Blog

BAGIKAN

6 Franchise Film yang Sukses, Salah Satunya Ada Harry Potter!

Skill Produksi Film

Pernah mendengar istilah franchise dalam dunia perfilman? Eits, tapi ini bukan tentang makanan! Franchise film yang dimaksud adalah kumpulan film yang memiliki karakter atau pun jalan cerita yang saling berhubungan satu sama lain.

Franchise film banyak mendulang kesuksesan dan berhasil meraup keuntungan yang sangat besar. Hal ini karena franchise film dinilai penonton mampu meningkatkan rasa penasaran mereka, sehingga mereka antusias dan rela menanti kelanjutan filmnya. Tidak heran jika suatu film yang sukses seringkali akan dilanjutkan dengan franchise. 

Penasaran apa saja film yang sukses di sepanjang sejarah perfilman? Inilah dia rekomendasinya!

  1. Harry Potter

Harry Potter

Siapa yang tidak kenal film satu ini? Meski sudah rilis sejak tahun 2001, namun sampai sekarang Harry Potter masih jadi favorit para pecinta film bergenre fantasi. Film yang berkisah tentang dunia sihir ini akan mengajak kamu menjelajahi petualangan seru bersama trio Hogwarts, Harry Potter (Daniel Radcliffe), Hermione Granger (Emma Watson) dan Ron Weasley (Rupert Grint) sebagai karakter utama.

Harry Potter menjadi salah satu franchise film sukses sepanjang masa. Film tersuksesnya dirilis pada tahun 2011 lalu dengan judul Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II berhasil meraup pendapatan mencapai USD 1,34 miliar atau setara dengan Rp 19 triliun.

  1. James Bond

james bond

Selanjutnya ada franchise film yang terlama di dunia, siapa lagi kalau bukan James Bond. Film yang diadaptasi dari buku karangan Ian Fleming ini dimulai dari tahun 1963 dan berhasil merilis sebanyak 25 film dalam kurun waktu 57 tahun. Sejauh ini, semua serial film agen mata-mata ini selalu sukses besar di pasaran.

Film tersukses James Bond berjudul Skyfall, yang dibintangi oleh Daniel Craig tahun 2012 lalu,dengan keuntungan mencapai USD 1,110 miliar atau setara dengan Rp15 triliun.

  1. Fast And Furious

Fast X

Film yang diperankan oleh Vin Diesel serta mendiang Paul Walker, berhasil menjadi salah satu film paling sukses di dunia. Film yang telah memiliki sepuluh sekuel ini bercerita tentang aksi dan kecanggihan mobil-mobil keren.

Furious 7 menjadi salah satu film tersukses dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, mencapai USD 1,518 miliar atau setara dengan Rp 21 triliun. Total pendapatan franchise Fast and Furious telah mencapai USD 5,1 miliar atau setara Rp 72 triliun dalam rentang hampir dua dekade.

  1. Lord Of The Rings

The Lord of the Rings

Film yang diadaptasi dari novel fantasi karya J.R.R Tolkien ini dikemas dalam sebuah trilogi. Berkat kepopulerannya, franchise film yang berkisah tentang era Middle Earth ini berhasil mendapatkan keuntungan fantastis.

Penutup triloginya yang berjudul “The Lord of The Rings: The Return of The King” berhasil sukses meraih keuntungan USD 1,141 miliar atau setara dengan Rp16 triliun. Selanjutnya muncul spin-off berjudul The Hobbit yang hadir juga dengan triloginya, sukses meraup keuntungan sebesar USD 5,9 miliar.

  1. Star Wars

film star wars _ rogue one

Film bergenre fiksi ilmiah ini jadi salah satu franchise film yang sukses di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Film Star Wars mengusung cerita tentang alternative-universe berbeda dengan kehidupan manusia pada umumnya, serta mengangkat perang bintang sebagai plot utamanya.

Film Star Wars merupakan franchise kedua yang memiliki rentang waktu terpanjang, yaitu 42 tahun. Star Wars sendiri sukses meraih total pendapatan sebanyak USD 9,37 miliar atau setara dengan Rp 133 triliun.

  1. Spider-Man

spiderman

Franchise Spider-Man bermula dari film berjudul sama yang disutradarai oleh Sam Raimi pada tahun 2002. Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire dan langsung menjadi salah satu proyek paling menguntungkan sepanjang sejarah film superhero.

Berkat kesuksesannya, film Spider-Man berlanjut ke dua sekuelnya yaitu Spider-Man 2 dan Spider-Man 3. Trilogi Spider-Man versi Tobey Maguire ini menghasilkan nyaris USD 2,5 miliar atau setara dengan Rp 35 triliun di seluruh dunia.

Franchise ini kemudian reboot lewat film The Amazing Spider-Man dengan aktor ganteng Andrew Garfield sebagai wajah baru si manusia laba-laba. Seri ini berlanjut ke sekuelnya, The Amazing Spider-Man 2, yang menjadi film terakhir Garfield memerankan karakter superhero ikonik tersebut.

Wah, luar biasa, ya! Tidak salah jika beberapa franchise film di atas meraih kesuksesan yang fantastis. Selain pemerannya yang tidak diragukan lagi, jalan ceritanya pun sangat menarik. Sehingga penonton tidak sabar menunggu sekuel selanjutnya.

Kalau kamu juga tertarik berkarier di dunia perfilman, IDS punya program kuliah program kuliah Digital Film & Media Production, lho. Kamu akan bertemu dengan mentor-mentor berpengalaman yang dapat membantu mewujudkan mimpimu menjadi produser film handal. 

banner college

Program Digital Film & Media Production di International Design School (IDS) adalah pilihan yang tepat untuk belajar film. Program ini mengajarkan kemampuan teknis dan estetis dalam menciptakan film dan konten untuk berbagai media. Mahasiswa akan mengembangkan cerita, menulis skenario, dan memahami seluruh proses produksi film, termasuk penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, tata artistik, tata suara, akting, dan editing. Kelebihannya termasuk simulasi industri terbaik, kesempatan berpraktik langsung, dan magang di Paragon Pictures. Tanpa skripsi, program ini mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan untuk sukses dalam industri film dan media.

College Program

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree