua dan anak yang berbeda generasi. Ini mengajarkan para orangtua, meski cinta ibu tanpa batas, ideologi mereka tidak dapat dipaksakan kepada sang anak. Biarkan mereka menjalani hidup yang mereka inginkan.

  • Encanto

5 Film Animasi Mendidik

Encanto merupakan film animasi selanjutnya yang ingin memahami perasaan setiap anak. Adalah Mirabel, anak bungsu dari keluarga Madrigal. Keluarga Madrigal merupakan keluarga yang memiliki kekuatan magis, namun sayang Mirabel tidak mendapatkan kekuatan tersebut.

Mirabel selalu merasa kalah dari saudara-saudaranya, Luisa yang super kuat atau Isabella yang mampu menumbuhkan bunga-bunga. Namun ternyata Luisa dan Isabella pun memiliki beban tersendiri. Luisa yang selalu merasa terbebani dengan posisinya sebagai sulung, dan Isabella yang dituntut harus selalu sempurna.

Encanto adalah contoh pelajaran kepada orang tua untuk tidak membeda-bedakan anak-anak mereka. Setiap anak spesial dan memiliki bakatnya masing-masing. Tugas orang tua adalah membimbing mereka agar mereka menemukan diri mereka dan hidup dengan kekuatan mereka sendiri.

  • Turning Red

5 Film Animasi Mendidik

Film Turning Red hadir untuk membekali para orang tua dalam menghadapi anak-anak mereka yang sedang dalam masa pubertas. Di masa tersebut, peran orang tua yang dibutuhkan untuk memberikan edukasi terkait perubahan fisik dan emosi yang anak rasakan. Namun, tugas tersebut bisa terasa sulit karena anak mulai risih dengan perhatian orang tua mereka dan lebih senang jika diberikan kebebasan dan privasi.

Seperti kisah dalam Turning Red. Meilin atau Mei merupakan anak perempuan yang selalu berusaha menjadi anak baik untuk kedua orangtuanya. Namun kemudian ia menyadari bahwa hal-hal yang membuatnya bahagia justru tidak disukai oleh orang tuanya.

Dari sanalah Turning Red menunjukkan kepada para orangtua untuk tidak mengekang anak melakukan hobi yang mereka sukai. Turning Red juga menunjukkan kepada orangtua untuk melakukan dialog dan mendampingi anak ketika mereka dalam masa pubertas. Jangan merasa tabu untuk mulai membicarakan pendidikan sex karena itulah yang sebenarnya mereka butuhkan.

Setelah membaca rekomendasi film animasi yang mendidik dan menghibur tadi, apakah kamu tertarik belajar animasi? Ayo join di IDS | International Design School di Sekolah Animasi. Kamu juga bisa dapet gelar Bachelor dari Universitas terkenal di Luar Negeri lho. Ayo buruan daftar kuliah di IDS.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film