Blog

BAGIKAN

6 Rekomendasi Jurusan untuk Kamu yang Kreatif

Rekomendasi Jurusan Kreatif

Rekomendasi jurusan untuk kamu yang kreatif adalah informasi yang penting diketahui. Pasalnya, tidak semua jurusan bisa mengakomodir kemampuan kreatif seseorang. Sedangkan ada beberapa jurusan yang memang dikhususkan untuk orang yang kreatif.

Artikel ini akan membahas tentang 6 rekomendasi jurusan kreatif yang bisa kamu miliki demi bisa menunjang cita-citamu di masa depan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Desain Komunikasi Visual

Jurusan untuk kamu yang kreatif pertama adalah desain komunikasi visual. Jurusan yang sering disingkat sebagai DKV ini adalah jurusan yang akan membantu kamu untuk belajar tentang bagaimana cara menyampaikan suatu pesan dengan menggunakan media visual. Di jurusan DKV, kamu akan berkegiatan penuh dalam ruang lingkup desain dan karya.

Selain itu, jurusaN DKV juga mengakomodir untuk kamu yang mempunyai minat dan bakat desain di berbagai media, poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, dan lain sebagainya. Adapun lulusan DKV biasanya akan bekerja di industri kreatif dan juga bisa di agency periklanan, pengembangan web, startup, konsultan branding, dan lain sebagainya.

2. Desain Grafis

Jurusan kedua yang patut dicoba untuk kamu yang kreatif adalah desain grafis. Jurusan ini merupakan yang nantinya akan mengajarimu bagaimana cara membuat desain dengan kreatif menggunakan media seperti software seperti Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator dan sejenisnya. Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang banyak dicari oleh calon mahasiswa.

Prospek kerja di jurusan desain grafis sangatlah luas. Kamu bisa menjadi seorang desainer di perusahaan periklanan, perusahaan branding, perusahaan media, dan lain sebagainya. Semua perusahaan tersebut kini sangat membutuhkan jasa seorang desain grafis sebagai kampanye iklan atau branding mereka.

3. Desain Interior

Ketiga, jurusan untuk kamu yang kreatif adalah desain interior. Jurusan ini memang masih tidak sepopuler kedua jurusan di atas, namun jurusan desain interior memiliki masa depan yang cukup bagus. jurusan desain interior akan mempelajari tentang perancangan tata letak dalam ruangan baik itu rumah, kantor, mall, hotel, hingga tata letak panggung pertunjukan.

Selain itu, ketika masuk ke jurusan ini, kamu juga akan diajari banyak ilmu lain seperti seni, psikologi, ekonomi, sosial, dan politik. Oleh karena itu, ketika kamu masuk ke jurusan ini, maka kamu akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang banyak untuk menempuh karir di masa depan ketika sudah masuk ke dunia kerja.

Rekomendasi Jurusan Kreatif

4. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi sampai saat ini masih menjadi salah satu jurusan yang sangat populer. Di era modern seperti sekarang ini, cara berkomunikasi menjadi sangat penting untuk semua orang. Jurusan ini akan mempelajari tentang ilmu jurnalistik, public relation, periklanan, dan lain sebagainya.

Selain itu, ketika kamu masuk jurusan ilmu komunikasi, kamu akan belajar banyak hal seperti cara menulis berita, public speaking, fotografi, membuat iklan, film, dan lain sebagainya.

5. Desain Produk

Selanjutnya, desain produk adalah jurusan untuk kamu yang kreatif jika ingin mengembangkan kreativitas. Di jurusan desain produk, kamu akan diajarkan untuk merencanakan dan merancang produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Jurusan ini dikenal juga sebagai jurusan istilah industrial design.

Di sini kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang seni rupa baik dua dimensi maupun tiga dimensi, rekayasa produk, ergonomi dan gaya hidup konsumen, dan tentunya proses mendesain. Namun, desain yang diajarkan tidak hanya soal estetika saja. Kamu akan diajarkan bagaimana bisa mendesain sebuah produk dengan mempertimbangkan aspek-aspek penting lainnya.

6. Fotografi

Selanjutnya, jurusan untuk kamu yang kreatif adalah jurusan fotografi. Jurusan ini adalah jurusan yang bisa membantu kamu untuk menjadi fotografer profesional. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat hasil karya dengan foto. fotografi bukan hanya tentang tampilan fisik san estetika saja, fotografi juga belajar tentang cerita atau kisah di balik sebuah foto.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang merepresentasikan sebuah cerita melalui karya foto yang bagus dan benar. Fotografi memiliki berbagai genre yang bisa kamu pelajari. Mulai dari portrait, landscape, fotografi jurnalistik, produk, dan lain sebagainya. Kamu bisa belajar semua genre fotografi tersebut satu persatu dengan orang yang ahli di bidangnya. Oleh karena itu, untuk kamu yang kreatif, jurusan ini akan sangat cocok.

Demikian adalah 6 jurusan yang cocok untuk kamu yang memiliki jiwa kreatif. Tentu masih banyak jurusan lain yang bisa membantu mengembangkan kreativitasmu supaya bisa lebih terasah lagi. Oleh karena itu untuk kamu yang sedang mencari jurusan bidang kreatif, kamu bisa sekolah di IDS | International Design School adalah sekolah desain, film, dan animasi dengan pilihan jurusan Digital Design & Illustration, Digital Animation & Games dan Digital Film & Media Production.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer