Blog

BAGIKAN

Meningkatkan Kinerja Perusahaan: 6 Keuntungan Melatih Karyawan dengan Dampak Besar

Pelatihan SDM

Ketika bekerja kepada suatu perusahaan, biasanya kita diberikan training atau pelatihan pada saat baru masuk. Tapi ada juga perusahaan yang memberikan pelatihan bagi karyawannya sepanjang karyawan tersebut bekerja di perusahaan itu. Ada banyak keuntungan melatih karyawan bagi perusahaan, oleh karena itu perusahaan sebaiknya mempertimbangkan dengan matang mengenai kapan para karyawan bisa diberikan pelatihan.

Jenis-jenis Pelatihan Karyawan

Program Pelatihan Kerja

Ada beberapa jenis pelatihan karyawan yang bisa dilakukan oleh perusahaan yaitu:

  • On The Job Training

Pelatihan ini merupakan sistem pelatihan di luar kelas. Biasanya para karyawan yang mengikuti pelatihan ini melakukan pelatihan di bawah supervisi para mentor yang sudah ditunjuk sesuai dengan departemennya.

  • Off The Job Training

Sistem pelatihan ini biasanya dilakukan di dalam kelas dan berlangsung di luar waktu bekerja. Contoh dari off the job training adalah konferensi, kuliah, studi kasus, seminar, dan lainnya.

  • Vestibule Training

Jenis pelatihan ini bertujuan untuk memberikan simulasi yang aktual kepada karyawan. Sehingga vestibule training ini pun dilakukan semirip mungkin dengan atmosfer pekerjaan yang akan dihadapi oleh karyawan, terutama mengenai penggunaan alat kerja. Hal ini dilakukan agar para karyawan bisa lebih cepat untuk beradaptasi dengan pekerjaannya sehingga waktu bekerja menjadi lebih efisien.

6 Keuntungan Melatih Karyawan

pelatihan kerja

Ada 6 keuntungan dari melatih karyawan yang ternyata memberikan dampak yang besar bagi perusahaan, yaitu:

  • Meningkatkan Produktivitas

Dengan melatih karyawan, dapat membuat produktivitas para karyawan semakin meningkat. Pelatihan yang diberikan kepada karyawan dapat meningkatkan pemahaman serta pengetahuan, terutama di tempat mereka bekerja. Dengan mendapatkan pelatihan, mereka juga akan belajar mengenai keterampilan baru yang sesuai sehingga dapat mendukung produktivitas mereka dalam bekerja. 

  • Menemukan Potensi Karyawan

Perusahaan dapat menemukan karyawan dengan potensi terbaik saat proses pelatihan berlangsung. Dengan penemuan potensi karyawan tersebut dapat mempengaruhi bisnis perusahaan. Karyawan yang potensial tersebut pun dapat segera mungkin dipertahankan oleh perusahaan sebelum diambil oleh kompetitor lain yang menawarkan benefit yang lebih. Dengan pelatihan yang berkelanjutan juga membuat para karyawan mendapatkan peluang terbaik bagi karier mereka, yang kemudian bisa berlanjut kepada proses promosi sehingga karyawan merasa lebih dihargai.

  • Meningkatkan Kesempatan untuk Mengikuti Tren Baru

Dengan mengikuti pelatihan, para karyawan akan mendapatkan kesempatan untuk belajar mengenai perkembangan tren terbaru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan pengetahuan mengenai tren baru, perusahaan pun dapat lebih siap dalam menghadapi persaingan bisnis. Selain itu, strategi baru pun dapat ditemukan dan dikembangkan dengan bantuan dari karyawan yang mendapatkan pelatihan tersebut.

  • Mengurangi Konfrontasi

Saat menyelenggarakan pelatihan, perusahaan dapat memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk menyuarakan pendapat mereka mengenai perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan kesempatan ini, peluang terjadinya konfrontas pun akan menurun karena karyawan merasa bahwa mereka dapat menceritakan permasalahan yang mereka alami atau rasakan. Selain itu, di kesempatan ini pun para karyawan dapat berdiskusi mengenai cara untuk menurunkan stres di tempat kerja.

  • Meningkatkan Retensi

Setelah diberikan pelatihan, karyawan akan merasa tertantang sehingga muncul keinginan untuk tetap bekerja di perusahaan yang sama untuk waktu yang lama. Hal ini dikarenakan mereka merasa perusahaan meemberikan mereka kesempatan untuk terus belajar dan berkembang. Sehingga dengan menyelenggarakan pelatihan bagi karyawan dianggap sebagai strategi untuk meningkatkan retensi karyawan.

  • Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Loyalitas pada perusahaan dapat dirasakan oleh para karyawan jika mereka merasa diberikan kesempatan untuk berkembang. Hal tersebut menyebabkan para karyawan merasa bahwa perusahaan peduli terhadap mereka sehingga mereka pun akan setia kepada perusahaan tersebut. Dengan loyalitas karyawan yang tinggi ini dapat meningkatkan citra serta reputasi brand perusahaan secara keseluruhan.

Dari penjelasan di atas dapat terlihat bahwa perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan dari melatih karyawan. Dengan loyalitas yang tinggi serta pengetahuan karyawan yang semakin berkembang, perusahaan pun bisa semakin maju dan berkembang. Walau memang dana yang diperlukan tidak sedikit dalam menyelenggarakan pelatihan bagi karyawan, tetapi tetap saja keuntungan yang dihasilkan pun sebanding dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Siap untuk mengembangkan dirimu dan meraih kesuksesan di dunia kerja? Bergabunglah dengan Program Corporate Training IDS dan dapatkan pelatihan terbaik untuk meningkatkan potensimu. Daftar sekarang dan jadilah yang terbaik di bidangmu!

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree