Blog

BAGIKAN

5 Strategi Marketing Burger King Agar Viral

Burger king

Burger King menjadi salah satu brand franchise terkenal yang ada di Indonesia. Burger satu ini memang selalu membuat iklan dan promo yang out of the box. Karena itu nggak heran kalau banyak konsumen yang tertarik membelinya. Emang apa aja sih strategi marketing viral yang digunakan Burger King? Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

1. Membuat Video Proses Pembusukan 

Video yang dibuat oleh Burger King Ini sempat viral pada masanya. Bercerita tentang bagaimana kondisi burger jika didiamkan selama 34 hari. Dalam videonya, Burger King menekankan bahwa mereka tidak menggunakan pengawet sama sekali, hal itu terbukti dari video proses pembusukan tersebut. 

2. Menjadi Sponsor Klub Bola 

Menjadi Sponsor klub bola memang sudah biasa buat brand-brand besar. Namun Burger King mendapatkan pujian saat mereka memutuskan menjadi sponsor tim Liga 1 Inggris, Stevenage. Padahal klub tersebut bukan tim favorit, meskipun selalu lolos di setiap edisi game FIFA. 

3. Membuat Gencatan Senjata dan Kolaborasi Kepada Kompetitor

Wah yang satu ini boleh diacungi jempol sih, karena Burger King membuat surat terbuka tentang pernyataan mengajak McDonald’s untuk memadukan makanan terbaik mereka menjadi satu menu baru. Sayangnya ajakan Burger King ini mendapat penolakan dari McDonald’s. 

Burger king

Baca Juga: 10 Cerita yang Pernah Viral di Social Media Indonesia

4. Bakar Iklan Produk Lain Lewat Aplikasi

Ini sih keren banget, karena Burger King sempat memiliki fitur mampu membakar iklan di jalan atau banner lewat aplikasi Burger King. Cukup Download aplikasi tersebut dan arahkan ke iklan yang ada di jalanan, nanti akan muncul api. Setelah api padam, kamu akan mendapatkan kupon gratis Whopper di Burger King loh! Sayang banget, promo ini hanya tersedia di Brazil. 

5. Ajak Konsumen Beli Produk Kompetitor

Waktu sedang ramai pembahasan tentang PHK dan memburuknya ekonomi akibat pandemi, Burger King dengan cepat mengambil kesempatan itu untuk menarik perhatian masyarakat dengan membuat surat terbuka untuk mengajak para konsumennya membeli produk kompetitor lainnya yang juga sedang kesulitan. Dengan bahasa yang elegan dan mengundang simpati, banyak orang yang merespon baik tindakan Burger King ini. Bahkan Wendy’s Indonesia juga merespon surat tersebut dengan ucapaan terimakasih pada Burger King di Instagram story-nya, sebagai bentuk apresiasi karena telah menebarkan kebaikan untuk sesama. 

Jadi itulah strategi marketing yang dilakukan oleh Burger King, tidak perlu desain atau animasi yang rumit, bahkan video yang epik. Pesan yang mereka buat selalu out of the box dan membuat semua strategi di atas viral hingga mampu meningkatkan brand awareness terhadap bisnisnya. 

Keren ya? Kamu juga bisa kok, belajar membuat strategi marketing yang tepat di era digital dengan mengikuti Short Course Digital Marketing. Yuk segera daftarkan dirimu sekarang juga!

JOIN NOW!