Blog

BAGIKAN

6 Fakta Kuliah ke Luar Negeri: Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Fakta Kuliah ke Luar NegeriApakah kamu sedang mempertimbangkan untuk kuliah ke luar negeri? Jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa yang kamu butuhkan sebelum memutuskan negara mana yang ingin kamu tuju. Selain itu, sebaiknya kamu baca dulu fakta kuliah ke luar negeri di artikel ini, agar kamu semakin mantap untuk memutuskan kuliah ke luar negeri.

Fakta Kuliah ke Luar Negeri

Ada fakta-fakta kuliah ke luar negeri yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untukmu dalam mempersiapkan perkuliahanmu nanti:

  • Lebih Mudah untuk Belajar Bahasa Asing

Tahukah kamu bahwa dengan berkuliah di luar negeri akan membuat proses belajar bahasa asingmu menjadi lebih mudah? Karena dengan tinggal di negara asing membuatmu harus menggunakan bahasa negara tersebut, sehingga proses tersebut dapat mempercepat kamu untuk menguasai bahasa asing. Jika bertemu dengan warga lokal,, berbelanja sehari-hari, atau saat menaiki kendaraan umum, kamu akan dituntut untuk berbicara dengan bahasa lokal sehingga perlahan-lahan kamu pun akan terbiasa untuk berbahasa tersebut.

  • Membutuhkan Biaya Lebih Untuk Persiapan Sebelum Berkuliah

Walau sekarang banyak beasiswa yang bisa membuatmu berkuliah di luar negeri, tetapi kamu tetap harus mempersiapkan biaya untuk persiapan mendaftar beasiswa tersebut. Seperti biaya tes Bahasa Inggris (IELTS, TOEFL, dll) atau tes bahasa lainnya yang dibutuhkan oleh kampus tujuanmu, biaya les bahasa, pengurusan berkas, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebaiknya kamu sudah mempersiapkan biaya tak terduga ini sejak awal kamu berniat untuk berkuliah di luar negeri.

  • Ada Beberapa Negara yang Tidak Mewajibkan Menguasai Bahasa Lokal

Jepang, Jerman, dan Korea Selatan adalah beberapa negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya pun tetap membuka kesempatan bagi kamu yang tidak menguasai bahasa lokal mereka. Biasanya beberapa universitas di negara tersebut membuka pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dan persyaratan bahasanya pun cukup dengan bukti tes bahasa Inggris yang valid.

Tetapi sebaiknya saat kamu sudah sampai negara tersebut, kamu tetap mempelajari bahasa lokal negara tersebut agar memudahkan kehidupanmu sehari-hari. Bahkan kamu bisa mulai dari sejak di Indonesia, karena sekarang sudah banyak sekali tempat kursus bahasa asing yang tersedia di Indonesia. Dengan sudah menguasai dasar-dasar bahasa lokal negara tujuanmu sebelum berangkat, dapat mempermudah komunikasi dengan warga lokal saat kamu baru sampai ke negara tersebut.

  • Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat kuliah di luar negeri, maka kamu akan jauh dari lingkunganmu yang biasa. Dengan jauh dari keluarga, maka kamu akan dituntut untuk lebih mandiri. Kemandirian yang dikembangkan ini bisa meningkatkan kepercayaan dirimu, baik dalam kehidupan pribadi atau pun kehidupan profesional. Selain itu, kuliah di luar negeri pun dapat membuatmu lebih berani mengambil keputusan serta mengambil risiko yang dapat membuatmu jadi lebih dewasa.

Fakta Kuliah ke Luar Negeri

  • Dapat Menggunakan Fasilitas Kuliah yang Memadai

Salah satu hal yang menarik dari kuliah di luar negeri adalah fasilitas kuliahnya yang biasanya memadai untuk kebutuhan para mahasiswanya. Banyak kampus yang menyediakan perpustakaan yang nyaman sehingga para mahasiswanya betah untuk berlama-lama belajar atau mengerjakan tugas, pusat olahraga, pusat penelitian, dan lain sebagainya.

  • Dapat Bekerja Paruh Waktu Sambil Kuliah

Saat berkuliah, kamu juga bisa menambah-nambah uang saku dengan bekerja paruh waktu. Tapi jika kamu berkuliah dengan menggunakan beasiswa, jangan lupa pastikan dulu kepada pihak pemberi beasiswa atau kampus apakah kamu diperbolehkan untuk bekerja paruh waktu saat masa perkuliahan sedang berjalan, atau hanya boleh bekerja ketika liburan saja. Masing-masing negara, pemberi beasiswa, atau kampus biasanya memiliki standar masing-masing mengenai berapa maksimum jam yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk bekerja paruh waktu.

Dengan fakta kuliah ke luar negeri tersebut, rasanya seru ya jika kamu memiliki kesempatan untuk kuliah ke luar negeri? Semoga kamu dimudahkan prosesnya untuk kuliah ke negara mana pun yang kamu tuju ya!

Buat kamu yang ingin kuliah ke luar negeri, Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti program International Pathway di IDS dan raih impianmu untuk kuliah di luar negeri! Dapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan dapatkan pengetahuan serta keterampilan baru yang dapat membantu kamu meraih masa depan yang lebih cerah. Kunjungi website IDS sekarang juga untuk informasi lebih lanjut tentang program International Pathway dan cara mendaftarnya!

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree