Blog

BAGIKAN

6 Tips Memilih Corporate Training yang Tepat dan Berkualitas

corporate training

Sebagai salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM, maka corporate training merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting. Hal tersebut disebabkan karena semakin lama, persaingan bisnis antar perusahaan semakin ketat. Dengan melakukan corporate training, perusahaan sejatinya sedang melakukan investasi di masa depan.

Metode yang digunakan oleh corporate training relatif beragam. Mulai dari Leadership, Rapid TNA Based Training, Specialist Development, Seminar dan sertifikasi, dll. Tujuannya adalah untuk memperbarui skill dan pengetahuan karyawan demi tercapainya tujuan, visi, dan misi perusahaan.

Aspek penting yang selanjutnya menjadi pertimbangan perusahaan adalah bagaimana memilih corporate training yang tepat. Ada banyak lembaga corporate training yang dapat membantu karyawan mendapatkan potensi terbaiknya. Namun, sedikit yang berkualitas.

Beberapa pertimbangan untuk memilih corporate training ini perlu untuk diketahui dan dipelajari dengan cermat. Artikel ini membahas tentang tips memilih corporate training yang tepat dan berkualitas.

corporate training

1. Memilih Lembaga Corporate Training yang Terpercaya

Tips memilih corporate training pertama adalah dengan memastikan bahwa lembaga yang akan dipilih adalah lembaga yang terpercaya. Salah satu caranya adalah dengan melihat kepemilikan izin operasional resmi secara hukum yang dimiliki oleh lembaga tersebut.

Selain itu, perusahaan juga perlu untuk melihat testimoni yang diberikan oleh klien terhadap sebuah lembaga corporate. Jika izin operasional resmi lembaga corporate ada dan testimoni dari klien pun mengarah kepada hal positif, maka bisa jadi lembaga tersebut adalah terpercaya.

2. Mempertimbangkan Paket Program

Kedua, tips memilih corporate training yang tepat adalah dengan mempertimbangkan paket program yang diberikan. Apakah paket program yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Di sisi lain, perusahaan juga perlu mempertimbangkan metode pelatihan yang dipakai.

Metode pelatihan yang ideal digunakan oleh corporate training adalah receptive, directive, guided discovery, dan explatory. Keempat metode training tersebut wajib dimiliki oleh sebuah lembaga corporate training.

3. Pastikan Trainer Berkualitas

Selanjutnya tips memilih corporate training adalah memastikan bahwa trainer yang diberikan memiliki kualitas terbaik. Cara untuk memastikan ini bisa dilakukan dengan mengecek jam terbang, sertifikasi, dan juga testimoni yang diberikan oleh klien tentang si trainer.

Selain itu, perusahaan juga bisa mencari tahu melalui website lembaga corporate training perihal informasi tentang trainer. Hal ini penting karena trainer yang berkualitas akan dapat menyampaikan materi secara baik kepada karyawan. Perusahaan juga bisa menyesuaikan pelatihan dasar apa yang diberikan kepada karyawannya.

4. Bisa Memberikan Saran kepada Perusahaan

Saran kepada perusahaan ini juga penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih corporate training. Lembaga corporate training yang baik akan selalu memberikan saran dan arahan kepada perusahaan. Arahan yang diberikan biasanya terkait dengan cara mengembangkan SDM di perusahaan tersebut.

Hal tersebut menjadi penting karena corporate trainer adalah vendor yang nantinya akan meningkatkan kualitas karyawan. Oleh sebab itu, saran yang diberikan juga berhubungan dengan kinerja dan pelatihan karyawan. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan input yang baik untuk bisa dipertimbangkan.

5. Materi yang Diberikan Berkualitas

Cara memilih corporate training yang tepat adalah memastikan bahwa materi yang disampaikan kepada karyawan adalah materi yang berkualitas. Materi yang berkualitas adalah materi yang aplikatif dan mudah dimengerti oleh karyawan. Hal ini akan memudahkan peserta training dalam menerima dan mencerna ilmu baru.

Selain itu, materi dari corporate training juga perlu dipertimbangkan fleksibilitasnya. Contohnya adalah apakah pelatihan yang diberikan bisa dilakukan secara online, offline, atau bisa keduanya. Dengan adanya fleksibilitas materi itu akan memudahkan perusahaan untuk menyiapkan dan mengagendakan pelatihan dengan baik.

6. Mempertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Terakhir, tips memilih corporate training adalah dengan mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Harga adalah salah satu aspek yang penting dalam memilih vendor. Jangan pernah tergoda dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Sebuah lembaga tidak bisa dilihat kualitasnya hanya dari harga.

Biaya training yang terlalu murah akan terasa murahan sehingga bisa jadi materi yang disampaikan justru tidak berkualitas. Sebaliknya, harga yang mahal tidak serta merta bisa menjamin lembaga corporate training akan memenuhi ekspektasi perusahaan.

Demikian adalah 6 tips memilih corporate training yang tepat dan berkualitas untuk perusahaan. Saat ini sudah tidak bisa dipungkiri bahwa training di dalam sebuah perusahaan adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Sebuah pelatihan akan mampu mengasah kualitas SDM perusahaan, sehingga pekerjaan dan kemampuan mereka bisa dipakai perusahaan untuk meningkatkan kualitasnya. Namun, sebelum memilih vendor corporate training, 6 tips di atas perlu untuk dipertimbangkan agar tidak salah pilih.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer