Blog

BAGIKAN

Inilah 6 Jurusan Desain Yang Harus Camaba Tahu

Jurusan Desain

Banyak dari lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mungkin sebagai calon mahasiswa, kebingungan saat memilih jurusan sudah biasa terjadi. Apalagi jika kita sampai salah memilih jurusan, rasanya pasti tidak nyaman. Jadi sebisa mungkin kita harus mencari jurusan yang merupakan keinginan dan passion yang kita minati. 

Perlunya mengetahui macam-macam jurusan kuliah di Indonesia akan mengantarkanmu kepada pilihan bidang apa yang cocok dengan passionmu. Salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru adalah Jurusan Desain

Dan untuk kamu yang sudah melirik masuk ke jurusan ini, dibawah ini bakalan banyak informasi untuk mu seputar jurusan desain. Melalui jurusan ini semua kemampuan yang kamu miliki akan terasah dengan sangat baik. Tapi perlu kamu ketahui, jurusan desain terdiri dari beberapa macam. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Dibawah ini adalah 6 Jurusan desain yang harus camaba tahu! 

Desain Teknologi Games

  1. Desain Teknologi Games

Untuk kamu yang menyukai desain dan games, kamu bisa memilih jurusan Desain Teknologi Games. Kamu bisa mengembangkan dan memperdalam bakatmu dengan mengambil jurusan ini. Fokus dari jurusan itu adalah mempelajari game secara art, design, dan programming. Tetapi sebenarnya mata kuliah desain teknologi games mencakup engine game, sistem game, algoritma dan lain-lain.

Peluang kerja lulusan game application and technology adalah menjadi game developer. Tanggung jawab utama seorang game developer adalah menciptakan game sesuai hasil rancangan yang telah disepakati.

Selain itu juga kamu bisa mendapatkan peluang kerja untuk menjadi Game Engineer, Game Developer, Game Artist, Game Designer, Game Director, Game Content Provider, Entrepreneur, Game Consultant, dan lain-lain. Untuk perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknologi games antara lain:

Binus

ITS

Politeknik Elektro Negeri Surabaya

ITB

IDS | International Design School 

DLL

Desain Grafis dan DKV

  1. Desain Grafis dan DKV

Untuk kamu yang menyukai bidang seni seperti menggambar, mungkin desain grafis dan DKV bisa menjadi jurusan yang harus kamu pilih. Jurusan Desain Grafis ialah jurusan yang mempelajari tentang konsep, bentuk, dan komposisi suatu karya komunikasi visual berupa gambar, garis, maupun elemen grafis lainnya. 

Jurusan ini sendiri akan mempelajari tentang desain di dunia grafis, mulai dari skema, illustrator dan lainnya. Tapi yang harus kamu perhitungkan jika ingin masuk ke jurusan ini adalah, kamu harus memiliki laptop atau PC yang mumpuni ya. Karena untuk merealisasikan sebuah karya pada jurusan ini, biasanya mereka akan menggunakan media digital, seperti quarkxpress, corel draw, dan adobe photoshop.

Prospek kerja yang umumnya digeluti pada lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual, seperti industri media massa, percetakan dan penerbitan, biro konsultan desain, periklanan, production house, film production, serta industri game. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini antara lain:

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Institut Seni Indonesia

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Negeri Semarang

Desain produk

  1. Desain produk

Desain produk merupakan program studi yang mempelajari pembuatan “produk” bagi kebutuhan manusia secara inovatif. Program studi ini memfasilitasi teman-teman untuk membuat produk-produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, dan ekonomis.

Desain juga dibutuhkan untuk membuat suatu produk lebih menarik dan keren. Semakin kreatif suatu produk, semakin unik pula produk tersebut untuk bisa dibeli. Banyaknya minat konsumen pada sebuah produk maka mengundang banyak kesempatan bagi jurusan yang satu ini. 

Lulusan desain produk memiliki peluang besar menjadi konsultan desain. Kamu dapat bekerja secara independen, menjual jasa dengan memberikan saran bermanfaat kepada klien yang membutuhkan. Selain itu, lulusan jurusan ini juga berpeluang berkarier sebagai product manager (manajer produk).

Jika kamu ingin menjadi salah satu mahasiswa di jurusan ini, kamu bisa berkuliah di beberapa perguruan tinggi berikut:

Institut Teknologi Bandung

Universitas Paramadina

Universitas Pelita Harapan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Fashion design

  1. Fashion design

Desain pada pakaian juga menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen lho. Fashion desain akhir-akhir ini menjadi sebuah jurusan yang banyak dicari di lingkup industri. Dengan merancang beraneka macam busana yang sangat menarik kamu bakal mudah dicari di pasaran. 

Jurusan fashion design atau desain mode adalah ilmu yang menggabungkan prinsip seni dengan desain dan manufaktur atau produksi akan sebuah produk. Fashion designer secara umumnya akan mendesain garmen atau elemen dari garmen tersebut.

Jurusan fashion design atau desain mode adalah ilmu yang menggabungkan prinsip seni dengan desain dan manufaktur atau produksi akan sebuah produk. Fashion designer secara umumnya akan mendesain garmen (bahan/ materi baju) atau elemen dari garmen tersebut.

Untuk bisa masuk di jurusan ini, kamu bisa menjadi mahasiswa di beberapa perguruan tinggi berikut:

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Surabaya

Universitas Negeri Jakarta

La Salle College

Desain Interior dan Eksterior

  1. Desain Interior dan Eksterior

Jurusan desain kelima yang harus camaba tahu adalah jurusan desain interior dan eksterior. Ketika kuliah di jurusan desain interior, kamu akan mempelajari tentang perancangan dan perencanaan penataan suatu ruang bangunan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan perancangan dan perencanaan itu antara lain fungsi, estetika, dan juga mempertimbangkan psikologis dan kenyamanan pengguna ruangan.

Jurusan Desain Interior dan Eksterior ini bisa dibilang gabungan antara ilmu seni, teknik, psikologi, dan manajemen. Di universitas sendiri, Jurusan Desain Interior masuk dalam Fakultas Seni dan Desain, ataupun Fakultas Teknik dengan jenjang S1. 

Untuk prospek kerja dari jurusan ini, alumni nggak cuma jadi seorang desainer interior atau konsultan interior saja. Kalau mau bergabung dengan perusahaan, lulusan jurusan ini bisa mengisi posisi teknisi interior atau pengawas konstruksi loh. Untuk perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan ini diantaranya:

Universitas Diponegoro

Institut Teknologi Bandung

Universitas Gadjah Mada

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Periklanan

  1. Periklanan 

Jurusan yang terakhir adalah periklanan. Jurusan Periklanan atau Advertising adalah bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana cara menerapkan strategi kreatif dalam periklanan melalui desain komunikasi visual, animasi, ilustrasi, sketsa serta topografi periklanan.

kuliah di jurusan ini mengantarkan kamu untuk lebih mengerti dan memahami tentang Consumer Behaviour atau perilaku konsumen, Integrated Marketing Communication atau komunikasi pemasaran yang terintegrasi, serta tentu saja Copywriting.

Walaupun tidak terlalu fokus dengan desain saja, cuman kamu akan tetap mempelajari desain dalam jurusan ini. Biasanya lulusan dari Jurusan Periklanan memiliki kesempatan kerja yang sangat luas baik di industri kecil sampai besar, media massa, media digital, perbankan, BUMN, dan sebagainya. Bahkan kamu bisa menjadi pekerja mandiri atau wirausaha dengan membuka jasa periklanan sendiri.

Untuk perguruan tinggi yang menyediakan jurusan periklanan antara lain: 

Universitas Indonesia

Universitas Gadjah Mada 

Universitas Airlangga 

Universitas Padjadjaran 

Universitas Sebelas Maret 

Universitas Diponegoro 

Sekolah Tinggi Desain Interstudi 

Nah, itulah 6 jurusan desain yang wajib camaba tahu. Jika kamu memiliki ketertarikan akan dunia desain dan bingung ingin masuk perguruan tinggi mana. IDS | International Design School menyediakan jurusan Digital Animasi dan Games. Dimana kamu dapat mengembangkan mimpi dan kemampuan mu disini. 

Karena IDS telah bekerjasama dengan dua instansi pendidikan kreatif ternama di Australia, yakni JMC Academy dan Griffith University sehingga kamu bisa mendapatkan gelar Bachelor di Australia. Mari wujudkan cita-citamu bersama IDS. Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa cek website kami ya. 

Sumber: sevima.com

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree