Blog

BAGIKAN

7 Kelebihan Animasi dalam Iklan dan Pemasaran

Sekolah Animasi

Dunia pemasaran digital kian waktu kian mengalami perkembangan. Salah satunya adalah tentang metode bagaimana memperluas pasar agar produk yang dijual bisa dikenal oleh audiens yang lebih luas. Salah satu cara terbaik dalam melakukan pemasaran adalah dengan menggunakan animasi.

Animasi telah menjadi bagian dari strategi iklan dan pemasaran di era digital. Animasi mampu menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan kreatif. Maka dari itu, animasi sejauh ini telah terbukti sebagai alat yang efektif untuk menarik perhatian audiens.

Artikel ini membahas tentang 7 keunggulan utama animasi dalam iklan dan pemasaran, serta mengapa seorang yang mempunyai bisnis harus mempertimbangkan menggunakan animasi dalam pemasaran.

1. Kreatif Tanpa Batas

Program Studi Animasi

Kelebihan animasi dalam iklan dan pemasaran pertama adalah kreatif. Dengan animasi, ide-ide yang sulit diwujudkan dalam dunia nyata bisa dihidupkan dengan mudah. Karakter, latar belakang, dan objek dapat diciptakan secara visual dengan imajinasi tak terbatas. Dengan adanya animasi, kreator akan bisa berpikir seluas mungkin tentang ide yang ingin dituangkan. Di samping itu, audiens juga akan menerima pesan dengan sempurna.

2. Konten Sederhana Namun Kaya

Jurusan Animasi

Animasi juga sangat efektif dalam menyederhanakan sebuah konsep yang terlihat kompleks. Produk atau layanan yang sulit dijelaskan secara verbal dapat dijelaskan dengan jelas melalui animasi. Misalnya, jika perusahaan menghadirkan teknologi canggih yang sulit dipahami oleh banyak orang, animasi dapat menggambarkan cara kerjanya secara visual dan sederhana. Hal tersebut akan membuatnya lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens.

3. Menarik untuk Audiens dari Segala Usia

menarik perhatian audiens

Selanjutnya, kelebihan animasi dalam iklan dan pemasaran adalah menarik untuk audiens dari segala usia. Animasi tidak mengenal batasan usia. Iklan animasi memiliki daya tarik yang lebih besar untuk segala umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karakter animasi yang menarik dan cerita yang menarik bisa memikat hati semua kalangan. Animasi dapat membuat bisnis bisa mencapai target audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran produk secara menyeluruh.

4. Memperkuat Identitas Brand

brand guideline

Kekuatan identitas brand juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan animasi. Adanya karakter atau elemen visual yang khas, animasi bisa membantu merek membedakan diri dari pesaing. Ketika karakter animasi atau gaya visual tertentu dihubungkan dengan merek, hal itu akan meningkatkan kesadaran merek dan memperkuat ikatan emosional dengan konsumen.

Misalnya, logo animasi atau maskot bisa menjadi simbol yang mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Saat audiens melihat logo atau maskot yang sudah dibangun oleh brand tertentu, seterusnya, mereka akan mengingatnya dan menjadi poin plus untuk memperkuat identitas sebuah brand.

5. Mudah Viral di Berbagai Media Sosial

desain untuk sosial media

Selanjutnya, kelebihan animasi dalam iklan dan pemasaran adalah mudah untuk viral. Hal tersebut disebabkan karena animasi cenderung menghibur dan lebih mudah membuat audiens terkesan. Orang lebih cenderung mudah untuk berbagi konten animasi dengan teman di media sosial. Dengan berbagi konten animasi, pesan merek dapat menyebar dengan cepat di seluruh platform media sosial. Hal itu akan memberikan eksposur tambahan dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

6. Membantu Menghemat Anggaran

hemat anggaran

Dalam proses membuat video iklan pemasaran, tentu video animasi bisa lebih mudah ditekan biayanya. Hal itu karena membuat video animasi tidak perlu membayar model iklan, properti, sewa lokasi syuting, dan lain sebagainya. Hal itu dapat menjadi salah satu pertimbangan agar bisa menekan anggaran.

Meskipun demikian, video pemasaran yang ditampilkan lewat animasi tidak kalah berkesan dan insightful dibandingkan dengan video yang dibuat dengan cara live action. Salah satu tokoh penting dalam membuat video animasi adalah animator. Kamu hanya perlu membayar mereka dan video akan segera selesai

7. Fleksibel dalam Memilih Tema

Industri Animasi

Kelebihan animasi dalam iklan dan pemasaran yang terakhir adalah fleksibel dalam memilih tema. Membuat video animasi dapat membuat para pemilik ide merasa puas karena gagasan yang ada di kepala mereka bisa tertuang dengan sempurna. Berbeda dengan video live-action yang perlu mempersiapkan banyak hal yang rumit. Oleh karena itu, animasi ini sangatlah berguna bagi para pemilik brand untuk mempresentasikan produknya dengan baik dan sempurna.

Demikian adalah 7 kelebihan animasi dalam iklan dan pemasaran yang perlu kamu ketahui. Animasi menawarkan berbagai keunggulan yang sangat berharga dalam iklan dan pemasaran. Dengan memanfaatkan potensi penuh animasi, bisnis dapat mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen.

Mau belajar animasi? Di IDS | International Design School aja!

banner college

IDS merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang tertarik belajar animasi. Program Digital Animation & Games di IDS mengajarkan keterampilan kreatif dan teknis dalam produksi animasi dan efek visual untuk industri film dan televisi. Mahasiswa akan memahami proses pembuatan animasi dan game, mulai dari ide, storytelling, hingga desain karakter, dengan standar internasional. 

Mahasiswa akan belajar menggunakan perangkat lunak industri seperti Autodesk Maya & Unreal untuk animasi dan game, Pixologic ZBrush untuk digital sculpting, dan berbagai software Adobe seperti Substance, Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, dan After Effects. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan karya berkualitas dan siap untuk industri animasi yang kompetitif.

 

College Program

Fast Track to International Degree