Blog

BAGIKAN

Keren Banget! Inilah 6 Film Animasi Karya Anak Bangsa

film animasi

Sewaktu kalian kecil dulu, pasti kalian sangat menyukai film animasi. Film animasi banyak digemari oleh anak anak karena desain karakternya yang menggemaskan dan lucu. Film animasi diseluruh dunia memiliki ciri khas nya masing masing. 

Jepang film animasi sangat berkembang sangat pesat. Banyak film animasi jepang atau yang lebih dikenal dengan anime yang sudah mendunia. Seperti contohnya di Indonesia, anime Naruto dan One Piece cukup populer dan terus menjadi kenangan bagi orang yang menonton anime ini. 

Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang membuat film animasi bahkan beberapa karya film Indonesia masuk nominasi film terbaik di ajang internasional. Walaupun belum sebanyak dan semasif film biasa, tapi film animasi ini tidak kalah kerennya. 

Tak heran mengapa Film animasi banyak disenangi, karena dapat membuat gambar lebih kelihatan hidup, sehingga bisa mempengaruhi emosi penonton, turut menjadi sedih, ikut menangis, jatuh cinta, kesal, gembira bahkan tertawa.

Berikut ini adalah 6 film animasi karya anak bangsa yang wajib kalian tahu.

adit sopo jarwo

  1. Adit dan Sopo Jarwo 

Kalian pasti tidak asing dengan film animasi ini. Animasi besutan MD entertainment ini secara resmi tayang perdana di MNC tv pada bulan januari tahun 2014 silam. 

Mengisahkan tentang keseharian adit yang menjadi anak baik dan serba bisa, suka menolong teman, anak yang patuh omongan orang tua, dan suka menjaga adiknya. Serta Sopo dan Jarwo yang memiliki pekerjaan serabutan dan suka mengganggu adit. 

Film animasi ini sudah banyak menghibur anak anak dengan kelucuan konflik yang terjadi antara Adit dan Sopo. Dan banyak juga pelajaran baik yang dapat kita ambil dari animasi ini. 

  1. Si Juki The Movie

Film berikutnya adalah si Juki. Sama dengan kebanyakan film animasi Jepang yang diangkat menjadi film dengan diadaptasi dari komik nya. Si Juki the movie pun begitu. 

Si Juki awalnya adalah sebuah Webtoon dengan judul Si Juki: Lika Liku Anak Kos. Dengan kepopuleran nya yang terus meningkat, akhirnya pada tahun 2017 silam, komik ini resmi dibuatkan movienya dan ditayangkan di bioskop Indonesia. 

Dikutip dari filmindonesia.or.id, jumlah penonton yang menyaksikan animasi ini adalah 630.309. Angka yang cukup fantastis. 

  1. Nussa dan Rara

Nussa dan Rara awalnya tayang di youtube dengan judul yang sama sebelum diangkat ke televisi swasta. Film animasi ini memiliki karakter yang islami dan suka berbuat baik kepada semua makhluk hidup. 

Nussa dan Rara sendiri adalah seorang anak kecil yang memiliki hubungan sebagai kakak adik. Nussa selalu memberikan nasihat kepada adiknya ketika adiknya lupa untuk melakukannya. 

Nasihat pada film ini sangat baik dan mudah untuk dipahami oleh anak kecil sehingga sangat cocok menjadi tontonan yang mengedukasi. 

Film animasi ini sendiri mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat Indonesia termasuk pemerintah Indonesia. 

  1. The Beach Buds 

Bercerita tentang sekelompok karakter burung yang menggemaskan yang tinggal di Zoobak Resort. Film animasi ini pada musim pertama memiliki 52 episode dan berdurasi selama 11 menit ini rencananya akan tayang di Amerika Latin. 

Memiliki alur cerita yang cocok untuk di tonton oleh anak anak usia 6-11 tahun, Animasi ini mengajarkan banyak hal tentang Harmoni, Humor yang menghibur, dan Keramah tamahan yang patut di contoh. 

Film animasi The Beach Buds ini sebenarnya telah dibeli oleh production house Warner Bros. Jika ingin menyaksikan film animasi ini, kalian bisa menonton nya di Disney+ Hotstar. 

Battle Of Surabaya

  1. Battle Of Surabaya 

Untuk kalian yang menyukai sejarah, pasti tidak asing dengan judul film animasi ini. Yups, film animasi karya anak bangsa berikut nya mengambil cerita tentang sejarah pertempuran 10 November yang terjadi di Surabaya. 

Yang keren dari film animasi ini selain animasi dan alur ceritanya, film ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dari dunia internasional seperti Best Animation Feature dan People Choice International Movie Trailer Festival. 

Battle Of Surabaya disutradarai oleh Aryanto Yuniawan dan diproduksi oleh MSV Picture yang bekerja sama dengan Amikom Yogyakarta. 

  1. Kuku Rock You 

Film animasi yang terakhir adalah film animasi buatan Ahmad Rofiq yang juga menjabat sebagai Managing Director dari DGM Animation Studio ini berhasil mendapatkan penghargaan Japan Asiagraph pada tahun 2008 yang berjudul Kuku Rock You. 

Animasi ini menceritakan tentang seekor ayam kampung dari Indonesia yang terobsesi menjadi penyanyi rock bersama teman-temannya. Dalam perjalanannya untuk menjadi penyanyi rock internasional, gerombolan ayam tersebut kerap mendapat gangguan dari para kucing.

Memberikan hiburan dan humor yang menarik, film ini sangat cocok ditonton oleh semua orang termasuk kamu.

Tertarik belajar animasi?  IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi, Kursus Animasi, dan kamu bisa melanjutkan studi animasi dengan mendapatkan bachelor’s degree lewat program International Pathway di universitas ternama di luar negeri, dan kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi Animator yang hebat.

Sumber: suara.com

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree