Blog

BAGIKAN

Lebih Produktif, Lebih Semangat: 5 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

pengembangan karyawan

Produktivitas karyawan merupakan hal yang penting dalam perusahaan karena berpengaruh terhadap beragam aspek. Jika perusahaan ingin karyawannya bisa produktif, tentu perusahaan tersebut harus melakukan berbagai macam strategi. Temukan beberapa tips meningkatkan produktivitas karyawan di artikel ini.

Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perusahaan sebaiknya menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Berikut tips mengenai beberapa strategi yang dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas karyawan

  • Sediakan Fasilitas Karyawan yang Maksimal

fasilitas perusahaan

Fasilitas yang diberikan perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, sediakan fasilitas yang maksimal bagi karyawan di perusahaan. 

Contoh fasilitas yang bisa diberikan adalah laptop yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan dan koneksi WiFi yang memadai karena kebanyakan pekerjaan yang dilakukan saat ini harus terhubung dengan koneksi internet. Sehingga jika koneksi internetnya tidak maksimal maka pekerjaan pun akan terhambat.

Selain itu hindari memberikan pekerjaan yang masih manual, cobalah pertimbangkan untuk melakukan otomatisasi bagi pekerjaan karyawan. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas karena waktu untuk mengerjakan suatu pekerjaan pun menjadi lebih efektif.

  • Berikan Insentif

insentif

Pemberian insentif bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Tapi perlu strategi yang matang agar karyawan tidak selalu bergantung kepada insentif. Insentif tidak selalu berarti bonus atau kenaikan gaji, tetapi juga bisa berupa voucher belanja, kuota internet, atau day off.

Selain itu, rekreasi bagi karyawan pun bisa dimasukkan ke dalam program insentif. Misal, menyelenggarakan acara makan-makan bagi karyawan yang sudah mencapai target atau menyediakan cemilan saat sore hari pada jam kerja agar para karyawan kembali semangat melakukan pekerjaannya. Walau terlihat seperti hal kecil, program-program tersebut dapat membuat karyawan senang dan merasa diperhatikan.

  • Mengadakan Training

leadership training

Pengadaan training bisa dijadikan strategi untuk meningkatkan produktivitas karyawan, asalkan diberikan kepada orang yang tepat. Dengan training yang diadakan dengan bekerja sama dengan pihak luar, skill karyawan pun menjadi berkembang dan semakin meningkat. Dengan mendapatkan ilmu baru, perusahaan pun mendapatkan keuntungan dari karyawan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan peraturan tertentu ketika meminta karyawan mengikuti suatu training, misal adanya perjanjian untuk dilarang resign dalam jangka waktu tertentu setelah mengikuti training.

  • Melakukan Evaluasi

pengembangan karyawan

Evaluasi penting untuk dilakukan agar pencapaian karyawan semakin terukur. Tidak hanya karyawan saja yang dinilai oleh supervisor, tetapi supervisor pun sebaiknya dinilai oleh karyawannya agar proses evaluasi berjalan dua arah, tidak hanya satu arah saja. 

Lakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu, misal setiap 6 bulan sekali agar kinerja serta produktivitas karyawan dapat terukur. Selain itu, dengan adanya evaluasi pun karyawan jadi lebih termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Hasil dari evaluasi pun bisa dijadikan salah satu faktor penentu terhadap besarnya bonus tahunan yang nantinya akan diterima oleh karyawan.

  • Memberlakukan Sistem Kerja yang Efektif

kerjaasama tim

Setelah pandemi terjadi, banyak orang yang semakin menyadari bahwa ternyata ada sistem kerja lainnya yang efektif selain bekerja dari kantor, yaitu work from home  atau work from anywhere. Bahkan menurut studi yang ditulis di artikel dari Business News Daily, berkat perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat dan Jepang yang memperbolehkan karyawannya bekerja remote atau work from home selama satu hari dalam satu minggu menyebabkan meningkatnya produktivitas karyawan.

Dengan sistem kerja yang seperti ini, bisa menyebabkan karyawan lebih semangat dalam bekerja baik ketika di rumah atau di kantor. Selain itu, tingkat stress pun disebut-sebut dapat berkurang. 

Melalui 5 tips meningkatkan produktivitas karyawan tersebut, banyak pihak yang diuntungkan. Selain karyawannya sendiri, perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan berupa karyawan yang lebih semangat bekerja sehingga hasil pekerjaannya pun bisa lebih maksimal.

Siap untuk mengembangkan dirimu dan meraih kesuksesan di dunia kerja? Bergabunglah dengan Program Corporate Training IDS dan dapatkan pelatihan terbaik untuk meningkatkan potensimu. Daftar sekarang dan jadilah yang terbaik di bidangmu!

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree